Inilah Aktifitas Untuk Mengisi Waktu Selama Bulan Ramadan

By Hanat Futuh - June 04, 2019



Bulan Ramadan itu hanya sekali dalam setahun. Untuk itu, saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan baik ini. Saya berusaha memaksimalkannya.

Tidak mudah memang, melawan rasa malas dan kantuk selama bulan Ramadan. Apalagi kalau lagi ngantuk selalu berdalih bahwa tidurnya orang berpuasa itu ibadah. Tapi ya nggak harus tidur sepanjang puasa juga kali ya.

Makanya, saya mencoba menjadwalkan aktifitas untuk mengisi waktu bulan Ramadan. Saya coba maksimalkan dengan perbanyak ibadah. Saya tidak mau, bulan Ramadan hanya dilalui dengan hal yang sama seperti bulan-bulan lain.

Untuk itu, selama bulan puasa ini, saya perbanyak aktifitas yang positif yang mendatangkan pahala dan kebaikan. Seperti tadarusan, atau membaca Al-Qur'an. Banyak sekali keutamaan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan. Selain pahalanya yang ditingkatkan. Membaca Al-Qur'an di bulan turunnya Al-Qur'an adalah suatu keistimewaan.

Selain membaca Al-Quran, saya isi waktu dengan membaca buku. Buku-buku islami dan non-fiksi yang sekiranya sesuai dengan tema Ramadan ataupun yang tidak. Bulan ini saya baca ulang buku "Beli Karena Butuh". Saya yakin karena di menjelang lebaran, banyak platform belanja online yang mengadakan promo besar-besaran. Dari mulai diskon sampai gratis ongkos kirim. Jika saya tidak membentengi dengan baca buku tersebut. Bisa nanti pas belanja saya kalap dan hanya berfoya-foya. Astaghfirullah.

Selain membaca buku, saya juga ikut turut membantu mama menyiapkan makanan untuk berbuka. Rasanya masak bareng mama di bulan Ramadan itu ada kesan tersendiri. 

Selain itu, puasa tahun ini juga saya masih jadi guru les di rumah. Mengajar anak-anak SD. Kegiatan positif tersebut bisa mendatangkan banyak pahala dan kebaikan apalagi di bulan Ramadan yang berkah.

Itulah aktifitas saya untuk mengisi waktu bukan bulan Ramadan. Sebenarnya masih banyak aktifitas yang saya lakukan. Hanya saja yang saya sebutkan itulah yang paling sering saya lakukan.

Kalau sobat blogger ngapain nih selama bulan puasa. Aktifitas apa saja yang dilakukan?

Tulisan ini diikutsertakan dalam blogger challenge dari Blogger Perempuan. Selamat membaca. Ambil baiknya. Tinggalkan yang buruk.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments