A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Merawat Ingatan dengan Ngeblog

Selamat hari blogger nasional, teman-teman blogger di seluruh nusantara. Ini merupakan tahun ke tiga bagi saya bisa ikut meramaikan dan merasakan semangat hari blogger nasional.

Menjadi blogger bagi saya bukan hanya sekadar aktivitas menyenangkan, tapi ngeblog menjadi salah satu cara untuk terus merawat ingatan dengan menulis. 

Pertama Kali Saya Ngeblog

Di hari blogger nasional yang jatuh hari Rabu, tanggal 27 Oktober, saya jadi ingin mengajak teman-teman pembaca blog hanatfutuh.com untuk tahu bagaimana perjalanan awal mula blog ini ada hingga sampai hari ini saya masih terus merawatnya.

Curhat, dan tugas dari dosen. Saya suka sekali curhat di blog. Saya semacam menjadikan blog ini sebagai buku diary elektronik. Dan tidak hanya itu, saya juga menjadikan blog ini menjadi media untuk menyimpan tugas-tugas makalah saya selama kuliah. Kalau di lihat lagi arsip blog lama, pasti saya bawaannya ingin tertawa membaca isi blog yang penuh curhatan.

Singkat cerita, saya pernah menang kuis dan hadiahnya domain dot.com dari Jagoan Hosting. Hingga sampailah saya memiliki blog yang berdomain tidak gratisan

Ikutan Kelas Ngeblog, Blogger Challenges dan Lomba Blog

Menjadi blogger adalah tantangan bagi saya. Sebab, saya otodidak sekali. Saya bahkan tidak banyak tahu tentang teknis dari ngeblog. Bagai mana menulis artikel yang SEO, bagaimana tampilan blog yang baik, dan apa itu DA maupun PA blog, serta masih banyak hal lain yang belum saya mengerti. 

Beruntung, saya memiliki semangat belajar yang tinggi untuk mempelajari apa yang belum saya mengerti. Mulai mengikuti kelas ngeblog yang dibuka secara gratis maupun berbayar. Lalu baca-baca artikel seputar ngeblog di internet dan masih banyak lainnya.

Selain itu, saya juga ikutan beragam blogger challenge dan lomba Blog. Meski saya belum pernah keluar jadi juara pertama, tapi saya tetap senang, saat saya bisa mengikuti challenge maupun blog hingga selesai. Apalagi kalau dapat hadiah ya, pasti senang sekali. Dapat hadiah dari blogger challenge maupun lomba blog baru hitungan jari.

Baca juga: Alasan Saya Ngeblog 

3 Tahun Jadi Blogger: Apa yang saya dapatkan? 

Tiga tahun, tentu bukan waktu yang sebentar bagi saya. Karena tiga tahun ini, banyak hal baik yang saya dapatkan dari ngeblog. Berikut adalah hal-hal yang saya dapatkan dari ngeblog:

Teman satu frekuensi

Kamu tahu, bagaimana happy-nya menemukan dan mendapatkan teman yang sama-sama suka menulis di blog? Tentu saja saya senang sekali. Apalagi bisa ketemu langsung. Dan bisa ngobrol banyak seputar dunia blogging. Mendapatkan teman satu frekuensi adalah sebuah rezeki yang patut untuk disyukuri. 

Sampai saat ini, alhamdulillah berkat ngeblog, saya memiliki teman dari berbagai daerah di Indonesia. Meski belum pernah jumpa, tapi setidaknya kami berkomunikasi dengan baik, sehingga suatu saat jika ingin silaturahim dan liburan ke suatu daerah, bisa berjumpa dengan mereka.

Mendapatkan Uang dari ngeblog

Uang menjadi bonus yang sangat tidak terduga yang saya dapatkan dari ngeblog. Memang tidak instan. Butuh waktu dan proses sampai pada ngeblog bisa dibayar dan dapat uang. Selain itu, banyak tawaran kerja sama yang sejak dua tahun lalu saya dapatkan, hingga hari ini. Saya tidak menyangka juga, bahwa blog saya bisa menghasilkan uang. 


Nah buat teman-teman yang ingin memulai atau sedang menikmati masa awal-awal ngeblog, tetap semangat, terus tekun dan istiqamah ya. Jadikan ngeblog sebagai aktivitas berbagi yang menyenangkan. Teruslah menulis karena menulis adalah cara terbaik untuk terus merawat ingatan.

Semoga di tahun ketiga saya menjadi blogger ini, bisa terus menjadi pengingat saya untuk terus giat lagi dalam ngeblog dan bisa melahirkan tulisan-tulisan organik dan semoga juga makin banyak tulisan sponsored ya. Biar makin mengalir cuan di rekening. Hehe.

Selamat Hari Bogger Nasional. Terus merawat ingat dengan menulis.












2 komentar

  1. Saya memulai blog sejak tahun 2015 dan awal mulanya karena tertarik membuat ulasan buku-buku yang sudah saya baca. Ini sejalan dengan tujuan Kak Hana ngeblog, yaitu merawat ingatan. Jadi, dengan membaca blog saya bisa mengingat isi buku yang dulu pernah dibaca.

    Saya juga otodidak, bahkan jarang banget mengupdate ilmu-ilmu soal ngeblog. Jadi, sampai dengan hari ini saya merawat blog dengan alasan, saya menyukai kegiatan ngeblog ini, hehe

    BalasHapus