A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Ngabuburit Asik dan Bermanfaat Ala Hanat


Assalamualaikum, teman-teman. Apa kabarnya nih? Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga di bulan Ramadan kali ini, ibadah puasa kita diberikan kelancaran dan menjadi ladang pahala bagi kita.

Ngomongin bulan Ramadan. Pastinya identik sama ngabuburit. Ngabuburit, waktu menunggu adzan magrib, adzan yang kita nanti-nantikan karena itulah waktu berbuka puasa setelah seharian kita menahan rasa haus, rasa lapar dan tentunya menahan diri dari hawa napsu.

Waktu saya masih kuliah, ngabuburit itu ya dipakai untuk jalan-jalan, keliling dari pasar satu ke pasar lain, istilahnya food hunting gitu. Beli makanan buat buka puasa, persediaan makan setelah abis salat tarawih dan persediaan untuk makan sahur. Pokoknya ngabuburitnya tidak jauh-jauh dari keliling nyari makan.

Tapi, tahun ini, tentu saja saya ingin yang berbeda. Saya ingin waktu ngabuburit saya tidak hanya berputar pada keliling dan jalan-jalan sambil hunting makanan. Makanya, sudah jauh-jauh hari saya merencanakan ngabuburit tahun ini agar lebih asik dan bermanfaat.

Baca Al-Qur'an

Freepik.com

Membaca Al-Qur'an di bulan puasa akan dicatat sebagai pahala. Pahalanya lebih besar dibanding dengan membaca Al-Qur'an di hari-hari biasa loh. Selain dapat pahala, waktu ngabuburit kita akan lebih bermanfaat. Apalagi jika kita tidak sekadar membacanya, tapi juga mau membaca arti dan memahami isi Al-Qur'an yang kita baca.


Baca Buku dan Mengulasnya.

Dokumen Pribadi

Membaca buku bagi saya adalah sebuah kebutuhan. Saya ingat dengan pepatah ini;

"Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik" (Buya Hamka, Lembaga Budi)

Membaca buku bisa menjadi aktifitas yang membuat ngabuburitmu menjadi lebih asik. Selain menambah wawasan, dan pengetahuan, kamu juga bisa loh berbagi tentang buku yang sedang kamu baca. Kamu bisa mempostingnya di sosial media. Jika kamu rutin membaca dan membagikannya di sosial media khususnya instagram, kamu bisa jadi bookstagrammer loh! Kalau kamu belum tahu apa itu bookstagrammer kamu bisa membaca "Mengenal Dunia Bookstagrammer".


Ikutan Quiz 

Siapa di sini Quiz hunter? Angkat ✋. Ikutan quiz menjadi aktifitas yang paling saya sering lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit. Soalnya di bulan puasa inilah, banyak banget quiz yang diselenggarakan. Hadiahnya yang besar membuat saya semakin semangat untuk ikutan. Apalagi saya memang sudah paten mengikuti quiz sejak puasa tahun 2014. Jadi tahun ini saya tidak akan melewatkan beragam quiz dengan beragam hadiah yang keren-keren dong.

Dokumen pribadi

Ngabuburit kita makin asik loh dengan ikutan quiz apalagi kalau kita dapat berkesempatan menjadi pemenangnya. Oiyah, kalau kamu bingung cara dapatin informasi tentang quiz, kamu bisa langsung follow akun-akun yang menginformasikan tentang quiz-quiz. Seperti infokuis, serba kuis, jagonya kuis dan masih banyak yang lainnya. Kalau kamu mau, kamu bisa follow @inihanat di instagram atau bisa follow twitter saya di @hanatfutuh. Nanti saya tag kalau saya ikutan quiz.

Oiyah tulisan ini saya ikutsertakan dalam Blogger Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan selama 30 hari di bulan Ramadan ini. 

Nah, itu dia, ngabuburit asik ala saya. Kalau ngabuburitmu seperti apa nih? 😀

22 komentar

  1. Wah yang ikutan kuis antimainstream banget mb..mau cobain juga ah..siapa tau rejeki :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ikutan mba, soalnya bulan Ramadan itu banyak banget Quiz, hadiahnya bisa buat lebaran 😀

      Hapus
  2. Bener kak.. ngabuburit itu harus melakukan hal yang positif,..
    Nah yang kakak lakukan dunia dan akhirat dapet semua ya hehehe..

    BalasHapus
  3. Bener banget nih.. bulan ramadhan pasti bakal banyak kuis, jangan sampai terlewatkan

    BalasHapus
  4. Poin 5 oke banget buat ditiru, haha. Tapi emang sih, ngabuburit tu baiknya diisi sama kegiatan yang super manfaat kaya tadarus, baca buku, ikut kajian. Biar ngurang2in buang2 waktu

    BalasHapus
  5. wah asik ngabuburit sambil tambah ilmu dan tambah rezeki hhi seneng banget klo udh dapet kuis" gitu apalagi hadiahnya yg di inginkan

    BalasHapus
  6. Aduh kebanyakan ikutan kuisnya daripada baca Alquran, memang nih selalu lupa, tapi jadi ga kerasa lagi puasa hahaha

    BalasHapus
  7. benerr banget nih kak, bermanfaat banget nih artikelnyaa

    BalasHapus
  8. Baiklah.. aku akan semangat lagi ikutan Quiz 😃

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalam wr wb, Hanat...

    Ngabuburit asyik yang mendapatkan pahala memang menyenangkan. Sambil menunggu buka puasa, baca Al Quran. Semoga kita makin rajin baca Al Quran, ya...

    BalasHapus
  10. Jadi pengen baca buku terutama novel, udah lama banget rasanya ga baca novel. Perlu hunting buku sepertinya ini aku sekarang.

    BalasHapus
  11. Waaah serunya masa muda. Saya dulu juga quiz hunter. Puasaan kan kuisnya banyak. Sekarang sibuk urus rumah dan anak nih

    BalasHapus
  12. wah rezeki bgt ya kak, padahal awalnya mungkin iseng2 tapi menang.

    BalasHapus
  13. Dan seketika pgen ikutan quiznya,hii dimana itu kak hanat ada quiz?

    BalasHapus
  14. Kk kuter ya, pantes menang. Gmna caranya biar bs menang terus kak

    BalasHapus
  15. Tambah satu lagi boleh kali mbak, Nontoni yutube channel aku hahahaha

    BalasHapus
  16. Trima kasih info-info nya. Foto quiz hunter nya lucu bikin ngakak

    BalasHapus
  17. Ngabuburitku di dapur bareng kakakku masak hahaha, kl pas ngekos sih slalu berburu takjil di depan UNS haha

    BalasHapus
  18. Aku quiz hunter😍 kalo aku ngabuburit juga suka berburu takjil sambil JJS😂

    BalasHapus
  19. Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.

    Setuju banget dengan quote itu.

    BalasHapus
  20. ngabuburit bermanfaat banget ini, kalo aku biasanya nemenin si kecil main-main. Biar gak fokus sama laparnya

    BalasHapus
  21. Buatku kalo ikutan kuis Ramadhan belum pernah aku coba nih kak. Bisa d jadikan alternatif ngabuburit nih! Mumpung masih awal-awal puasa

    BalasHapus