A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Pengalaman Daftar Monetisasi YouTube 2020

Assalamualaikum, teman-teman. Apa kabar?

Mau cerita nih. Minggu-minggu ini lagi senang banget. Alhamdulillah, setelah tujuh bulan lebih, dengan semangat yang up and down, akhirnya channel YouTube saya disetujui untuk YouTube Partner Progam.

Kali ini saya mau cerita sedikit nih, tentang pengalaman saya mendaftar monetisasi YouTube dan disetujui dalam waktu tiga hari saja. Keep scrollling ya!

Daftar monetisasi YouTube 2020
Daftar Monetisasi YouTube 2020


Channel YouTube Telah Memenuhi Syarat Monetisasi

Tanggal 30 Oktober 2020, ketika saya iseng cek tab monetisasi Youtube di creator studio, channel saya sudah mendapatkan sekitar 1200an subscriber dan 4000an jam tonton. Itu artinya saya sudah bisa mendaftarkan monetisasi. Saya menunggu email terlebih dulu dari YouTube yang memberitahukan channel saya sudah bisa dimonetisasi. Tapi ternyata saya belum dapat di hari itu.

Syarat monetisasi Youtube
Syarat Monetisasi YouTube


Lalu, tanpa menunggu email tersebut, saya langsung daftar saja. Karena saya pun sudah sering menonton video tutorial daftar monetisasi di YouTube. Karena sudah tidak ingin menunggu berlama-lama jadi saya langsung daftar monetisasi YouTube. 

Baca: Cara Mudah Custom URL Channel YouTube

3 Tahap Daftar Monetisasi 2020

Ternyata, mendaftarkan channel YouTube untuk monetisasi tidak sulit, teman-teman. Yang terpenting channel YouTube kita sudah memenuhi syarat awal seperti 1000 subscriber dan 4000 jam tonton, dan bebas pelanggaran. Maka kita sudah bisa mendaftarkan channel kita untuk dimonetisasi. Simak yuk, 3 tahap daftar monetisasi Youtube terbaru 2020.

1. Review Partner Progam Terms

Tahap pertama yang harus kita lewati ada menyetujui semua peraturan untuk Progam Partner YouTube. Di tahap ini kita mencetang (checklist) sebagai tanda setuju untuk mengikuti semua peraturan terkait monetisasi dan progam partner YouTube. Setelah muncul tulisan Done warna hijau, itu tandanya tahap pertama sudah selesai. Dan kita bisa melanjutkan untuk tahap kedua, yakni Sign up for Google AdSense.

Tahap 1 Monetisasi YouTube


2. Daftar Google AdSense

Selanjutnya yang harus kita lakukan adalah daftar atau membuat akun Google AdSense. Perlu kamu ketahui, di bagian ini nanti akan diberikan pertanyaan, apakah sudah punya akun Google AdSense. 

Pas saya daftar, saya memilih untuk ya saya sudah punya akun Google AdSense karena memang saya sudah pernah mendaftar sebelumnya untuk kebutuhan monetisasi blog saya. Lalu saya tinggal mengkaitkan akun Google AdSense dengan YouTube.

Tahap 2 Monetisasi YouTube

Tapi jangan khawatir jika kamu belum punya bisa pilih, jawaban lain seperti tidak punya. Maka nantinya akan diarahkan untuk mendaftar Google AdSense. Dan untuk kamu yang belum tahu tentang Google AdSense bisa memilih jawaban tidak tahu. Nanti akan diberikan penjelasan. Sebeiaknya, sebelum daftar monetisasi kamu perbanyak menonton video di YouTube atau baca artikel tentang cara monetisasi Youtube ya.

3. Peninjauan oleh Pihak YouTube

Setelah dua tahap selesai. Tahap terakhir adalah peninjauan channel oleh pihak YouTube. Saya pernah menonton video terkait proses peninjauan tiap masing-masing channel itu berbeda. Ada yang hanya satu hari langsung disetujui. Ada pula yang tiga hari. Lalu ada juga yang sampai 3-4 Minggu. Bahkan berbulan-bulan. Katanya, tergantung dengan antrian yang masuk. Tapi apapun itu, yang jelas hanya pihak YouTube yang tahu.

Channel YouTube disetujui Monetisasi

Tanggal 2 November 2020, tepatnya sekitar jam 5 sore lebih 17 menit. Saat saya mengajar anak-anak les, saya mendapati notifikasi ada email masuk. Begitu saya buka, saya langsung terharu. Channel YouTube saya disetujui dan dimonetisasi oleh YouTube. Kabar bahagia ini semakin melengkapi kebahagiaan lain yakni ibu saya sembuh dari sakitnya. Alhamdulillah.

Congrats Monetisasi YouTube
Email Monetisasi dari YouTube 


Untuk teman-teman yang sudah subscribe channel Hanat Futuh dan nonton video-video saya, terima kasih banyak ya. Semoga saya selalu bisa memberikan video yang bermanfaat. Dan tetap semangat untuk kamu yang masih berjuang untuk dimonetisasi. Sebab, hasil tidak akan mengkhianati proses. Tetap semangat, ya!





1 komentar

  1. Wah, selamat ya mba hanat, channel youtubenya udh bisa di monetize 😁, di tunggu traktiran onlennya wkwk

    BalasHapus