Pengalaman Membaca Novel di Cabaca

Akhir-akhir ini, saya lagi suka banget baca novel di sebuah aplikasi baca. Dulu, saya sangat menolak banget kalau baca buku di smartphone. Mata pegal, dan ujung-ujungnya banyak notif chat masuk di WhatsApp ataupun Line. Ambyaar. Nggak jadi baca deh. Tapi, kemarin saya kenalan nih sama salah satu aplikasi baca, yang sampul-sampul novelnya ini eye-catching banget. Makanya saya tertarik buat kenal lebih jauh. Ada yang bisa nebak nggak nih? Ya sudah saya langsung kasih tahu namanya, aplikasi Cabaca.

Aplikasi Cabaca

Sebagian teman-teman yang suka baca pasti sudah nggak asing dengan aplikasi ini ya? Kalau saya baru kenal sebulanan nih. Maklum anaknya buku fisik banget soalnya.Kali ini saya mau berbagi tentang keseruan saya membaca novel di aplikasi Cabaca. Keep scrolling yaa.

Cabaca itu Apa?

Buat yang belum kenal, yuk kenalan dulu. Katanya nggak kenal, maka nggak sayang. Hiyaaa. Jadi Cabaca merupakan salah satu platform baca dan penerbitan digital di Indonesia. Cabaca ini sudah tersedia di playstore jadi buat kamu yang mau baca novel atau menerbitkan novel kamu bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke website resminya di sini.

Bagaimana Cara Mengaksesnya?

Buat yang ingin membaca novel atau menerbitkan novelnya melalui platform digital Cabaca. Simak caranya berikut ini ya!

1. Unduh Aplikasi Cabaca

Untuk membaca novel di Cabaca, tentu langkah paling pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di playstore bagi pengguna android. Untuk pengguna iPhone saya belum tahu ya. Karena di profil Instagram Cabaca, infonya hanya untuk pengguna android. Mungkin nanti jika sudah ada di AppStore saya akan memperbaharui tulisan ini.

2. Daftarkan diri

Bagi kamu pengguna baru aplikasi Cabaca, kamu perlu registrasi terlebih dahulu. Mengisi beberapa data diri yang diminta sesuai dengan form yang ada. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Jika sudah semua data terisi, klik daftar. Tapi bagi kamu pengguna lama, kamu bisa langsung login atau bisa masuk melalui Facebook. 

3. Cek Email Verifikasi 

Setelah berhasil mendaftar. Kamu akan mendapatkan notif seperti ini. Lalu cek email verifikasi dari Cabaca. Klik dan itu akan mengarahkan kamu ke websitenya. Kamu bisa memilih buka di aplikasi. Dan itu akan mengarahkan kamu ke playstore dan pilih buka. Kemudian kamu login dengan email dan password yang sudah kamu bikin. Dan jangan lupa setelah itu, lengkapi profilmu.

4. Sudah Bisa Akses Cabaca

Jika sudah berhasil login, maka kamu sudah bisa akses beragam bacaan yang ingin kamu baca. Oiyah jangan lupa kalau kamu diajak bergabung ke Cabaca oleh teman kamu, kamu masukin kode referralnya ya supaya bisa dapatin kerang dan bisa kamu gunakan untuk membaca novel-novel yang kamu inginkan. Kalau kamu baru mau daftar, jangan lupa masukin kode saya ya di Cabaca_hanatfutuh. Hehe sekalian deh saya promosi.

Beranda Cabaca
Beranda Cabaca

Ada apa di Cabaca?

Bulan Juli memang menjadi kali pertama saya membaca novel di Cabaca. Sudah saya bilang kan, saya anaknya buku fisik banget. Tapi ternyata cover-cover dan judul novel di Cabaca menarik-menarik. Saya jadi tertarik untuk membacanya. Di Cabaca ini terdapat sekitar dua puluh jenis bacaan. Dari mulai romanceadult, comedy, teenlit, action, fantacy dan masih banyak yang lainnya. Jadi kamu nggak bakalan bingung mau cari novel genre apa, karena di sini totally sangat lengkap si. Jadi banyak pilihan yang bisa kamu pilih. 

Genre Bacaan di Cabaca

Kemarin saya berhasil menamatkan novel bergenre teenlit judulnya The Place You're Not Belong. Covernya cakep dan meski judulnya agak spoiler tapi ceritanya seru. Kamu bisa baca review novel tersebut di sini.

Saya cukup nyaman membaca novel di aplikasi Cabaca. Karena dilengkapi fitur pengaturan baca. Jadi kita bisa pilih background ketika kita membaca. Tersedia tiga pilihan. Lalu kita mengatur fontnya juga. Dan bisa mengatur mode baca, mau mode scroll atau swipe

Sistem baca novel di Cabaca ini dengan kerang. Jadi sediakan kerang yang banyak biar bisa baca novelnya ya. Kerang bisa kamu dapatkan dengan membagikan kode referral kamu. Atau bisa juga dengan top up melalui gopay. Selain itu, Cabaca juga punya solusi buat yang miskin sinyal atau fakir kuota loh. Cara dengan mengunduh novel yang akan dibaca.

unduh gratis bab di Cabaca
Unduh gratis

Awalnya saya bingung, mengapa di setiap bab novel yang saya baca tidak disertai dengan halaman. Terus untuk melanjutkan bacaannya bagaimana. Terus saya coba eksplor aplikasi tersebut. Ternyata kita bisa menggunakan penanda. Jadi di setiap kita berhenti di suatu kalimat di sebuah bab. Kita bisa menandainya dengan menyentuh kalimat tersebut. Lalu sudah deh terdapat tanda warna hijau tosca seperti warna logo Cabaca. Overall, aplikasi baca Cabaca ini rekomen untuk dicoba. Saya saja ketagihan baca nih. Apalagi lihat cover-cover bacaan di Cabaca, rasanya pingin baca dobel gitu, tapi nanti bikin nggak fokus makanya saya bacanya ngebut biar bisa ganti bacaan lagi yang sudah saya taruh di 'pustakaku'. 

Teman-teman sudah ada yang pernah baca di Cabaca? coba sini sharing rekomendasi judul bacaan di Cabaca yang sudah kamu baca. Barang kali nanti saya baca juga. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara baca di Cabaca, bisa nih disscuss di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar