A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Teknik Dasar Makeup Pemula

Halo, teman-teman pembaca blog Ruang Hanat. Siapa di sini yang suka makeup-an?

Ternyata belajar makeup itu gampang-gampang susah loh. Itu untuk aku pribadi ya. Banyak banget serba-serbi makeup yang harus kita ketahui sebelum menggunakannya. Coba, kamu ingat-ingat, kapan pertama kali kamu bisa makeup atau belajar makeup?


Kalau aku sendiri, belajar makeup pas duduk di bangku kuliah. Itu pun sebatas di permukaan saja, nggak semuanya aku tahu dan bisa praktekin. Dengan kata lain, aku benar-benar pemula pada saat itu dan sekarang sudah mulai ada progressnya. a beberapa hal yang aku pelajari tentang teknik dasar ber-makeup untuk kerja kantoran nih  Simak ya.

Teknik Dasar Bermakeup Bagi Pemula

Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah poin utama yang perlu dilakukan sebelum bermakeup. Kondisi wajah yang bersih tentunya akan dapat membantu kulit kita agar tidak berjerawat. Untuk itu, membersihkan wajah menjadi langkah wajib yang harus dilalui.

Menggunakan Rangkaian Skincare

Tahapan kedua ini juga wajib loh. Sebab, menggunakan skincare sebelum bermakeup akan membantu kondisi kulit wajah kita agar tidak rusak dan wajah lebih siap untuk di makeup. Kalau aku biasanya menggunakan skincare mulai dari toner, eye cream, serum, dan moisturizer. Tapi, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu ya. Karena setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda-beda.

Menggunakan Concelear

Sebenarnya, di langkah ketiga ini yakni menggunakan concelear ini kamu bisa melewatinya, tapi kalau memiliki kondisi kulit wajah di bagian mata yang kurang bagus dan terdapat bintik hitam, alangkah baiknya gunakan concelear ini untuk menutup bintik hitam di bagian bawah mata. 

Menggunakan Foundation dan BB 

Nah, kalau foundation sebenarnya jarang banget aku pakai. Sebab, rata-rata aku pakai make up yang ringan jadi lebih sering menggunakan BB cream. Sedangkan untuk acara tertentu dan butuh make up yang sedikit berat, aku selalu pakai foundation. Nah, menggunakan foundation dan BB cream juga harus disesuaikan dengan warna kulit wajah kamu ya, biar warnanya tercover bagus. Jangan sampai salah warna. Karena seperti pengalaman aku nih, karena salah pilih warna foundation malah wajah jadi berwarna abu-abu.

Menggunakan Powder atau Bedak

Selanjutnya adalah menggunakan bedak. Pemilih bedak ini juga sangat penting sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah loh. Sebab, setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda-beda. Misalkan saya, kondisi kulit wajahnya normal to dry. Jadi sebisa mungkin hanya tipis-tipsi saja menggunakan bedaknya.

Menggunakan Blush On

Agar make up kamu tidak terlihat pucat, mengaplikasikan blush on dengan warna yang cerah adalah kunci agar wajah kamu tampak segar. Tapi perlu dicatat, pemilihan warna blush on juga harus disesuaikan dengan warna kulit wajah kamu. Supaya hasilnya tampak lebih bagus. Karena kalau salah memilih dan menggunakan warna blush on khawatirnya makeup kamu akan terlihat menor dan aneh.

Menggunakan Lipstik

Menggunakan lipstik juga bagian penting dari teknik dasar ber-makeup. Sebab, jika riasan wajah sudah cantik, maka bagian bibir jangan sampai lupa untuk diaplikasikan lipstik. Supaya tidak terlihat pucat. Pemilihan warna lipstik juga harus disesuaikan dengan riasan makeup wajah, supaya telihat makin cantik. Jika riasan wajah kita lebih cenderung natural, maka pilihlah warna-warna soft dan kalem. 

Makeup untuk Mata

Nah nggak hanya wajah saja nih. Mata juga bagian penting yang nggak boleh dilewatkan saat bermakeup. 

Menggambar Alis

Ini adalah langkah yang gampang-gampang sudah. Kalau aku biasanya hanya menggambar garis alisnya saja. Sebab alis aku sudah terlalu tebal, hanya tinggal dirapikan saja. Supaya lebih terlihat simetris.

Menggunakan Eyeshadow

Untuk riasan bagian kelopak mata ini, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan momen. Misal kita ingin terlihat atau terkesan natural, bisa menggunakan satu warna saja. Dan jika ingin terlihat lebih ramai, maka kita bisa menggunakan dua atau lebih warna eyeshadow.

Menggunakan Eyeliner

Bagian yang menurutku penting saat make up mata adalah eyeliner. Mungkin kalau aku harus ada yang diskip, maka aku bakalan skip eyeshadow dan lebih memilih eyeliner. Sebab menggunakan eyeliner itu karena bertujuan untuk mempertegas garis mata supaya terlihat lebih tajam dan menarik. Menggunakan eyeliner juga harus hati-hati dan sebisa mungkin tipis jangan terlalu tebal. Nah, untuk mendapatkan garis mata yang bagus, salah satu produk rekomen itu adalah eyeliner waterproof. Sebab eyeliner jenis ini dapat bertahan lebih lama meski terkena airair sehingga tidak mudah luntur. Jadi, kamu pilih eyeliner yang waterproof atau biasa saja nih? Kalau aku sendiri lebih memilih yang waterproof karena biar tidak touch up meski terkena air. 









Tidak ada komentar

Posting Komentar