Seorang Blogger asal Banyumas. Suka baca buku dan jalan-jalan-jalan sambil kulineran.

Belajar SEO Paling Berkesan

Hai, fellas! Belajar SEO yuk! Selama hampir dua tahun aktif menulis di blog, kalau sudah dengar kata SEO pasti bawaannya mumet karena pasti njlimet. Tapi kali ini menjadi pengalaman pertama bagi saya belajar SEO. Nggak tanggung-tanggung saya langsung belajar di kelas Growthing Blogger yang digawangi oleh mas Irwin, mas Pewe, dengan timnya ada mas Bahrul Ilmi, dan mbak Monica Anggen. Ini menjadi anugerah di tengah kegagalan yang saya alami di akhir Agustus kemarin.

Belajar SEO di Kelas Growth Blogger


Setelah masuk kelasnya dan alhamdulillah masih bertahan sampai detik ini, saya sangat bersyukur. Gimana nggak coba, kelas ini rasanya seperti permen nano-nano dan roller coaster. Setiap hari harus senam jantung dan salto depan laptop, kalau udah baca chat dari pemilik kelas dan timnya. Kick dan tendangan madun jadi chat paling mengerikan bagi saya sepanjang ada di kelas Growthing Blogger.

Pikiran saya tentang belajar SEO itu rumit terbantahkan sejak masuk kelas Growthing Blogger. Materi-materi yang disampaikan itu padat dan mudah untuk dipahami apalagi untuk saya yang masih pemula ini. Setelah materi dari mbak Monica di hari pertama, dilanjutkan oleh mas Bahrul Ilmi atau mas Baim yakni belajar SEO.

Belajar SEO bersama mas Baim


Tak kenal maka tak sayang, hiyaa. Jadi baiknya kenalan dulu nih sama mentor atau guru yang berbagi materi seputar per-SEO-an. Yaps, mas Bahrul Ilmi akrabnya dipanggil mas Baim. First imperssion, ngepoin dan follow akun sosmednya, mas Baim ini orangnya baik. Buktinya pas saya follow, langsung difollowback hehe, nggak pilih-pilih.

Belajar SEO bersama mas Baim

Mas Baim ini merupakan SEO Enthusiast makanya nggak perlu diragukan lagi kalau dikasih materi sama mas Baim. By the way, mas Baim ini seorang blogger yang tinggal di Pontianak, yang merapel jadi content creator sekaligus web content editor. Jadi, buat fellas yang lagi nyari jasa pembuatan web bisa kontak mas Baim ajah. Soal harga bisa dibicarakan. *mas Baim bagi komisi ya udah aku promoin* hihi. Dengar-dengar kabar mas Baim ini masih single, jadi pingin daftar jadi adiknya deh biar bisa tiap hari belajar SEO. hehe. *bercanda mas*

Jadi bagaimana belajar Seo bersama mas Baim? Jawabannya menyenangkan! Lebih menyenangkan dibanding dengan pesan chatnya mas Irwin yang selalu bilang kick dan tendangan madun wqwq. *Ampun mas*
Nah, selama hampir lima belas hari, saya sedikit-banyak mampu memahami empat materi yang telah mas Baim berikan di kelas Growth Blogger.

4 Materi dari Mas Baim

1. Google Analytics

Kalau ingat Google Analytics saya sedih banget. Saya sempat kehilangan tawaran undangan mereview hotel di wilayah tempat tinggal saya gara-gara blog saya tidak menghubungkan Google Analytics ke blog saya. Jadi kalau ditanya seberapa penting Google Analytics untuk Blogger? Ya penting banget! Saya baru tahu, kalau ini penting setelah saya kehilangan kesempatan itu. Karena itulah saya mulai menghubungkannya. Ternyata Google Analytics nggak sekedar untuk mengetahui pageview saja. Tapi untuk membantu kita untuk memantau perkembangan traffic blog, untuk membantu kita mengetahui waktu yang tepat untuk posting dan mengetahui sumber tarffic blog kita dari mana saja.

2. Google Search Console

Kalau mendengar kata Google Search Console, yang dibayangan saya sebelum ikut kelas Growthing Blogger ya jelas tentang index meng-index. Dan saya baru tahu Google Search Console ini sekitar awal tahun ini. Kejadiannya lucu dan tegang. Pada saat itu, saya ikutan lomba blog. Saat H- berapa hari dari tanggal penjurian seluruh tulisan peserta lomba, saya dihubungi melalui email, yang isinya mengatakan artikel saya ini tidak terindeks Google. What? Gimana dong?

Panik ya, karena saya baru pertama kali ikutan lomba blog. Saya menghubungi teman saya, akhirnya dikasih tahu suruh indeks artikel di Google Search Console. Tapi, sudah cukup sampai disitu saya tahu Google Search Console. Belajar sendiripun saya pusing setengah hidup.

Tapi semua ketidakpahaman saya tentang GSC terjawab sudah oleh mas Baim. Sederhananya, yang saya tangkap, bahwa melalui GSC, saya bisa mengetahui seberapa banyak jumlah tayangan, klik, yang visitor lakukan terhadap artikel atau blog kita di hasil pencarian Google. Selain itu, melalui GSC, kita juga tahu seberapa banyak eror atau kesalahan dari blog kita dan perbaikannya ke depan.

3. Keyword

Sebelum ikutan kelas Growth Blogger, jujur saya selama menulis di blog belum pernah yang namanya melakukan riset keyword atau kata kunci. Jadi selama dua tahun nulis di blog, saya cuma nulis saja. Nggak mikirin yang nama keyword. Gimana mau mikirin, tahu harus riset kata kata kunci saja dari grup kelas Growth Blogger. Duh malu saya. Saya baru tahu riset kata kunci memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mendatangkan traffic pengunjung ke blog kita. 

Jadi riset kata kunci sebelum menulis itu sangat penting agar tulisan yang kita buat bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita melalui mesin pencarian seperti misalnya dari Google. Selain itu juga memudahkan kita untuk menyusun artikel atau tulisan yang akan kita buat. Pantesan saja, selama saya nulis, saya merasa kesulitan saat akan menyusun dan mengembangkannya. Ternyata saya nggak pernah melakukan riset kata kunci sebelum menulis.

Dalam penyampaian materi kemarin, mas Baim juga menyampaikan manfaat yang kita dapatkan jika melakukan riset kata kunci sebelum menulis, antara lain kita bisa menemukan ide tulisan yang akan kita tulis, kita bisa mendapatkan kata kunci yang potensial, dan manfaat yang paling penting menurut saya adalah dengan melakukan riset kata kunci kita bisa membuat konten yang menjawab kebutuhan pembaca.

Untuk melakukan riset kata kunci atau keyword, kita dapat menggunakan tools yang telah disediakan secara gratis loh, antara lain Google Search, Google Keyword Planner, Ubersuggest dan Google Trends. 

Kemarin saya sempat mencoba menggunakan Ubersuggest. Ternyata mudah setelah kita benar-benar paham bagaimana cara menggunakannya. Sekarang, saya bisa membuat artikel dengan melakukan riset terlebih dahulu melalui Ubersuggest deh. Biar tulisan saya bisa menjawab kebutuhan pembaca.

4. SEO

Apa yang kamu bayangin mendengar kata SEO? Mumet dan njlimet. Jujur, itu adalah dua kata yang menggambarkan betapa saya tidak tahu apa itu SEO. Tapi, semua kebingungan saya mengenai SEO sedikit banyak mulai berhasil saya tangani karena saya sudah mendapatkan wangsit dari mas Baim.

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization. Yang saya pahami dari SEO, ini adalah cara mengoptimasi website atau blog kita agar mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencarian. Gitu deh yang saya tangkap dan pahami.

Setidaknya ada beberapa hal yang saya catat terkait dengan optimasi onepage SEO antara lain; pertama, menentukan judul yang mengandung kata kunci. Kedua, mengisi meta deskripsi dengan kata kunci. Fyi, meta deskripsi ini sama dengan search description ya. Ketiga, melengkapai artikel yang kita buat dengan menyisipkan gambar yang sesuai dengan artikel kita. Jangan lupa untuk mengisi alt-nya ya. Keempat, jangan  lupa untuk mengindeks artikel yang sudah kita post ke Google Search Console. Ini penting kita lakukan karena agar artikel kita bisa ditemukan di mesin pencarian seperti Google. Kelima, share artikel kita ke semua akun sosial media kita. 



Kira-kira begitu yang saya pahami dari materi-materi yang sudah diberikan selama lima belas hari di kelas Growth Blogger. Belajar tentang SEO memang tidak akan ada habisnya. Makanya saya bersyukur banget masih bertahan di kelas Growth Blogger. Sebagai blogger pemula, saya sangat bersyukur bisa belajar SEO di kelasnya para mastah. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman untuk belajar SEO.

Buat Fellas yang ingin belajar SEO lebih dalam lagi, bisa ikutan daftar kelas Coaching SEO For Blogger nih. Kelasnya ini dijamin keren banget dan dengan investasi segitu itu sangat worth it. Lah wong kelas gratisnya ajah spektakuler banget, gimana kelas premiumnya? Ya bakalan dobel spektakuler dan nggak bakalan kena kick dan tendangan madun. Hihi. Saya bersaksi, kalau ikutan kelas ini nggak bakalan ada ruginya. Sedikitpun!. Saya juga mau on the way nabung, mana tau bisa kekumpul buat ikutan kelas yang lain dari Growthing.id. Jadi bisa ketemu para mastah blogging lagi deh. 

Belajar SEO



2 komentar

  1. Wah ilmu yang renyah dan gurih nih. SEO sangat penting bagi blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah baru tahu tentang SEO koh Hendra 😂 selama ini ternyata saya ngeblog cuma nulis nulis doang pantesan nggak maju maju 😂

      Hapus