Cara Mudah Membuat Cilok Anti Gagal

By Hanat Futuh - May 10, 2019

www.instagram.com/inihanat


Siapa di sini yang suka jajan? Kayaknya hampir semua suka jajan ya. Tapi kalau saya sie kadang lebih suka bereksperimen di dapur untuk membuat jajanan seperti yang sering dijual. Misalnya seperti batagor, siomay, cilok dan masih banyak jajan lainnya.

Sesuai tema pilihan di blogger challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan, saya kali ini akan memposting tentang cara praktis membuat cilok dengan budget tipis.

Cilok pada umumnya berisi daging ayam, atau telur puyuh atau irisan telur. Kalau di tempat saya lebih bayar yang cilok isi telur sie. Berhubung saya tidak begitu suka cilok yang ada isinya. Saya memutuskan untuk membuat cilok yang saya bikin kali ini dengan tanpa isi didalamnya. Emang enak? Wo jelas ini enak. Saya sudah berkali-kali membuatnya 😋

Langsung saja yuk kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat cilok tanpa isi. Check this out!

Pertama, takar tepung terigu dan tepung aci Saya biasa menakarnya dua belas sendok makan tepung terigu dan sepuluh sendol makan tepung aci.

Setelah itu, siapkan juga irisan daun bawang dan seledri untuk campuran cilok. Iris tipis dan lembut ya.

Siapkan bumbu-bumbu yang diperlukan yaitu seperti merica, garam dan bawang putih. Kali ini saya menggunakan merica diulek bersama garam dan dua siung bawang putih. Jika kalian repot menggunakan merica ulekan, kamu bisa menggunakan lada bubuk sebagai alternatif.

Jika sudah siap semuanya. Maka pertama masukan tepung terigu dan aci yang sudah ditakar ke dalam wadah. Masukan semua irisan daun bawang dan seledri. Tambahkan pula bumbu yang sudah jadi. Lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Kenapa menggunakan air hangat? Karena memang air hangat lebih bekerja untuk membuat adonan tepung terigu dan aci. Kalau pakai air dingin atau air panas pasti bakalan gagal total.

Uleni sampai membentuk adonan yang kalis sehingga bisa dibikin bulat-bulat seperti cilok.

Ketika semua adonan sudah dibentuk menjadi bulat-bulat, maka selanjutnya cilok mentah tersebut tinggal direbus. Saya lebih sering direbus dalam air. Tapi kalau mau dikukus pun bisa sie. Cuma saya jarang saja.

Rebus cilok mentah tersebut ke dalam air yang mendidih. Rebus sampai cilok tersebut matang.

Nah, kamu bisa menentukan saus apa yang cocok untuk menemani makan cilok mu! Bebaaas deh. Saya mah tidak mau memaksa kamu harus makan cilok buatanmu dengan apa.

Selamat mencoba di rumah ya!

#30HariKebaikanBPN
#bloggerperempuan

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Kaga pake gambar step by stepnya? sepertinya bakal lebih menarik :D

    ReplyDelete