Inilah Hal-hal yang Dapat Memicu Perut Kembung Pada Bayi

Ketika buah hati menjadi rewel dari sebelumnya, pastinya ada yang salah dari mereka. bisa disebabkan karena kondisi cuaca yang kurang baik, sampai dengan masalah kesehatan. Termasuk diantaranya adalah perut kembung. Banyak orang yang menganggap bahwa masalah kesehatan yang satu ini normal terjadi, juga bukan sesuatu yang patut untuk diwaspadai. Namun bisa saja sebenarnya perut kembung ini memberikan dampak yang berbahaya ketika tidak segera diatasi.
Hal-hal yang dapat memicu perut kembung pada bayi
Hal-hal yang dapat memicu perut kembung pada bayi
 
Umumnya perut kembung pada bayi dapat dikenali dari beberapa gejalanya, seperti sering kentut, sering bersendawa, ketika perut diraba akan terasa keras dan juga kesulitan untuk buang air besar.

Faktor pemicu perut kembung pada bayi:

1. Mengonsumsi Makanan yang Salah

Mengonsumsi makanan yang salah, termasuk diantaranya adalah jenis makanan yang banyak mengandung gas layaknya brokoli, kol sampai dengan kacang-kacangan. Bahkan makanan yang kurang higienis juga bisa menjadi pemicunya. Misalnya ketika botol susu yang digunakan tidak steril. Itulah mengapa penting memakai sabun pencuci botol bayi yang aman dan benar-benar ampuh membunuh kuman dan bakteri.

2. Makan dan Minum sambil Bermain

Makan dan juga minum sambil bermain, ketika diberi makanan atau minuman dan kondisinya sedang bermain, ini beresiko membuat perut kembung. Karena mereka menelan makanan cepat, sehingga lebih banyak juga udara yang masuk.

3. Kurang Minum

Kurang minum, ketika si kecil kurang mengonsumsi air atau susu formula akan menyebabkan perut mengalami sembelit dan juga diikuti dengan keluhan lain seperti perut yang kembung.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berserat Tinggi atau Berlemak

Faktor pemicu perut kembung pada pada bayi yang terakhir adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berserat tinggi atau berlemak. Karena terkadang ada sebagian bayi yang sensitif terhadap beberapa jenis makanan tertentu, sehingga menyebabkan masalah pencernaan.
 

Jika buah hati Anda mengalami kondisi semacam ini hendaknya segera diobati, salah satu cara mudahnya dengan menggunakan minyak telon bayi yaitu Sleek baby minyak telon, usapkan pada area perutnya. Cara yang satu ini dapat meredakan rasa kembung pada perut tersebut, juga mengeluarkan angin atau gas yang ada dalam perut.

2 komentar

  1. wah ini perut kembung gara2 kebanyakan makan makanan berserat itu dulu saya baru tahu pas anak di masa MPASI. akhirnya, dari situ kalo kembung malah kurang2in makan berserat dan perbanyak cairan. Thaks infonya Mbak

    BalasHapus
  2. oh iyaa, pemberian minyak telon emang ngaruh banget. biasanya dipijan ILU gitu. sampe sekarang masih dipraktikkan. Mayan sebagai pencegahan dan menciptakan bonding juga

    BalasHapus