2 Hal Penting Yang Perlu Dipikirkan Sebelum Menikmati Promo Belanja Online

By Hanat Futuh - May 25, 2019



Siapa yang suka belanja? Angkat ✋

Pasti banyak nih yang suka belanja. Saya juga suka belanja. Apalagi kalau pas momen besar, seperti harbolnas, momen Ramadan dan lain sebagainya. Kadang saya sering lupa diri, kalau sedang berselancar di online shop, masukin ke keranjang semua. Apalagi kaya sekarang ini. Momen menuju lebaran, hampir semua platform belanja online menebarkan virus promo belanja online. Dari diskon gede-gedean sampai gratis ongkos kirim tanpa minimum. Siapa yang nggak tergiur? Ya pasti ada yang tidak tergiur, tapi kecil kemungkinannya.

Dulu sebelum saya tahu betul, bagaimana menyikapi beragam godaan promo belanja online, saya memang sering kalap. Beli ini itu, tanpa melihat kondisi keuangan untuk masa depan *eaaa. Pas udah transaksi pembayaran, baru sadar. "Aku udah punya ini ternyata" "yah, lupa udah ada ini" "duh, punya dua". Penyesalan memang di belakang. Kalau di awal pendaftaran. *Hiyaaa 😆

Tapi, semenjak saya menjadi seorang bookstagrammer, lewat seorang penulis yang memberikan bukunya pada saya, untuk direview, saya mulai membenahi diri. Sebuah buku yang manfaatnya sangat luar biasa saya rasakan.

Buku "Beli Karena Butuh" mengubah kebiasaan saya dari yang suka belanja tanpa tujuan, menjadi suka belanja sesuai kebutuhan.

Sesuai tema hari keenam di blogger challenge dari Blogger Perempuan, saya mau kasih tahu dua hal penting yang perlu kamu pikirkan sebelum menikmati promo belanja online.

Pertama, ingat tujuan belanja. Belanja untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar memuaskan diri dengan memenuhi keinginan. Seringnya nih, saya sulit sekali membedakan mana kebutuhan dan keinginan, karena keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis. Setipis benang. Sehingga sukar sekali untuk dibedakan.

Apalagi saat godaan promo belanja online berdatangan. Dari diskon gede-gedean sampai gratis ongkos kirim tanpa minimum belanja. Siapa yang tidak tergiur? Saya pasti sangat tergiur, kalau sobat online gimana? Pasti sebagian besar tergiur kan? Tapi itu dulu, sekarang hasrat untuk menikmati promo belanja online tahun ini lebih bisa dikendalikan. Saya memang menikmati dan menggunakan promo belanja online tapi saya menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Saya redam keinginan saya yang tak ada habisnya itu. Alhasil, tahun ini saya hanya belanja mukena saja. Mengingat, bahwa mukena saya memang sudah cukup tidak layak untuk digunakan karena sudah terlalu kecil.

Cara lain untuk mengontrol diri dari beragam godaan promo belanja online adalah dengan melihat kembali koleksi barang yang sejenis yang ingin kita beli dan yang sudah kita miliki. Biasanya nih, saya sebelum mengubah mindset bahwa belanja sesuai kebutuhan. Saya tuh sering belanja barang yang sebenarnya saya sudah punya banyak. Tujuannya buat apa? Sekadar koleksi biar bisa ganti-ganti. Sungguh, setekah saya sadar, saya merasa berdosa sekali. Barang yang saya miliki malah banyak mengendap di dalam lemari. Sedangkan saya terus-menerus membeli. Lalu hanya satu dua saja yang berfungsi, sisanya? Hanya tergeletak di lemari.

Coba sekarang, sebelum kamu check out belanjaanmu, cek dulu barang sejenis yang ingin kamu beli dengan yang sudah kamu miliki. Jika ternyata yang tersimpan di dalam lemari masih bagus dan berfungsi, akan lebih baik jika tidak usah membeli. Karena barang yang kita miliki itu juga dihisab loh.

Nah itu dia, dua hal penting yang harus kamu tahu sebelum menikmati promo belanja online! Selamat berbelanja sobat onlinekuuu 😘

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN

  • Share:

You Might Also Like

0 comments