Seorang Blogger asal Banyumas. Suka baca buku dan jalan-jalan-jalan sambil kulineran.

Keseruan di Kelas Growthing

Hai, Fellas. Rasanya saya happy banget sudah bertahan selama tujuh belas hari di kelas Growthing. Saya belajar banyak hal yang berkaitan dengan blogging. Saya nggak nyangka banget, kalau saya bisa jadi salah satu peserta yang terpilih dari banyak orang yang daftar.

Anggapan saya bahwa ngeblog hanya sekadar nulis saja itu kurang tepat. Karena memang ngeblog bukan sekadar menulis terus posting dan selesai. Tapi ngeblog itu luas banget dan saya tahunya dari Kelas Growthing ini. Di kelas Growthing ini saya belajar SEO. Iya, tiga huruf yang selama ini bikin saya nyut-nyutan. Eits, tapi itu bulan kemarin ya, sebelum kenal kelas Growthing.

Belajar di Kelas Growthing

Apa si Kelas Growthing itu?

Belakangan ini banyak teman yang nanya. Kok kamu slow respon banget sih. Lagi sibuk banget ya? Yaps, Fellas, saya memang sedang sibuk banget. Meski saya kerja dari rumah, saya juga ketambahan sedang ikut kelas ngeblog. Inilah kelas blog yang sedang saya ikuti, Kelas Growthing. Demi kemajuan blog saya. Serius, saya betah banget di kelas ini. Banyak hal baru dan keseruan yang saya rasakan di kelas Growthing. Makanya rasanya nggak rela banget kalau sampai saya ditendang dari kelas ini. 

Kelas Growthing ini tempat belajar SEO terbaik si. Saya sedikit nyesel kenapa baru tahu ada kelas ini. Kelas yang digawangi oleh mas Irwin, mas Pewe, dengan timnya ada mas Baim dan mbak Monic ini membahas seluk-beluk tentang SEO. Awalnya saya sedikit keteteran karena ini pertama kali ikutan. 

Saya bersyukur tak terhingga, bisa jadi satu di antara 18 orang yang masih bertahan di kelas Growthing ini. Untuk bertahan sampai hari ini, banyak sekali proses yang saya lalui. Dari mulai membaca dan memahami setiap materi dari para mentor serta mengerjakan tugas dengan rules yang ajaib banget. Pokoknya rules-nya ini nggak bisa ditebak setiap ada tugas deh. 

Yang saya dapatkan di Kelas Growthing

Kelas Growthing yang saya ikuti ini adalah kelas gratis. Tapi kelas ini bukan kaleng-kaleng. Saya jadi merasa dapat durian runtuh nih bisa jadi salah satu peserta yang masih bertahan. Jadi apa aja benefit yang saya dapatkan dari kelas Growthing versi gratisnya ini? 

1. Materi SEO yang lengkap dan mudah dipahami

Sebelum masuk kelas Growthing, jujur dari hati yang paling dalam, saya tahunya kalau ngeblog hanya menulis saja, dan saya bagikan di sosmed saja. Itu saja, makanya pas saya dapat tawaran untuk review hotel di tempat saya tinggal, saya nggak lolos karena ternyata saya tidak memasang Google Analytics. Hilang sudah kesempatan emas itu. Ada lagi ketika saya ikutan lomba tapi ternyata artikel yang saya tulis tidak terindeks di Google. Waduh, apa lagi itu ya? Tanya saya waktu itu.

Sebenarnya kalau membaca di google pun bisa tapi namanya ilmu memang harus ada gurunya supaya lebih terarah. Jadi di kelas Growthing inilah semua pertanyaan tentang ngeblog saya dapati jawabannya. Dari mulai bagaimana memaksimalkan penggunaan Google Analytics, Google Search Console sampai bagaimana mengoptimasi artikel dan blog dengan menerapkan SEO. 

Baca juga; Belajar SEO Berkesan

Awalnya kupikir belajar tentang SEO itu bakalan rumit banget. Otak rasanya tidak sampai untuk memahami apa itu SEO, gimana cara kerjanya dan lain sebagainya. Semua mulai mudah ketika saya masuk kelas Growthing ini. Materi yang diberikan ini benar-benar dijelaskan dengan sederhana dan mudah dipahami. Dan kalau menemukan kebingungan pun seluruh mentor selalu menjawabnya. 

2. Dapat Teman Baru

Rezeki itu bukan hanya materi saja kan? Ya, masuk kelas Growthing dan dapat banyak teman baru adalah bagian dari rezeki yang saya syukuri. Meski awalnya saya modal sok kenal sok dekat, tapi teman-teman blogger yang saya dapatkan di kelas Growthing ini baik dan welcome banget.

Oiyah sebagai syarat agar bisa ikut materi kelas selanjutnya, saya harus mengulas nih dua teman blogger. Kali ini saya mau ngenalin ke Fellas, dua teman terpilih yang bakalan saya ceritakan di tulisan ini.

Adriana Dian 

Kenalin, namanya Adriana Dian. Saya manggilnya mbak Dian. Kesan pertama kenalan sama mbak Dian, lewat chat di WhatsApp, saya rasa mbak Dian ini orangnya baik dan welcome banget. Dan saya jadi enak kalau mau ngulik-nguliknya. Hehe. 

Teman Baru di Kelas Growthing

Ternyata setelah saya kepoin nih, mbak Dian ini serorang mama muda yang aktif ngeblog sejak tahun 2010 dan mulai menyeriusi di tahun 2016. Blog mbak Dian ini bertemakan parenting dan lifestyle. Jadi kalau Fellas lagi nyari seputar tips parenting, mampir saja di blognya mbak Dian yang beralamat di adriandian.com

Karena sudah lama terjun jadi blogger, prestasi yang dicapai oleh mbak Dian ini sudah banyak loh. Salah satunya, mbak Dian pernah dapat juara satu lomba blogger gathering DufanXVivaLova. Keren ya, Fellas.

Sapti Nurul Hidayati

Teman kedua yang saya akan ceritakan ke Fellas ini, asalnya dari Jogjakarta. Mana nih yang dari Jogja? Angkat tangan dong. Hehe. Namanya Sapti Nurul Hidayati. Saya panggilnya mbak Sapti. Sebetulnya saya sudah nggak asing nih sama mbak Sapti, karena ternyata sudah mutulan di beberapa sosial media. Saya malah sempat mengira kalau mbak Sapti ini bagian dari master chef Indonesia. Gara-gara saya baca username instagram @saptinurulmci. Hehe.

Kawan Baru di Kelas Growthing

Mbak Sapti ini Blogger kelahiran Yogyakarta yang saat ini juga masih tinggal di kota kelahirannya. Siapa nih di antara Fellas yang tinggal di Yogyakarta?

Di tengah kesibukkannya sebagai ibu rumah tangga, mbak Sapti juga aktif menjadi blogger. Ia aktif ngeblog sejak memutuskan untuk resign dari pekerjaannya, sekitar tahun 2016. Baginya ngeblog adalah tempat berbagi cerita dan pengalamannya. 

Nah, buat Fellas yang ingin membaca tulisan-tulisan mbak Sapti, bisa langsung meluncur ke blognya yang beralamat di cerryku.com. Di sana cukup lengkap loh, dari mulai kuliner, wisata, kesehatan dan gaya hidup, ada semua. 

For your information, mbak Sapti ini hobinya membaca buku, jalan-jalan dan kulineran loh, Fellas! Jadi buat kamu yang mau ngajakin mbak Sapti atau mau kerjasama bisa langsung kontak mbak Sapti ya.

3. Ilmu Hidup

Siapa bilang kelas ngeblog dapatnya cuma materi tentang blog ajah? Nggak! Saya malah dapat banyak ilmu hidup di kelas Growthing ini. Saya jadi lebih menghargai betapa berharganya waktu yang hanya 24 jam ini.

Pas awal-awal materi dan tugas dari kelas Growthing ini saya merasa keteteran memang. Tapi masuk ke hari berikutnya, saya sudah tahu ritmenya. Bagaimana membagi waktu antara kesibukan satu dengan yang lain, sehingga tidak ada satupun yang terbengkalai.

Saya juga belajar tentang keberanian. Saya seringnya kalau bergabung di grup komunitas gitu lebih banyak diam. Bukan apa-apa tapi memang saya tidak punya banyak keberanian. Lah, mau kenalan ajah kadang mikir seribu kali takutnya dibilang SKSD. Hehe. Tapi di kelas Growthing, saya mulai berubah jadi lebih aktif bertanya, aktif untuk mendapatkan jawaban atas kebingungan yang saya rasakan. 

Terus saya juga belajar untuk lebih teliti. Saya si memang orangnya udah teliti dan jeli dari sebelum kelas ini. Tapi melihat teman-teman yang kemarin dikick hanya kesalahan secuil karena kurang teliti, jadi nggak ada harapan lagi buat lanjut kelas. Ketelitian benar-benar dibutuhkan kalau kamu ikutan kelas Growthing ini.

4. Bonus Plus-plus

Benefit paling menarik yang terakhir adalah bonusnya plus-plus. Gimana nggak plus-plus, ikutan kelas Growthing ini bikin traffic pengunjung blog saya meningkat. Yang biasanya sehari nggak nyampe seratus. Sejak ikutan kelas Growthing, semua jadi bisa dicapai.

Terus, bonus lainnya adalah naiknya DA. Iya domain authority blog. Siapa si di antara blogger yang nggak mau domainnya naik dan tinggi? Itu kayaknya impian semua blogger deh hehe. Per hari ini, saya cek domain saya naik loh. Sebelum ikut kelas Growthing domain saya hanya 7 dan hari ini sudah naik jadi 10. Senang banget rasanya.

Ada bonus-bonus lain yang sangat worth it banget kalau kamu ikut kelas ini loh. Penasaran? Langsung chat mas Irwin ajah deh atau mas Pewe. 

Kelas Growthing Premium

O, iya buat Fellas yang ingin belajar banyak tentang SEO daftar ajah kelas Coaching SEO for Blogger. Kelas ini digawangi oleh mas Irwin dan mas Pewe dan timnya yang tentunya sangat ahli dalam per-SEO-an. Jangan bilang investasinya mahal dulu deh. Karena yang gratis ajah spektakuler banget kelasnya, gimana versi premium kelasnya coba? Pasti triple spektakuler dan yang pasti kalau premium, Fellas nggak bakalan kena kick dan tendangan Madun dari para coachnya. Pokoknya tenang deh nggak kayak kelas gratisnya yang tiap hari kami khususnya saya harus senam jantung dan salto depan laptop. Ya gimana nggak coba, kelas gratisnya Growthing ini nano-nano dan kayak roller coaster. Makanya mendingan ikutan yang premium class, biar aman dan tenang. Buruan ikutan daftar ya, biar kamu dan blogmu juga mengalami kemajuan nggak jalan di tempat.

Kelas Coaching SEO for Blogger dari Kelas Growthing
Klik Gambar untuk Daftar

Saya juga kalau ada rejeki, juga ingin ikutan kelas ini biar makin berkembang ilmu dan blog ya. Karena setelah masuk kelas Growthing saya jadi berpikir, ternyata ngeblog itu asik ya! Saya jadi mau seriusin ngeblog juga deh. Karena nunggu diseriusin sama dia nggak tahu kapan huhu. *Maap tjurhad*

67 komentar

  1. Wah keren dan seru banget kelasnya ya, jadi pengen ikutan juga ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mas, tiap hari salto depan laptop karena tugasnya banyak 😂 btw ini berkat mas Rusdiana juga, udah ngasih info kelas ini, makasih banyak ya mas 😬

      Hapus
  2. Jangan sampai di kick yah. Soalnya banyak yg berguguran tadi saya baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Koh, sekuat tenaga buat bertahan. Nanggung banget udah setengah jalan lebih 😬

      Hapus
  3. Aku mau juga dong ngikut kelasnya wkwkwk. Siapa tau bisa sekalian dapet jodoh, bukan hanya teman buakakak.
    Btw, makasih kak Hanat, udah ngeshare pengetahuan dan pengalaman kakak mengenai SEO melalui postingan ini. Sangat bermanfaat sekali buatku :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Denger denger mentornya masih ada yang single Wi hihi. Yoklah ikutan, katanya kamu mau ngeblog kan langsung belajar SEO ajah deh

      Hapus
  4. Halo, Mbak Hanat tim 2. Ayo..terus semangat sampai akhir kelas. Saya terus mendukung semua teman-teman. Soalnya sayang kalau sampai ditendang kayak saya hahaha.
    Saya pun bersyukur sekali ikut kelas Growht ini. Banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Makanya yang mau ikutan kelasnya, buruan. Rasakan sensasi dan keseruan kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, pak Ketua kami yang sering saya sambatin kalau bingung. mas Bambang, doain saya ya biar tidak kena tendangan Madunnya mas Irwin.

      Hapus
  5. Mantep banget emang kelasnya sih. Aku ngerasain banget lho Mbak, ilmu hidupnya. Jadi meski udah keluar, tetap aja kebawa sampe sekarang. Makin disiplin dan ogah sia-siakan waktu lagi. mbak Hanat, aku mendukung kamu. Maju terus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener. Saya ngrasain juga mbak Dian, bagaimana 24 jam ternyata sangat singkat banget. Siap, makasih mbak Dian, teman sambat yang kutemukan di kelas Growthing ini. Tetap temenan yaa. Lain kali kita mitap, masih dalam jangkauan soalnya 😬

      Hapus
  6. Mantap banget kelas berbayarnya. Pasti senang ya kak ikut terangkut menjadi peserta di kelas Growth ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini saya ikutnya kelas gratisnya mbak Iffia. Besok bakalan dibuka yang premiumnya, yuk daftar 😬

      Hapus
  7. Wah samaan nih aku sama Mbak Sapti: kami mulai ngeblog sejak resign dari kerjaan full-time.
    Keren loh, Mbak Hanat, bisa melakukan penyesuaian setelah 2 minggu. Mudah-mudahan sukses terus yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak Muna sama ya sama mbak Sapti, aku malah baru tahu. Kukira mbak Muna masih kerja. Btw mbak Muna kami kehilanganmu di grup 😣

      Cuma ngikutin mentor biar nggak ketendang mbak huhu. Makasih yaa, Amin. Sukses untuk mbak Muna. Kita masih saling kabar-kabar ya mbak 😬

      Hapus
  8. Selamat teman seperjuangaaaan. Aku yg terhempas duluan pun akhirnya DA naik jg mbak. Tm h greget pastinya di kelas selanjutnya nih. Karena masih kerasa kurang, akhirnya ku coba baca2 dan liat di yutub. Apalah daya, meski kurang memuaskan karena emang yg paling enak itu ya berguru lgsg yaa.

    Semoga tetep semangat dan bisa lulus sampe selesai ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, selamat mbak Ghinaaa. Turut senang DAnya naik. Kalau aku malah nggak bisa ngecek nih huhu bummer mulu. Iya mbak, bener. Belajar sesuatu tanpa guru rasanya gak afdol. 😬 amin, doain sampai finish ya mbak. Sukses untuk mbak Ghina, kita masih bisa saling sambat ya mbakkk

      Hapus
  9. Wah, mantep nih, bisa belajar dan mendapat ilmu juga. Aku jadi ingin ikutan kelas growthing. Semangat terus ya, semoga lulus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, belajar biar nggak ngrepotin mbak Ery terus nih 🙈 makasih banyak ya mbak sering aku repotin ini dan itu.. amin, semoga ga dikick

      Hapus
  10. masyaAllah teman2 blogerku ternyata banyak sekal yang ikut kelas growth ini. semangat ya mbak, kalian hebat sudah berjuang sampai sini, smg berhasil smp akhir mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tapi beneran ya kelas ini bikin ngos ngosan. Sempet keteteran tapi alhamdulillah bisa ngikutin. Makasih mbak Shafiraaa udah semangati, amin, semoga aku sampai akhir 😬

      Hapus
  11. seru yah kelas SEO ini aku jadi kepo kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo daftar kak Enyyy seru banget ini kelas. Jadi bisa upgrade SEO biar blognya dan kita makin maju hihi

      Hapus
  12. Kece memang cara ngajarnya coach irwin dan coach pewe. Aku baru ikutan kelas seo on page aja sama dua coach ini. Mo lanjut, sadar diri kalo waktuku belum luang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Chaaa. Wah pernah ikutan ya. Aku malah baru tahu kelasnya belum lama ini mbak. Alhamdulillah dikasih kesempatan buat belajaaar. Yuk luangin waktu siapa tahu kita ketemu di kelas mas Irwin x om Pewe

      Hapus
  13. Memang keren ni kk,,
    Bisa ikut kelas growth,, pasti makin bertambh ni pengtahunnya..
    Jdi pingin ikut dah kk...
    Btw share jga dong kk pnglaman belajr apa yg didpt di kelas growth

    Oya kk ttp smngt dan makin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makanya aku sering slow respon nih. Lagi ikutan kelas istimewa bin menegangkan ini 🤪😂

      Hapus
  14. Tetap semangat mbak. Semoga sampai akhir ya. Salalu update terus ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Lindaaa.. aamiin ya Allah. Mbak Linda juga sehat selalu ya 😬

      Hapus
  15. Wah sepertinya menyenangkan sekali ya kelas nya kaa😁 jadi pen ikutan jg apalagi benefit nya banyak bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Mel bonusnya ituloh. Yuklah ngeblog Mel 😂🙈🤭

      Hapus
  16. Aku pun prefer belajar pakai guru mba karena kalau ada kesulitan bisa tanya di tempat yang tepat. Kalau cari jawaban sendiri belum tentu sehari dua hari ketemu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, apalagi soal SEO duh lah, susah kalo belajar sendiri. Kecuali kalo udah kek om Pewe sama mas Irwin ya

      Hapus
  17. Nambah ilmu banyak ya beb, enak nih. Bersyukur banget ya bisa ikutan kelasnya. Aku pun ingin ikutan tapi nunggu anakku bisa disambi dulu hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beb ternyata ngeblog nggak cuma nulis posting terus selesai ya. Kacau banget aku baru tahu SEO baru baru ini 😭

      Hapus
  18. wah aku kenal nih sama adriana dian.. hehe. ini blogger blogger kece semua ya yang ikut kelas growthing. nggak ke bayang eliminasinya, semoga lulus semuanya. amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah teman mbak Dian ya? Salam kenal ya mbak Ana. Walah iya yang ikut keren keren, makanya aku minder banget mbak, aku pemula banget 😭

      Hapus
  19. Mantap nih belajar SEO. Udah mulai nyeriusin ngeblog nih. Semangat semoga nggak dikick ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mas doakaaan ya biar lancar hehe. Apa kabar Papua?

      Hapus
  20. Sebagai blogger belajar SEO memang harus, upgrade skill diri.
    Kapan2 aku bisa belajar ke mba hanya ttg seo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Mude baru kutahu kalo SEO itu penting banget buat seorang blogger. Tekat banget aku tahunya 😂😒🤦🏼‍♀️

      Hapus
  21. wah, seru banget, pengen dong ikutan kelasnya

    BalasHapus
  22. Keren sekali kelas growthing ini. Ilmu yang didapat enggak main main dan bonus yang menyertai sangat oke. Mendapatkan teman baru sesama blogger adalah bonus yang paling oke karena bagaimanapun teman dalam bidang yang sama akan memberikan dukungan yang positif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak dapat teman yang satu frekuensi ini menyenangkan banget bisa sharing tentang ngeblog juga. Salam kenal ya mbak 😬

      Hapus
  23. Ngeblog memang seasyik itu dan selamat sudah bisa lanjut terus di kelas Growthing yang santer kerennya ini. SUkses dan semangat semoga blognya tambah bagus lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Makasih mbak Dian.. semoga bisa nyusul jadi blogger kece kaca mbak Dian..saya banyak menyimak blog mba Dian juga. Pas kapan pernah menangin yang lomba blog di BI kan ya? Selamat ya mbak 😬

      Hapus

  24. Sampai sekarang 18 besar saja sudah pencapaian luar biasa.
    Semangat terus ya mbak sampai garis finish dan diwisuda.
    Pengen ngelirik kelas Growth premium ini, tapi nanti deh selesein satu satu dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Renov, salam kenal yaa. Alhamdulillah mba perjuangan banget ini, deg-degan senam jantung dan salto. Yuk, mba ikutan daftar premiumnya, kalo premiumnya gak bakalan kena tendangan Madun hehe

      Hapus
  25. Keren banget kelasnyaaa. Semoga bisa belajar terus bareng coach. Semangat kak.. Sukses selaluuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Lintang, sukses untuk kak Lintang juga ya 😬

      Hapus
  26. Mba Hanaat... Semoga kita bisa bertahan di kelas ini ya. Aamiin. Tetap semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mbak Mariaaa. Semangat mari kita taklukan para Coach 🤭

      Hapus
  27. Ini gimana sih kak biar bisa ikutan kelas ini. Aq pengin ikut lohh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kak tinggal klik bannernya ajah. Itu untuk kelas premiumnya. Kalau kelas yang aku ikuti gratis. Cuma denger denger ini terakhir yang diadain oleh mereka kepoin sosmed mereka ajah kak

      Hapus
  28. Hayuk Mba Hanat semangat menuju 3 org yg terpilih. Kabarnya yg tersisa ntar cm 3 orang. Lebih banyak coaches nya di kelas ya haha... Atau jangan² ntar mau diangkat jd coach lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seriusan mbak? Cuma tiga orang? 🤔 Ya Allah semoga aku bisa lolos. Kalau diangkat jadi Coach mah kayaknya nggak deh mbak aku masih harus belajar

      Hapus
  29. Aku angkatan pertama mbak. Dan selooow banget aku. Haha. .
    Tapi kelasnya keren nih. Gratis tp fasilitas premium. Beruntung bisa ke angkut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mbak Santi. Salam kenal. Wah angkatan pertama ya. Iya mbak ini gratis yang keren nih. Masyaaallah aku beruntung juga ya mbak bisa diangkut udah setengah jalan juga 😬

      Hapus
  30. Mau juga dong ikutan kelas Growthing ini,biar nambah ilmu tentang dunia blog ini, pastinya banyak hal baru yang didapat supaya tulisan kita di blog makin menarik minat pembaca,dan pastinya juga mendatangkan rezeki ya bonusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, senang banget bisa belajar SEO dan tambah teman. Amiin ya mbak semoga bonus mengikuti hihi

      Hapus
  31. Wah, kelas gratis saja sudah bagus sekali ya. Apalagi kelas premium. ADa kelas gratisnya lagi, nggak, ya. Mau merasakan keseruan dan upgrade sebisanya dulu, nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengar-dengar ini Kel terakhir, mbak. Tapi coba kepoin sosmed mas Irwin dan cees biar nggak ketinggalan infonya

      Hapus
  32. Dari tugas-tugas yang diberikan saya juga jadi makin paham kalau gaya nulis setiap blogger itu beda meski temanya sama. Keren banget :D

    BalasHapus
  33. Kelas yg nggak formal tapi bener2 disiplin dan teratur ya. Jadi pengen ikut. Semua udah terarah banget. Tinggal gmn kita bertahan.

    BalasHapus
  34. Semoga terus berlanjut, ya...

    BalasHapus
  35. Mantap mba Hana, sekarang lebih ketat ya nampaknya? Mudah-mudahan bisa bertahan sampai akhir. aamiin

    BalasHapus
  36. Congrats mbak, ilmunya pasti bertambah banyak ya. Entahlah para coach itu baik banget sih bagi-bagi ilmu gratisan, kurasa biar bertambah pahalanya ya Hihihi. Seru pasti kelasnya ya. DAnya melejit pasti... Sekali lagi selamat

    BalasHapus