3 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Ketika Dapat THR

By Hanat Futuh - June 02, 2019



Well, hal-hal yang berkaitan sama bulan Ramadan itu banyak banget. Selain beribadah, tadarusan, tarawih, ada beberapa hal yang sudah jadi tradisi juga loh. Misalnya beli baju lebaran, masak ketupat, dan juga THR! THR itu apaan sie? THR adalah tunjangan hari raya. Tapi kalau buat para jomlo, THR itu beda lagi. Bukan tunjangan, tapi tunangan hari raya. 🤣 Duh yang jomlo maaf yaa *plaak sambil ngaca*

Yups, THR, bagi yang bekerja THR itu menjadi sesuatu yang sangat amat ditunggu. Apalagi kalau THRnya gede. Wah nggak sabar dong buat menerimanya *hiyaaa

Sobat blogger, pernah dapat THR kan? Gimana rasanya? Pasti seneng dong. Gimana nggak seneng, sesuatu yang biasanya ditanyakan terus menerus, tiba-tiba cair kan happy dong ya.

Kalau saya sie pastinya buat membahagiakan orang-orang yang saya sayang dan berbagi dengan mereka yang kurang mampu. Tapi saya mau cerita nih, dulu saya sewaktu masih berstatus sebagai seorang pelajar. Saya mengartikan bahwa THR itu ya uang yang saya dapatkan dari sanak saudara yang udah tua ketika lebaran. Biasanya dimasukan dalam amplop yang bergambar gitu. Isinya dari lima ribu sampai ada yang seratus ribu.

Kalau sekarang, mendengar kata THR. Rasanya saya justru ingin berbagi. Iya berbagi dengan para ponakan saya. Meski jumlahnya tidak besar, saya ingin kebahagiaan yang saya dapat dulu saat menerima THR, bisa dirasakan juga oleh keponakan saya. 

Kali ini saya mau berbagi tentang tiga hal yang perlu kamu lakukan ketika dapat THR.

Bahagiakan orang tua
Kalau seperti saya yang belum berkeluarga. THR sebagian saya berikan kepada orang tua karena ya untuk siapa lagi kalau bukan orang tua? Sebagai bakti dan bentuk sayang yaitu dengan mencukupi segala kebutuhan orang tua sebagaimana orang tua yang kita mencukupkan kebutuhan kita selama ini.

Menabung
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menabung. Yups, kalau dapat THR jangan langsung dihabiskan tapi tabung seperberapanya. Untuk mengantisipasi jika di hari esok kamu memerlukannya. Sebagai manusia kita kan tidak pernah tahu apa yang bakalan terjadi di hari esok.

Sedekah
Sedekah itu tidak harus nunggu dapat THR gede. Seberapapun THR yang didapat, ambillah sebagian untuk bersedekah. Apalagi dalam beragama kita juga dianjurkan untuk bersedekah. Sedekah dapat membuat kita jadi lebih banyak bersyukur dan dapat pahala. Selain itu juga dapat meringankan beban orang lain.

Jangan lupa ya, buat kamu yang sudah dapat THR. Jangan kalap buat belanja banyak banyak. 

Tulisan ini untuk blogger challenge dari Blogger Perempuan. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments