Cara Custom URL Channel YouTube dengan Mudah

Halo, teman-teman. Apa kabar?

Beberapa bulan terakhir ini, selain menyeriusi ngeblog, saya juga sedang mengembangkan channel YouTube saya nih. Rasanya sayang banget jika channel saya dibiarkan saja. Untuk itu saya mulai banyak melakukan hal-hal yang bisa menunjang channel saya agar lebih berkembang.

Tapi kali ini saya ingin sharing sesuai dengan judul, cara custom url channel YouTube nih.

Cara custom url channel youtube

Sedikit cerita, saya mencoba mencari tutorial custom url channel YouTube di google, beberapa step saya coba. Tapi ternyata saya malah bingung. Karena saat ini sudah berganti YouTube studio, bukan lagi creator studio. Mungkin akan sedikit berbeda ya, tata letak fitur-fiturnya.

Untuk itu buat teman-teman yang ingin mengganti link url channel youtubenya sesuai yang kalian inginkan. Maka harus kita ketahui dulu, bahwa untuk mendapatkan custom url, kita harus memiliki 100 subscribe terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi, maka kita akan melakukan custom URL pada channel YouTube kita.


Langkah-langkah Custom URL Channel YouTube

1. Masuk ke akun channel YouTube

Yang pertama kali yang harus kita lakukan adalah login atau masuk ke akun channel YouTube kita. Bisa melalui PC maupun handphone.

Jika login melalui handphone, saya sarankan menggunakan Chrome. Lalu pilih tampilan situs desktop ya.

2. Masuk ke YouTube Studio

Langkah kedua, masuk ke YouTube Studio channel kamu. Maka kamu akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini.

3. Pilih Setelan atau Setting

Jika kamu sudah berada di dashboard YouTube Studio maka carilah Fitur Setelan atau Setting yang terletak di kiri bawah. 

4. Pilih Channel

Setelah memilih fitur Setelah atau Setting maka kamu akan mendapatkan tampilan fitur Setelan atau Setting seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih Channel. Di bagian Channel ini terdapat tiga pilihan, yakni Basic Info, advance setting atau setelan lanjutan, dan Feature Eligibility.

5. Pilih Advance Setting

Jika ingin melakukan custom url, maka pilih advance setting atau setelan lanjutan yang akan menampilkan seperti gambar di bawah ini.

6. Pilih Manage YouTube Account

Pilih Manage YouTube Account, yang dalam bahasa Indonesia diartikan Kelola Akun YouTube. Jika sudah kamu klik maka akan mengarahkan kamu ke halaman baru yakni Account.

7. Pilih Advance Setting yang ada pada Halaman Account

Setelah kamu diarahkan ke halaman baru Account, langkah selanjutnya ada memilih advance setting. Maka akan muncul tampilan untuk custom url dan beberapa keterangan lainnya.

8. Pilih Claim it here's pada setelan channel

Jika kamu sudah memenuhi untuk custom url maka akan muncul kalimat 'You're Eligible for  a custom URL, claim it here's atau jika kamu menggunakan bahasa Indonesia artinya kurang lebih, 'Anda berhak mendapatkan URL kustom. Klaim di sini.

Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini untuk melakukan kustom URL. Kamu diharuskan memilih satu opsi yang ada. Nah di sini saya memilih opsi HanatFutuh. Lalu ceklis pada kotak persetujuan URL Custom lalu klik Ubah URL.

Baca juga: Mengembalikkan Akun Twitter yang Ditangguhkan

9. Klik Konfirmasi Pilihan

Jika sudah klik ubah URL. Maka akan muncul tampilan untuk mengkonfirmasi URL Pilihan. Sebelum kamu klik konfirmasi Pilihan, baca dengan teliti informasi yang ada pada halaman ini. Jika sudah yakin, langsung saja klik Konfirmasi Pilihan.

Jika semua langkah sudah berhasil kamu lakukan artinya kamu berhasil melakukan custom URL channel YouTube kamu.



Untuk tahu apakah sudah berhasil berganti URL nya, kamu bisa ke bagian channel kamu dan lihat url tersebut pasti sudah berganti sesuai dengan custom URL yang telah kita lakukan.

Selamat mencoba ya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam melakukan custom URL pada channel YouTube kamu. Kalau kamu berhasil jangan lupa komen di artikel ini. Terima kasih, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Jangan lupa juga untuk mampir di akun channel YouTube saya ya. Kamu bisa klik di sini.


Tidak ada komentar

Posting Komentar