Mengapa Memilih Layanan Colocation Server

Layanan teknologi untuk bisnis atau bisnis berbasis teknologi rasanya sudah bukan hal baru di era dimana teknologi sedang dan terus berkembang seperti saat ini. Salah satu layanan yang ditawarkan itu adalah penyewaan colocation server yang dilakukan oleh pihak ketiga. Colocation sendiri merupakan fasilitas berupa rack yang digunakan untuk menyimpan server yang mana colocation ini berada di sebuah pusat data atau data center. Colocation juga bisa diartikan sebagai sebuah tindakan mempercayakan perawatan hardware dan keamanan server pada pihak ketiga di dalam sebuah pusat data. 

Memilih Layanan Colocation Server
Colocation Server

Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Jasa Colocation Server 

Adanya layanan penyediaan colocation oleh pihak ketiga ini tentu semakin memudahkan Anda sebagai pemilik server. Anda tidak perlu lagi memikirkan kegiatan monitoring dan kontrol terhadap server yang Anda tempatkan di dalam pusat data dimana rack penyimpanan server itu berada. Jika dibandingkan dengan membangun sebuah data center sendiri, menyewa fasilitas colocation server memang lebih menguntungkan. Dengan menyewa fasilitas ini, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Lebih Efisien 

Seperti yang sudah sedikit disebutkan sebelumnya, menggunakan layanan colocation ini memberikan manfaat efisiensi yang lebih tinggi. Apalagi jika pengguna layanan ini adalah perusahaan-perusahaan yang sudah pasti kebanyakan waktunya digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya layanan penyewaan colocation ini Anda tidak perlu lagi memikirkan perawatan maupun maintenance server yang pastinya sangat menyita waktu. Pihak ketiga sebagai penyedia layanan akan melakukan semua tugas maintenance ini.

2. Keamanan Tingkat Tinggi 

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari adanya layanan colocation server  ini adalah keamanan yang terjamin. Tingkat keamanannya yang tinggi ini jugalah yang menjadi alasan utama mengapa layanan ini lebih dipertimbangkan untuk menyimpan server. Colocation yang disimpan di dalam sebuah pusat data dijamin memiliki fasilitas keamanan tinggi, baik dari gangguan fisik maupun virtual.

3. Sistem dan Teknologi yang Terstruktur 

Setiap penyedia layanan penyewaan colocation seperti yang ditawarkan oleh nexdatacenter.comsudah pasti menggunakan teknologi dan sistem terbaru yang selalu up to date. Teknologi dan sistem yang disediakan pasti terstruktur, mulai dari sistem dan teknologi anti-virus, hingga upgrade sistem. Ditambah lagi server yang berjalan selama 24/7 secara otomatis yang semakin memudahkan dalam pengawasannya. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena ketika nantinya ada kejanggalan atau masalah, akan ada sistem pada pusat data yang memberi informasi. Hingga kemudian, kendala dan kejanggalan tersebut bisa segera diatasi.

4. Pengeluaran Anggaran Lebih Hemat 

Manfaat selanjutnya yang menjadi pertimbangan tak kalah penting mengapa layanan colocation server ini banyak dicari adalah karena faktor budget yang lebih efektif. Jika dibandingkan dengan membangun sebuah pusat data sendiri dari awal, maka layanan colocation ini jauh lebih hemat budget. Belum lagi jika membangun sebuah pusat data sendiri, Anda masih harus menyediakan tenaga khusus untuk perawatan dan maintenancenya. Hal tersebut sudah pasti membuat pengeluaran biaya perawatan dan pengelolaan server semakin membengkak. Maka dengan menyewa layanan colocation, Anda sudah bisa mendapatkan layanan lengkap dengan budget yang lebih hemat. 


Perangkat server merupakan perangkat yang berperan sangat penting dalam pengelolaan dan penyimpanan data dan informasi digital. Maka, penempatan perangkat server ini pun harus diperhatikan dengan baik. Umumnya perangkat server ini disimpan di dalam sebuah rack khusus pada data center yang bernama colocation server. Menggunakan layanan colocation yang ditawarkan oleh pihak ketiga adalah pilihan terbaik bagi Anda para pemilik server. Berbagai manfaat yang disebutkan di atas akan Anda dapatkan.

Baca juga: Fungsi dan Tips Office Partition untuk meningkatkan produktivitas




Tidak ada komentar

Posting Komentar