A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Fungsi dan Tips Office Partition untuk Meningkatkan Produktivitas

Perusahaan ingin produktivitas tinggi dari karyawan dengan biaya sekecil mungkin. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka mendesain dan menyiapkan office partition. Jika bekerja di dalam ruangan, Anda akan menemukan satu lantai terdiri dari beberapa partisi dan sekat kecil. Masing-masing berisi karyawan yang mengerjakan pekerjaan tertentu. Mereka memiliki meja dan ruang pribadi sehingga lebih fokus. Agar lebih optimal, desain dan konfigurasi partisi tersebut harus tepat. Selain itu, bahan dan instalasi tidak menyalahi aturan. Yang terpenting adalah mampu meningkatkan produktivitas. Penjelasan lebih lanjut mengenai topik tersebut akan dibahas pada bagian berikut ini.

Fungsi dan Tips office Partition untuk meningkatkan produktivitas
Office Partition

Lebih Lanjut tentang Office Partition

1. Desain dan Konsep

Semuanya berawal dari desain dan konsep. Office partition membutuhkan ide yang sesuai dengan kebutuhan. Karena penggunaanya untuk kantor, Anda tidak perlu terlalu fokus ke tampilan. Desain dan konsep harus efisien dan praktis. Artinya, partisi bisa diterapkan dan sesuai dengan apa yang memang dibutuhkan. Ada beberapa ide untuk partisi kantor. Yang paling umum adalah satu cubicle untuk satu karyawan. Cara lain adalah partisi kelompok dimana satu cubicle besar untuk beberapa orang. Ide pertama lebih fleksibel karena mampu menjaga privasi dan mempertahankan konsentrasi. 

2. Bahan dan instalasi

Setelah ide sudah siap, langkah selanjutnya adalah menentukan bahan dan instalasi. Office partition menggunakan bahan yang berkualitas dan mudah ditemukan. Anda bisa memakai gypsum, kaca, kayu, dan lainnya. Bahan tersebut dapat dikombinasikan sehingga bisa meningkatkan efisiensi biaya. Anda juga harus memperhatikan fungsi dari partisi. Kantor membuat ruangan khusus untuk konsultasi bagi customer. Bahan di masing-masing partisi harus kedap suara atau tidak mudah didengar dari ruangan lain. Partisi yang menggunakan pintu juga membutuhkan kunci dan sistem keamanan. Untuk partisi terbuka, bahan bisa dikurangi karena sekat hanya sebatas pembatas formal. 

Instalasi membutuhkan bantuan tenaga berpengalaman. Bahan disesuaikan dengan kondisi ruangan seperti lantai dan dinding. Ketika install partisi, ada kemungkinan ruangan tersebut mengalami perubahan. Oleh karena itu, pilih bahan dan desain dari provider berkualitas seperti arkadiafurniture.co.id.

3. Biaya dan perawatan

Perusahaan mengalokasikan sejumlah biaya untuk pembuatan partisi. Mereka membandingkan antara satu ide dan lainnya yang memberikan produktivitas terbaik. Biaya untuk office partition termasuk perawatan. Mereka tidak ingin apa yang sudah di install mengalami kendala. Jika partisi ada kaca, ada biaya untuk kebersihan. Untuk partisi kayu, ada pengecekan berkala untuk memastikan tidak ada yang lapuk. Setiap material dan desain memiliki cara tersendiri untuk proses perawatan. Perusahaan mengalokasikan sejumlah dana perawatan tersebut sebagai bagian dari maintenance ruangan dan perangkat kantor. 

4. Tips berguna

Perlu Anda ketahui, partisi kantor bukan hanya untuk perusahaan besar di gedung dengan ruangan luas. Anda juga bisa menerapkannya di rumah atau ruangan lain yang secara khusus diperuntukkan untuk kantor. Desain dan ide mungkin berbeda karena kantor di rumah cenderung mengikuti gaya dan kenyamanan pemilik. Akan tetapi, aspek efisiensi jangan sampai terlupakan. Anda bebas memilih ide dan partisi dengan model apapun. Semuanya harus diterapkan dengan tepat sehingga berbanding lurus dengan produktivitas.

Penggunaan office partition membutuhkan analisis sehingga biaya dan fungsi dapat seimbang. Perusahaan ingin hasil optimal jadi memilih partisi yang mampu memberikan peningkatan produktivitas. Selain itu, mereka juga menyiapkan dana untuk perawatan dan memilih bahan terbaik dari vendor terpercaya. Anda tidak perlu bingung mengenai hal tersebut karena sudah ada arkadiafurniture.

1 komentar

  1. Kalo di tempat kerjaku sama mbak satu kubikel satu orang. Tapi ya gitu sekatnya antar satu karyawan dg yg lain berdekatan

    BalasHapus