Amalan-amalan Bulan Ramadan

By Hanat Futuh - June 03, 2019



Sobat blogger....

Sepanjang bulan Ramadan atau bulan puasa segala kebaikan yang kita lakukan dengan niat ibadah akan mendatangkan pahala berlipat ganda. Masyaallah ya. Tapi selain itu, bulan Ramadan tahun ini juga godaannya banyak sekali. Dari mulai nongkrongin hape yang cuma Stalking akun mantan, akun makan-makan dan lain sebagainya. Duh, rugi banget 😫

Beruntung, ada Mama yang selalu ingetin saya buat selalu melakukan kebaikan. Nggak cuma mantengin hape. Apalagi puasa kali ini saya memang full time di rumah. Beruntung, ada Bapak yang juga ikut mengingatkan dan mengajak ngaji tiap pagi.

Jadilah, bulan Ramadan ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya habiskan Ramadan dengan melakukan kegiatan yang positif.

Berbicara tentang bulan puasa, tentu saja segala hal kebaikan, segala ibadah yang kita jalankan, ada pahala yang kita dapatkan. Insyaallah.

Amalan-amalan bulan Ramadan atau selama bulan puasa yang saya lakukan memang tidak banyak, tapi saya mencoba untuk istiqomah dalam menjalankannya.

Membaca Al-Quran 
Membaca Al-Quran mendatangkan banyak pahala. Apalagi Al-Quran itu diturunkan oleh Allah SWT pada malam ke 17 di bulan Ramadan. Banyak sekali keutamaan membaca Al-Quran di bulan penuh ampunan ini. Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan di bulan puasa yang senantiasa banyak dilakukan oleh umat Islam.

Di masjid sekitar tempat tinggal saya. Seusai salat tarawih, pasti terdengar dari masjid beberapa orang sedang membaca Al-Quran atau lebih akrab disebut dengan tadarus.

Salat Tarawih
Salat tarawih menjadi amalan yang paling membedakan antara bulan-bulan Hijriyah lainnya. Salat tarawih hanya ada di bulan Ramadan ini. Meskipun salat tarawih itu sunah, tapi selama saya diberi kesempatan untuk salat, pasti saya manfaatkan dan jalankan amalan tersebut. 

Kalau di tempat saya, hari pertama tarawih, saf-saf semua terisi penuh. Terlihat betapa bulan Ramadan ini disambut dengan hangat penuh kebahagiaan. Meski pun, sampai di akhir Ramadan saf mulai kosong dan isinya sedikit.

Sedekah di Bulan Ramadan
Amalan yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah sedekah. Apalagi sedekah di bulan Ramadan itu mendatangkan banyak pahala loh, sobat blogger.

Bahkan Nabi Muhammad, nabi kita yang diutus sebagai suri tauladan ini bagi kita ini merupakan sosok yang dermawan. 

Semoga kita juga dapat mencontoh perilaku baik Nabi Muhammad SAW agar senantiasa dermawan dan membantu sesama. Banyak sekali keutamaan bersedekah di bulan penuh maghfirah ini. 

Nah, itu tiga amalan yang bisa kita lakukan untuk mengisi bulan Ramadan ini. Sebenarnya masih banyak amalan untuk mengisi bulan puasa ini. Tapi tiga itu adalah yang paling sering dan mudah untuk dilaksanakan. Insyaallah.

Tulisan ini saya sertakan dalam blogger challenge dari Blogger Perempuan. Ambil baiknya. Buang buruknya. Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada kita semua. Amin.

Foto: Google
Edited: Snapseed

  • Share:

You Might Also Like

0 comments