A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

4 Hal yang Saya Lakukan untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Sejak merebaknya virus COVID-19 di Indonesia dan berdampak buruk pada banyak sektor seperti ekonomi dan juga kesehatan. Saya jadi semakin aware dengan kondisi kesehatan saya maupun kesehatan orang-orang tersayang di rumah. Apalagi, di rumah saya memiliki orang tua yang usianya sudah tua. Di samping itu, Ibu saya juga sempat melakukan rangkaian pengobatan seperti kemoterapi.



Di masa pandemi seperti ini, menjaga pola makan dan tidur menjadi sangat penting sekali. Sebab, jika kita tak menjaganya akan berpengaruh pada kondisi tubuh. Sebab itu, melakukan olahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan dan imunitas tubuh.

4 Hal yang Harus dilakukan Agar Imunitas Tubuh Terjaga:

1. Olahraga

Bagi saya olahraga itu memang sesuatu yang sedikit berat untuk dilakukan. Sebab, banyak alasan yang mendukung untuk tidak olahraga. Semisal capek pulang kerja, akhirnya rebahan. Tapi mengingat saya sempat sakit dan mudah drop, akhirnya saya mulai lagi untuk membiasakan diri berolahraga. Biasanya saya olahraga ketika sehabis bangun pagi, lima belas menit untuk olahraga.

2. Perbanyak Air Putih

Membiasakan minum air putih pada pagi hari itu sulit sekali. Bahkan nggak hanya saya, ibu dan bapak saya pun merasa eneg jika harus mengonsumsi air putih di pagi hari. Tapi, pelan-pelan kami mulai terbiasa. Mengonsumsi air putih sebanyak dua liter per hari juga baik untuk tubuh, loh. 

3. Konsumsi makanan yang bergizi dan minuman yang baik untuk kesehatan

Makanan yang bergizi bagi saya itu yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, serat, maupun lainnya yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Selain itu, untuk orang tua sendiri, saya juga merekomendasikan susu tinggi Kalsium yang untuk orang tua. Melansir di situs Alodokter, bahwa Kalsium adalah mineral penting yang banyak memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. 

4. Istirahat yang cukup

Istirahat atau tidur ini benar-benar harus diperhatikan. Karena di bagian inilah tubuh diberikan waktu untuk istirahat. Jangan terlalu begadang dan tidur terlalu larut. Karena ada beberapa organ dalam tubuh kita yang harus diistirahatkan. Saya jadi ingat kata dosen saya, kalau sudah mengantuk, langsung tidur. Sebab tidur yang baik itu, adalah bergantung pada kualitasnya, bukan seberapa lama kita tidur.

Itu adalah empat hal yang saya dan orang tua lakukan agar imunitas tubuh terjaga. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Kesehatan itu nomor satu yang harus kita jaga. Sebab, jika kita sehat, kita akan lebih produktif dan bisa melakukan banyak hal. 


Tidak ada komentar

Posting Komentar