5 Tradisi Lebaran yang Masih Lestari

By Hanat Futuh - June 04, 2019




Dua tambah dua
Hasilnya empat
Yuk semua
Makan ketupat

Sobat blogger....
Sudah masak ketupat belum? Kelen pada udah nyiapin sajian apa nih buat lebaran besok? Kalau saya ya sudah banyak menyiapkan segala makanan buat menyambut lebaran dan para tamu, sanak saudara.

Sobat blogger....
Sesuai dengan tema hari ke 25 di blogger challenge dari Blogger Perempuan.  Saya mau cerita tentang tradisi lebaran yang masih lestari nih di kampung halaman saya. Mungkin juga masih lestari di kampung sobat blogger.

Mudik
Tentu saja tradisi pertama yang paling melekat dengan lebaran adalah mudik. Mudik bertujuan untuk merayakan lebaran di kampung halaman, dengan keluarga. Berkumpul dan menghangat kembali setelah ribuan purnama tak bertemu. Sobat blogger, mudik nggak nih ?

Takbir keliling
Tradisi lebaran selain mudik adalah takbir keliling. Di wilayah kampung halaman saya, takbir keliling masih berjalan. Takbir keliling itu membaca kalimat takbir sambil keliling desa dengan membawa sempor. Memang tradisi yang satu ini sudah sulit untuk ditemui tapi bukan berarti tidak ada.

Ketupat
Ketupat menjadi sajian yang harus ada di lebaran. Nggak harus sie, tapi identik. Ya, memasak ketupat menjelang lebaran sudah menjadi tradisi. 

Meski sudah menjadi salah satu tradisi lebaran, ternyata di keluarga saya, sepanjang sejarah per-lebaran-an, baru tahun ini, kami memasak ketupat. Lucu bukan 🤣

Beli Baju Baru
Baju baru alhamdulilah
Dipakai di hari raya
Tak barupun
Tak apa apa
Masih ada baju yang lama

Ah masa ? Emang nggak nangis kalau nggak beli baju baru? Sungguh, saya cecenggukkan sewaktu saya nggak beli baju baru buat lebaran. Hikss. Tapi dulu sie.  Sekarang mah woles.

Beli baju baru buat lebaran, memang sudah menjadi tradisi yang sangat lestari. Tidak apa-apa sebetulnya. Karena anggap saja sebagai bentuk menghormati dan menyambut bahagia dengan baju baru untuk lebaran.

Nah itu beberapa tradisi lebaran yang masih lestari. Apalagi kira-kira ya? Coba sebutin dan tulis jawaban kamu di kolom komentar. Maaf ini bukan kuis berhadiah yaa


  • Share:

You Might Also Like

0 comments