Mengenal Zakat, Infaq dan Sedekah

By Hanat Futuh - June 03, 2019



Assalamualaikum sobat blogger. Sehat? Semoga sehat semua ya. Yang sehat makin sehat, yang sakit semoga cepet sehat kembali.

Di hari ke-16 blogger challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan dengan tema zakat, infaq dan sedekah.

Pasti di antara sobat blogger yang sedang baca tulisan ini sudah mengenal betul apa itu zakat, apa itu infaq dan pengertian sedekah. Selain itu, sobat blogger juga sudah pernah melakukan ketiga hal tersebut.

Sewaktu saya sekolah dan mengaji pun, tiga hal tersebut kerap diulang terus menerus oleh pak guru. Tidak sekadar mengingatkan saja, tetap untuk terus menerus diterapkan dalam kehidupan.

Zakat

Berbicara tentang zakat. Hampir semua orang yang memeluk agama Islam pasti tahu tentang zakat. Zakat itu sendiri wajib dibayarkan. Jenis-jenis zakat bisa kamu baca di internet atau di buku-buku tentang zakat. Ingat, membaca yaa! Salah satu contoh zakat jiwa (fitrah)y yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam yang mampu. Zakat ini sebaiknya dilakukan sebelum sholat idul fitri. Irvan mengatakan karena beras menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia maka besaran zakat setara dengan 2,5 kilogram beras. Ada yang bilang zakat fitrah adalah zakat pemutus Ramadhan.


Infaq

Infaq ini berbeda dengan zakat. Menurut ahli fiqih,  dilansir dari website zakat.or.id pengertian infak adalah semua jenis pembelanjaan seorang muslim untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. 

Sedekah

Sedangkan sedekah adalah bentuk infak yang lebih khusus lagi, yaitu pembelanjaan yang dilakukan di jalan Allah. Bersedekah tidak harus berupa uang. Kita juga dapat melakukannya dengan cara berbagi pikiran yang berguna dan membantu dengan tenaga.

Sedekah itu juga tidak harus menunggu kita memiliki banyak uang. Sedekah itu tidak hanya memberikan uang. Senyum kepada saudara saja itu adalah sedekah. Seperti dalam hadits; tabasumuka Fii wajhi akhika shodaqoh. Artinya senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah.

Baik zakat, infaq dan sedekah itu adalah mendatangkan kebaikan. Laksanakan sesuai dengan perintah Allah. Karena kebaikan akan kembali pada kita. 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments