A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Inilah Cara Mengatasi Akun Twitter yang Ditangguhkan


Pernah ngrasain akun twitter kamu ditangguhkan ? Kalau pernah kita tos virtual dulu deh. Saya uring-uringan sekali. Sebab, waktu itu saya saya masih ada kerjasama dengan suatu pihak. Ditambah beberapa pekerjaan yang sudah selesai tapi fee belum cair. Dan saat itu akun Twitter ditangguhkan sementara oleh pihak Twitter. Makanya saya ingin sharing nih tentang tips balikin akun Twitter yang ditangguhkan.

Akun Twitter yang ditangguhkan



Dulu, memang saya pernah  ditangguhkan karena spam tweet ikutan kuis. Tapi tidak sampai 24 jam, akun saya balik. Tapi kasus penangguhan akun Twitter saya kemarin ternyata lebih rumit.

Kronologinya, pagi itu tanggal 18 Mei, saya ngetweet sebuah tweet yang isi hastagnya mengundang beberapa orang berkomentar bahkan ada yang terang-terangan tidak setuju.  Dengan kata lain tweet saya mengandung hal-hal yang sensitif. Begitu. Tapi saya tidak akan sebut merek di sini ya. 

Terus saya juga cek jumlah followers saya berkurang cukup drastis. Dari 1560an menjadi 1530an. Saya awalnya tidak berpikir keanehan. Karena ternyata tidak hanya terjadi sama saya saja. Beberapa teman yang melakukan tweet dengan hastag yang sama dengan saya ini juga mengalami hal yang sama. Eh ndilalah, dua jam setelah itu, akun Twitter saya disuspend atau ditangguhkan.

Saya panik. Saya coba untuk tenang tapi bagaimana ya. Saya benar-benar panik. Ada beberapa pekerjaan yang sudah dikerjakan dan harus ditunda pembayarannya karena akun Twitter saya disuspen. Saya bingung. Saya coba bertanya ke beberapa teman yang pernah disuspen. Tapi banyak dari mereka jawabnya begini;

'Banding saja. Jangan panik. Nanti juga balik nggak sampai sehari'

Tips Banding ke Twitter

Akhirnya saya mencoba banding di tanggal yang sama saya disuspen. Cara bandingnya cukup mudah. Begini caranya;

1. Masuk ke sini ya. Pastikan akun Twitter kamu sudah login. https://help.twitter.com/id/managing-your-account/suspended-twitter-accounts

2. Pilih Ajukan Permohonan
Di bagian Ajukan Permohonan nanti kita disuruh isi semacam form gitu. Form pengajuan permohonan seperti yang gambar di bawah ini ya.
Mengajukan banding

Awal-awak suspen dan saya melakukan banding, di bagian deskripsi masalah saya hanya menuliskan 'suspend'. Sampai beberapa kali banding. Akhirnya, karena panik saya mencari-cari informasi di google. Ketemu blog kak Darius di https://blog.goreinnamah.com/

Saya menemukan tulisan cara mengembalikan akun Twitter yang disuspen. Tapi setelah mencobanya, tetap saja akun saya belum lekas kembali. Saya mencoba mengirim email ke kak Darius. Dan Alhamdulillah dibalas. Lumayan mengurangi kepanikan saya waktu itu.

Hasil banding Twitter ditangguhkan

Setelah email balasan ini, saya jadi mikir. Kalau banding untuk akun Twitter yang terkena suspen itu intinya ada di deskripsi masalah. Ya, akhirnya saya menggunakan beberapa kalimat seperti yang ada di blog kak Darius dan menambahkan juga kalimat lain. Intinya sih sama, minta maaf dan minta dibalikin akunnya. Serta menyadari kalau sudah salah ya tapi saya juga bingung salahnya di mana 😂 

Kalimat deskripsi masalah yang saya cantumkan saat saya mengajukan permohonan kembali adalah sebagai berikut;

"Dear twitter I want to apologize if I did something wrong when using twitter. I do not understand why you suspend my account. Please, help me to activate my account so I could use it again. This account is very important to me because it is one of the big parts of my blog. Thank you very much.. I am waiting my account back."

Dan beberapa teman juga menyarankan saya untuk banding di jam yang tidak ramai. Saya tanya jam yang tidak ramai itu sekitar jam berapa? Ya jam 11 malam misalnya. Akhirnya saya ikuti saja saran dari teman. Alhamdulillah entah ngaruh apa tidak, tapi ternyata akun Twitter saya bisa kembali. Tentu saja dengan beberapa catatan kesalahan yang sudah saya perbuat sampai menyebabkan akun saya disuspen.
Peringatan untuk berhati hati agar Twitter tidak disuspen

Oiyah saya akun Twitter sudah kembali. Saya ternyata masih panik 😂. Lah iya, jumlah followers dan following saya tidak kembali semula. Duh bingung. Akhirnya saya tinggal tidur saja. Kurang lebih seperti ini pemampakan pertama kali setelah akun kembali. Btw gambar ini saya dapat dari teman.

Akun Twitter sudah bisa digunakan

Tapi ternyata paginya, saat saya cek. Eh sudah kembali normal. Meski mengalami penurunan jumlah followers yang cukup banyak. Tapi tidak masalah yang terpenting twitter saya saya balik!

Lepas ditangguhkan


Nah, begitulah pengalaman saya terkait akun Twitter yang disuspen. Banyak yang nanya, kenapa sih sedih banget cuma karena Twitter disuspen? Hem, gimana ya. Dibilang sedih banget ya nggak juga. Tapi ya sedih juga. Karena akun Twitter saya ini yang jadi jalan dari Allah SWT saya bisa punya smartphone tanpa beli beberapa kali, dan banyak banget kenangan saya di Twitter. Apalagi saya menjadi Quiz hunter sampai sekarang pun pertama kali karena Twitter ini juga. Jadi banyak kenangan antara saya dengan akun Twitter saya ini. Jadi untuk ikhlasin emang saat disuspen itu berat banget. Tapi saat mencoba ikhlas ternyata akun Twitter saya masih jadi rezeki saya. Alhamdulillah.

Feel free buat teman-teman yang mau berbagi pengalaman akun Twitternya disuspen. Atau ada yang mau ditanyakan silakan saya sangat senang apabila bisa membantu 😬

Wassalamu'alaikum, teman-teman! 

Tidak ada komentar

Posting Komentar