A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Mengenal SehatQ.com dan Fitur-fiturnya

Halo, teman-teman. Apa kabar?

Pergi ke rumah sakit hanya untuk konsultasi terkait keluhan yang saya rasakan tampaknya menjadi pilihan yang sulit mengingat kondisi sekarang ini yang masih pandemi. Pergi ke rumah sakit untuk konsultasi berarti harus keluar rumah. Meksi mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, tetap saya ada rasa cemas dan takut, mengingat saya hidup sehari-hari bersama kedua orang tua yang sudah tidak muda lagi.  Ditambah informasi yang menyatakan bahwa orang tua termasuk golongan yang rentan terpapar virus Corona.

Sebab itulah saya mencari konsultasi kesehatan online di google. Ternyata cukup banyak situs yang menyediakan konsultasi kesehatan online. Salah satunya, situs SehatQ.com. 

Mengenal SehatQ.com
Mengenal SehatQ.com dan Fitur-fiturnya

Tentang SehatQ.com dan Fitur-fiturnya

Sebagian pembaca blog Ruang Hanat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs SehatQ.com. sebab situs ini sudah sangat terkenal. Saya merasa mainnya kurang jauh nih. Hehe.

Jadi, sehatQ.com merupakan situs kesehatan keluarga. SehatQ.com menyediakan beragam fitur-fitur yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi seputar kesehatan, produk kesehatan dan layanan konsultasi kesehatan dengan dokter pilihan.

Saat ini, SehatQ.com sudah tersedia versi aplikasinya, kita bisa mengunduhnya di playstore maupun AppStore dari smartphone kita. SehatQ.com memiliki beberapa fitur unggulan, seperti berikut:

Fitur-fitur sehatQ.com
Fitur-fitur di Aplikasi SehatQ

  • Toko SehatQ.com
  • Obat
  • Artikel
  • Tindakan Medis
  • Dokter
  • Rumah Sakit
  • Penyakit
  • Chat Dokter
  • Promo

Cara Menggunakan Aplikasi SehatQ

Sebetulnya bukan hal yang sulit, untuk menggunakan aplikasi dari SehatQ.com loh. Karena sudah sangat mudah sekali. Tapi, bagi teman-teman yang masih belum paham bagaimana menggunakan aplikasi kesehatan khususnya SehatQ.com ini, saya akan membagikan langkah-langkah menggunakan aplikasi SehatQ.com.

  1. Unduh aplikasi SehatQ dari smartphone
  2. Klik menu profil yang ada di pojok kanan bawah
  3. Pilih login (kamu bisa pilih login menggunakan google, facebook, maupun email)
  4. Jika sudah berhasil, masuk ke profil dan isi data-data yang diminta, seperti nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, tinggi dan berat badan, serta alamat.
  5. Klik simpan.

Setelah itu, kita sudah bisa mengakses beragam fitur yang ada di SehatQ.com sesuai dengan yang kita butuhkan.

Pengalaman Menggunakan Fitur-fitur di Aplikasi SehatQ

Seperti yang saya sebutkan di atas. Bahwa aplikasi kesehatan SehatQ.com ini terbilang cukup lengkap. Selain membaca beragam artikel kesehatan yang ada di SehatQ.com, terus mengetahui istilah-istilah medis di fitur tindakan medis, atau mengetahui jenis-jenis obat di fitur obat serta jenis-jenis penyakit dari abjad a sampi z. Kali ini saya akan membagikan cara mudah order produk di fitur toko SehatQ dan mudahnya menggunakan fitur chat dokter untuk konsultasi.

  • Mudahnya Membeli Obat dan Produk di Aplikasi SehatQ
Melalui fitur toko ini, kita bisa order obat maupun produk-produk kesehatan yang kita butuhkan. Ada delapan kategori yang memudahkan kita ketika ingin mencari obat atau produk yang akan kita order. 
Fitur Toko SehatQ.com
8 kategori di Fitur Toko SehatQ.com

Untuk order obat maupun produk di toko SehatQ ini mudah loh. Seperti saat kita membeli produk di ecommerce. Untuk metode pengirimannya kemarin hanya terdiri dari satu pilihan saja, yakni SiCepat reguler. Metode pembayarannya pun banyak, bisa melalui transfer virtual account, kartu kredit dan e-wallet. Jadi untuk pembelian produk melalui aplikasi SehatQ ini cukup mudah. Saya sangat berharap, supaya ke depan SehatQ menambahkan lagi beberapa pilihan untuk metode pengirimannya. Jika sudah membayar pesanan, tinggal duduk manis deh menunggu barang datang.

  • Menikmati Fitur Chat Dokter di Aplikasi SehatQ

Beberapa hari yang lalu menjadi pengalaman pertama bagi saya menggunakan fitur chat dokter yang ada di aplikasi SehatQ.com. Kebetulan sekali, pada saat itu, saya memang sedang takut untuk pergi ke rumah sakit. Apalagi sedang pandemi. 

Untuk melakukan chat dengan dokter, terlebih dahulu kita harus login. Lalu klik fitur chat dokter. Setelah kita diarahkan ke halaman chat dokter, kita disuguhi beberapa informasi seperti kolom pencarian dokter yang bisa kita manfaatkan untuk mencari dokter yang kita butuhkan, mulai chat gratis dan informasi tentang daftar dokter, asal rumah sakit, dan tarifnya. Nah, untuk chat dengan dokter secara gratis, langsung saja pilih bagian Mulai Chat Gratis. Kita diberikan dua kuota chat gratis dalam sehari. Dengan durasi satu kali konsultasi selama 30 menit. Bukan waktu yang sebentar, bukan?  

Halaman Fitur Chat Dokter SehatQ

Nah, setelah memilih mulai chat gratis kita akan diarahkan ke halaman daftar konsultasi. Kita isi kolom keluhan mengenai keluhan kita, bisa gejala, durasi, dan tindakan yang sudah kita lakukan. Jangan lupa untuk centang kotak sebagai tanda setuju dengan syarat dan ketentuan SehatQ. Klik lanjutkan. Nanti akan muncul di layar smartphone kita bahwa data kita sedng didaftarkan. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk terhubung dengan dokter yang akan menjadi tempat kita berkonsultasi.

Pertama kali konsultasi kesehatan online, saya cukup puas dengan jawaban dari dokter Vina atas beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Seperti apakah alergi bisa sembuh. Apa saja faktor yang menyebab alergi, dan tentang obat yang saya konsumsi selama terkena alergi. Dokter Vina juga memberikan saran kepada saya untuk rajin olahraga, jangan begadang, dan terus menjalani pola hidup. Sekitar 20 menitan  saya konsultasi dengan dokter Vina. Karena saya rasa sudah jelas jawaban yang diberikan oleh dokter, akhirnya saya mengakhiri konsultasi tersebut. Saya berkesempatan chat dengan dokter Vina Liliana, yang merupakan dokter umum. Saya banyak menanyakan perihal sakit dan keluhan tentang alergi udang. 

Saya terkesan sekali dengan konsultasi pertama saya dengan dokter Vina. Karena responnya sangat cepat, lalu penjelasannya juga sangat mudah dipahami. Di akhir konsultasi, tidak lupa saya memberikan rating bintang lima serta ulasan tentang dokter Vina.

Nah, itu dia pengalaman saya menggunakan aplikasi SehatQ.com. Buat teman-teman yang masih khawatir untuk pergi ke rumah sakit karena sedang pandemi, bisa memanfaatkan fitur chat dokter atau ingin mengajukan pertanyaan bisa juga di fitur forum tanya dokter melalui situs SehatQ.com.

Sekian tulisan saya tentang mengenal SehatQ.com dan fitur-fiturnya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman, ya! Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan. 

13 komentar

  1. Wah ada referensi baru nih buat konsultasi ke dokter secara online. Ntar aku bakal install di hp, biar bisa konsul kapanpun pas aku senggang. Kebetulan lagi ada yang mau aku tanyain soal kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih kak Wi, cocok banget buat kamu yang super padat. Nggak perlu harus pergi ke dokter

      Hapus
  2. Aku juga terbantu sekali dengan adanya SehatQ. Kemarin saya baca baca artikel tentang menstruasi juga lengkap. Tapi aku belum pernah order kak. Soalnya pas cek ongkir mayan mahal 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, kemarin pas mau order juga metode pengirimannya cuma satu. Semoga next SehatQ makin bervariasi ya metode pengirimannya

      Hapus
  3. Iya bener saya juga berharap metode pengirimannya dibanyakin. Kemarin saya dua dan ongkosnya setengah harga produk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba belinya beberapa Kak Talita, soalnya lagi ada promo ongkir juga minimum pembelian 75k loh

      Hapus
  4. Wih bisa konsultasi gratis selama 30 menit nih, bakalan puas banget pastinya. Bisa dicoba nih nanti, kbtln suami lg merasa butuh ke dokter gigi tp takut.. Kita memang perlu lebih ekstra menjaga kesehatan ya di masa pandemi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ghina, durasinya menurutku lama. Sampai udah di 20 menitan ajah udah aku akhiri karena emang udah dapat jawaban atas segala keluhan yang aku rasain

      Hapus
  5. Cocok buat yang jadwalnya padat, nggak bisa ke dokter bisa konsultasi online di sehatq. Itu kalo pake nggak gratis bayarnya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih pak guru Anas, solusi buat yang sibuk. Kalau nggak gratis itu bervariasi si tarifnya. Panjenengann bisa langsung cek saja di sehatQnya

      Hapus
  6. Wah info bgus ni, bisa jadi konsul online ni ttg kesehatan ku
    Aku mau kasi tau tmn2 ku yg lain dulu yaaa ......

    BalasHapus
  7. Wah kak Morer. Ayo ajak teman teman buat pakai SehatQ 😁

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu lho aplikasi SehatQ. Kan aku kadang kumat sakit giginya tuh, tapi masih takut kalo ke puskesmas atau rumah sakit. Bisa bantu banget inih. Etapi mudah-mudahan sih sehat selalu yak, apalagi suasana masih pandemi. Paling cucok kalo bisa konsul gratis dulu.

    BalasHapus