Belajar Asik di kelas Growthing

Hai, teman-teman. Selamat malam. Wah, nggak terasa sudah jalan saja nih bulan Oktobernya. Waktu seperti berjalan dengan cepat, ya. Bulan September kemarin bagi saya sangat berkesan karena saya mendapat kesempatan belajar tentang blogging dan SEO nih. Setelah 25 hari kurang lebihnya di bulan September kemarin saya berjuang di kelas Growth Blogger, langkah saya harus terhenti. Memang sedih si, karena sangat disayangkan tinggal dua materi lagi. Tapi, saya sudah berbesar hati menerimanya. Hiya, melow banget nih. Jadi di tulisan ini saya mau cerita nih tentang perjuangan awal saya dari mulai tahu kelas Growth Blogger dari kelas growthing ini, lalu proses mendaftarnya, sampai  saya dapat notifikasi diterima dan mengikuti proses belajar di kelas hingga akhirnya tanggal 25 September saya yang giliran tereliminasi.

Kelas Growth Blogger
catatan perjalanan di kelas Growth Blogger

Pertama Tahu Kelas Growth Blogger

Sore itu, tanggal 13 Agustus, Mas Rusdiana, pemilik blog Ciungtips ini ngasih informasi tentang dibutuhkan 10 blogger untuk dapat kupon belanja buku gitu. Wah saya senang banget dong. Pas saya klik ternyata, DA saya tidak sesuai dengan persyaratan. DA saya waktu itu masih 7. Kecil banget kan? Terus saya bilang ke mas Rusdi, DA saya belum memenuhi. Padahal saya tergiur dengan kupon belanja buku itu. Dari situlah saya dikasih tahu tentang mas Irwin dan kelas gratisnya. Wah menarik nih, nih, batin saya. Tapi, saya masih mikir lagi setelah saya baca form pendaftaran kelasnya. Form terkocak yang pernah saya baca tapi serius bikin saya mikir keras untuk menjawab setiap pertanyaan yang ada. Hem, saya jadi maju mundur untuk daftar kelas Growth Blogger.

Proses Mendaftar

Setelah maju mundur nggak jelas. Entah gimana, saya mendapatkan semangat saya kembali untuk belajar lebih banyak tentang blogging. Saya menyadari banget kalau selama ini blog saya jauh dari kata berkembang. Makanya nggak maju-maju.Beberapa hari setelah itu, ternyata ada pengumuman nama-nama yang lolos. Pas dicek ternyata zonk! Nggak ada daftar nama. Terus berikutnya lagi, pengumuman di-update. Pas saya buka ternyata nama saya nggak ada di sana. Wah nggak lolos nih. Saya sampai kasih kabar ke mas Rusdi. Eh ternyata itu prank lagi. Ya Allah kena prank dua kali dong saya. Okay, saya masih ada harapan buat lolos. Harapan itu menjelma jadi kenyataan. Tanggal 27 Agustus jam 5 kurang dua menit, saya dapat pesan di WhatsApp dari mas Irwin. Intinya saya dinyatakan lolos di antara 42 orang yang terpilih untuk mengikuti kelas Growth Blogger #1. Senang banget. Gimana nggak senang, baru pertama daftar terus langsung diangkut. Dengar-dengar ada yang nyampai dua-tiga kali ditolak. Jadi saya alhamdulillah banget. 

Notifikasi lolos Kelas Growth Blogger
Notifikasi Lolos Kelas Growth Blogger

Kesan Pertama masuk Kelas 

Asli nih saya deg-degan dan merasa nggak pede saat sudah masuk di grup. Ya gimana, yang masuk ke kelas ternyata blognya cakep-cakep banget dan prestasinya udah bukan kaleng-kaleng. Terus ditambah mereka ini aktif banget. Dan kebanyakan mereka itu udah saling kenal. Lah saya? Mendadak kalem, nggak ada yang saya kenal di grup kelas. Beberapa nama pernah saya dengar, dan kebanyakan masih terdengar asing. Fix saya mainnya kurang jauh. Coachnya saja yang saya kenal itu baru mbak Monica sama Mas Ilham, yang lain benar-benar baru banget saya tahunya seperti mas Irwin, mas Pewe dan mas Baim.

Sedikit-sedikit saya melupakan keminderan saya, mengingat saat proses pengisian form pendaftaran kelas ini yang nggak mudah dan mengingat kembali niat untuk belajar banyak tentang blogging.Dari awal saya daftar kelas ini memang niat banget. Nggak mungkin kalau nggak niat saya bisa sampai 25 hari bertahan. Bagi saya, ikut kelas gratis memang bukan yang pertama, tapi kalau kelas gratis tentang  blogging ini adalah hal baru bagi saya. Proses belajar di kelas ini berbeda banget dari kelas gratis yang pernah saya ikuti. Di kelas Growth Blogger, meski gratis tapi rasanya premium banget. Versi gratisnya begini, apalagi versi premiumnya ya? Pasti servisnya keren nih.

Baca juga: Belajar SEO di Kelas Growthing

Proses Belajar

Proses belajar di kelas growth blogger ini asik banget. Meski awalnya saya sempat keteteran karena memang banyak banget hal-hal yang berkaitan dengan blogging yang saya belum tahu. Tapi pelan-pelan saya bisa mengikutinya. Dan bisa bertahan sampai dua puluh lima hari. Itu sebuah pencapaian yang luar biasa bagi saya. 

Materinya beneran dapat banget. Lengkap dan yang jelas mudah dipahami, apalagi bagi saya yang newbie ini. Nggak hanya materi saja, tapi juga ada tugasnya loh. Jangan dipikir kelas gratis ini seperti kelas gratis yang banyak santainya. Asli di kelas ini santainya itu 5% doang. Itupun setelah malam eliminasi atau kick. Berikutnya deg-degan lagi, senam jantung lagi, sambil salto. Okey, ini bukan berlebihan. Terus tiap habis ngerjain tugas, siap-siap kalau nanti dapat tendangan madun dari mas Irwin.

Secara nggak langsung, saya belajar juga untuk menghargai waktu, belajar konsisten dan belajar tentang kedisiplinan. Makanya karena sudah terbiasa dengan kebiasaan di kelas growth blogger, saya jadi rajin ngeblog. Saya juga punya waktu yang sudah saya jadwalkan untuk ngeblog. Pokoknya biar waktu 24 jam sehari ini bisa maksimal dimanfaatkan untuk mejadi pribadi yang produktif.

Rata-rata, teman-teman blogger pasti sudah mengenal keenam Coach di atas. Kalau yang belum kenal bahkan dengar namanya, fix kelen mainnya kurang jauh. Nah, enam coach di ataslah yang memberikan materi di kelas Growth Blogger. Ada mas Irwin, merupakan blogger yang juga expertise SEO. Mas Irwin juga ketua kelas di Kelas Growth Blogger. Si eksekutor di malam eliminasi dengan tendangan madunnya yang tidak bisa diganggu gugat. Pokoknya kalau sudah ketendang ya sudah bye. No baper-baper club, ceunah. Tapi mas Irwin juga humoris kok, kupikir awalnya tuh mas Irwin agak galak tegas gitu deh. Tapi ternyata dia kocak juga. Apalagi andalannya selalu kirim emot miring nangis gitu. Apasih namanya ya. Pokoknya itulah.

Para Coach kelas Growth Blogger
Para Coach Keren di Kelas Growth Blogger

Kedua, ada Mbak Monica dan mas Pewe. Dua Coach ini ternyata merupakan pasangan suami istri. Saya mengenal mbak Monica jauh sebelum ada kelas. Salnya saya sempat ikut campaign yang dikelola oleh mbak Monica. Eh ternyata ketemu lagi di kelas Growth Blogger. Fyi, mbak Monica ini seorang penulis sekaligus blogger. Kalau kamu suka baca buku pasti si nggak asing lagi. Saya pun lebih mengenal mbak Monica Anggen sebagai penulis hehe. Kehadiran mbak Monica di kelas juga menenangkan kami yang sering dibikin panik oleh mas Irwin. Eh kalau saya iya si. Nggak tahu yang lain. Hehe. Nah, kalau mas Pewe, suami mbak Monica juga seorang blogger dan expertise SEO. Baik dan sering bantu kasih solusi atas permasalahan mengenai blog yang kami alami. Sering juga jadi kompor, makin senam jantung deh peserta kelas Growth Blogger, termasuk saya. 

Baca juga: Keseruan kelas Growthing

Ketiga, ada mas Baim yang selalu bilang kalau dia ini tim hore-hore. Mas Baim merupakan seorang blogger, SEO enthusiast, content writer, sekaligus web content editor. Lengkap banget kan? Mas Baim ini kalau menyampaikan materi asli asik! Singkat, padat dan jelas, dan mudah dipahami. Kalau pun masih belum paham, mas Baim juga bakalan menjawab. Makanya buat teman-teman yang maybe bakalan daftar di kelas ini, banyak-banyak bertanya, jangan bingung malah dipendam sendiri. 

Keempat, ada mbak Gilang Maulani. Saya pikir mbak Gilang ini cowok. eh ternyata perempuan. Mbak Gilang ini yang memberikan materi tentang fotografi. Lihat deh foto-foto di instagram. Cakep-cakep euy! Terakhir, ada mas Ilham Sadli. Kalau coach yang satu ini si saya sudah nggak asing, karena beberapa kali ketemu di campaign. Mas Ilham juga seorang blogger, tapi lebih terkenal expertise Twitter. Secara followersnya udah 11 ribu, euy! Keren banget kan?

Hal-hal Berkesan di Kelas

Meskipun saya dieliminasi dari kelas Growth Blogger sebelum waktu kelulusan yang artinya saya memang nggak lulus sampai akhir, bukan berarti tidak ada hal yang berkesan selama 25 hari saya berproses di kelas Growth Blogger. Justru banyak banget hal-hal berkesan yang saya dapatkan dari kelas ini. Di kelas ini yang awalnya saya masuk dengan DA 7 pas sudah dikeluarkan saya naik jadi 13. Sebuah proses dan pencapaian yang luar biasa bagi saya. Senang deh.

Salah satu yang paling berkesan juga adalah ketika saya dapat hadiah di kelas bersama tiga teman lain. Alhamdulillah tulisan di BRTNetwork dipilih buat dapat hadiah dari mbak Monic. Setidaknya, selain ilmu yang sangat bermanfaat, ada kenang-kenangan yang berwujud yang bisa saya ingat terus kalau saya pernah belajar di kelas Growth Blogger yang ajaib itu. 

Tulisan di BRTNetwork untuk tugas Kelas Growth Blogger

Baca juga: Cara Naikin DA di BRTnetwork

Oiyah, selain itu hal utama yang berkesan tentunya adalah ilmu blogging yang saya dapatkan dari para Coach. Asli akan saya pakai dan terapkan saat ngeblog. Terus saya juga berkesan sekali dengan teman-teman yang satu kelas. Mereka baik-baik banget, kalau ada yang kesusahan, bertanya pasti ada ajah yang kasih jawaban.

Nah saya juga mau bilang terima kasih nih, khususnya buat mas Bambang, mbak Maria, mbak Ghina,  mbak Dian Novandra, mbak Idah, mbak Muna yang sudah sering saya sambati kalau lagi bingung dan malah kadang berbagi kebingungan bersama. Meski pada akhirnya kita dikick satu persatu. Terima kasih banget, ya. Meski sudah tidak di kelas yang sama, semoga kita masih terus berkabar baik meski sekadar basa basi, maupun malah curhat dan bagi-bagi info job.

Last but not least, kelas Growth Blogger benar-benar berkesan sekali. Jadi tempat belajar ngeblog pertama bagi saya yang nggak pernah akan saya lupakan. Dari kelas ini saya bertekad untuk terus belajar dan terus mempraktekkan ilmu blogging yang sudah saya dapatkan. Huhu, mendadak melow nulis ginian. Kangen keseruan kelas, kangen sama malam tendangan madun, kangen deg-degan sambil rebahan depan laptop. Ya sudah pokoknya terima kasih untuk semuanya yaa, para Coach dan teman-teman Kelas Growth Blogger.

Jadi, kalau teman-teman dapat informasi pendaftaran kelas ini, jangan dilewatkan begitu saja ya. Ambil kesempatan tersebut! Karena tidak akan ada penyesalan masuk kelas Growth Blogger. Serius deh! Terima kasih sudah mampir di tulisan saya kali ini! Jangan lupa tinggalkan kesanmu di kolom komentar yaa!

4 komentar

  1. Ikutan daftar lagi di kelas selanjutnya mba hanat 😁, eh betewe templatenya baru nih hehe pasti premium kan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas Eko, pengen daftar lagi aku. Doain ya biar nggak ditendang lagi 😂

      Iya nih, template lama sebetulnya tapi pas kelas aku copot terus pasang lagi sambil nerapin ilmu dari para coach 😁

      Hapus
  2. Asik kelas kelar kayaknya lgsg otak atik template biar seo able. Apa bawaan dr blogspot ya Mbak?

    Senang yaa ikutan kelasnya. DA kita sama an nih skrg. Hihi. Ayo terus berbenah dan rajin posting tentunya. Nice to meet you 😊👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku otak atik mbak biar seoable sekalian praktek ilmu yang udah di dapat hihi.

      Yay! Tos dulu, mari kita semangaaat nulis lagi, biar bisa naik lagi. Btw kangen euy keriweuhan ngerjain tugas 😅😁

      Hapus