A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Pertama Kali ke Warung Makan Putri Gunung

Assalamu'alaikum, teman-teman. Rasanya lama banget aku nggak nulis tentang kulineran ya. Karena kehadiran pandemi covid-19 yang mendadak, bikin kita kaget dan keadaan jadi nggak stabil.

Selasa kemarin, aku diajak pergi makan nih sama kakak Ayu ke sebuah rumah makan yang homey dan unik banget. Letaknya ada di desa di Baturraden. Kamu bisa menebaknya? Yaps, Warung Makan Putri Gunung. Untuk detail lokasinya, kamu bisa cek di sini ya.


Perjalanan dari kota Purwokerto, ke warung makan ini lumayan dekat. Tapi sedikit jauh. Eh gimana ya?
Ini adalah kali pertama aku makan di sini. Padahal aku sempat tinggal di Purwokerto. Tapi ternyata mainku kurang jauh. Warung makan enak gini, aku baru tahu di tahun 2021. Duh.

Warung Makan Putri Gunung: Homey dan Unik

Warung Makan Putri Gunung, merupakan salah satu rumah makan di Banyumas yang memiliki konsep unik dan cukup berbeda dari rumah makan pada umumnya. Warung makan tersebut berlokasi di desa Kemutug Lor, kecamatan Baturaden, kabupaten Banyumas. Meski lokasinya lumayan jauh dari kota Purwokerto, dan harus masuk gang, nyatanya warung makan yang satu ini sangat populer bagi orang-orang lokal maupun dari daerah lain.

Warung makan ini memiliki konsep bangunan dan perpaduan kayu dan dinding serta atapnya dari bambu. Nggak hanya itu, untuk furniturenya yakni meja dan bangkunya pun dari kayu yang tebal. Bisa dibayangkan bukan?

Warung makan ini terbilang cukup besar si untuk ukuran warung makan. Aku pikir malah kayaknya kalau mau bikin acara ulang tahun atau resepsi di outdoor bisa nih sewa bentar warung makan ini. Hehe. Canda ya.

Review Makanan dan Harga di Warung Makan Putri Gunung

Pas baca menunya, kok ini masakan rumahan banget ya. Apalagi dari menu untuk sayuran. Ada gendot, ada pakis, ada kembang gandul (bunga pepaya), daun singkong dan lain sebagainya. Pokoknya bahan-bahan untuk sayurannya bisa ditemukan di sekitar rumah. Dan di Warung makan ini menunya menggunakan bahasa Jawa, loh. Unik ya! 


Kemarin, kami, saya dan teman-teman, memesan ayam burus, ayam bakar, ikan gurameh bakar, mendoan, tumis kangkung pete, dan lembutan, serta lainnya. Untuk ayam burusnya, kebetulan ini pesanan saya, saya suka si tekstur ayamnya yang lembut. Cuma memang luarnya agak kurang garing, karena saya penganut bagian luar ayam harus kering. Hehe. Nah ayam burus ini, ternyata ayam yang dikasih parutan laos yang udah kering gitu macam serundeng, cuma bukan serundeng kelapa tapi serundeng laos. Untuk guramehnya, enak. Bumbunya strong. Seger gitu. Karena banyak potongan tomat nya.

Berikut aku lampirkan menu beserta harganya ya, supaya kamu bisa lihat dan baca terlebih dahulu sebelum on the way lokasi.









Fasilitas Warung Makan Putri Gunung

Sedikit cerita ya. Sebenarnya, makanan di Warung makan Putri Gunung ini beneran enak dan harganya kompetitif ya. Nah, kalau kamu ke sini, sebaiknya kamu dalam kondisi benar-benar lapar, dan perginya ramai-ramai alias rombongan. Karena porsi makanan di sini menurutku banyak. Tapi, misal kamu memang nggak habis, tenang saja ya. Soalnya di warung makan disediakan plastik pembungkus untuk membungkus makanan kamu yang masih tersisa banyak bahkan mungkin belum sempat kamu makan.

Selain menyediakan fasilitas plastik untuk membungkus makanan, tentu saja di sini tersedia toilet dan juga musala untuk salat. Untuk kamar mandi dan musalanya juga bersih. Jadi memang terawat supaya para pembeli yang datang tidak kecewa dengan fasilitas yang mereka sediakan.

Nah, segitu dulu ya cerita aku makan di Warung Makan Putri Gunung. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi kuliner untuk kamu saat sedang berlibur ke Banyumas. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Wassalamu'alaikum.












Tidak ada komentar

Posting Komentar