A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Sikat Gigi Saat Bulan Puasa?



Halo, sobat blogger? Puasanya masih lancar kan? 

Di tema ke sembilan blogger challenge dari Blogger Perempuan, saya mau bahas waktu yang tepat untuk sikat gigi saat puasa.

Saya masih ingat betul, pelajaran agama di sekolah yang tentang menyikat gigi saat sedang puasa. Ada yang membolehkan tapi juga ada yang berpendapat lebih baik dihindari atau jangan dilakukan.

Tentu saja, keduanya memiliki landasan tersendiri mengapa sesuatu tersebut boleh dilakukan dan lebih baik jangan dilakukan.

Kalau saya lebih memilih menghindari sikat gigi saat puasa. Makanya saya selalu pasang alarm untuk mengingatkan jadwal sikat gigi saya saat puasa.

Biasanya saya sikat gigi itu di tiga waktu. Meski pun dalam praktiknya saya sangat malas 😂 apalagi kalau kantuk sudah menyerang huhu.

Tiga waktu sikat gigi yang rutin saya lakukan dari beberapa Ramadan sampai Ramadan sekarang.

Pertama, waktu sahur. Saya setelah makan sahur pasti langsung sikat gigi. Kadang saya lebih sering begitu dari pada sikat gigi saat imsak. Soalnya kalau nunggu imsak yang ada saya kelabasan tidur. Ini sering banget kejadian. Makanya saya setelah makan sahur, saya bergegas untuk sikat gigi.

Kedua, saya sikat gigi setelah berbuka puasa atau menjelang salat isya. Soalnya kan saya ke masjid jamaah. Biar seger dan nggak ada sisa sisa makanan yang nyangkut. 

Terakhir saya sikat gigi menjelang tidur. Bagi saya ini sikat gigi wajib karena biasanya sepulang salat tarawih saya makan dan nyemil. Apalagi kan capek kan abis tarawih terasa laparnya. Jadi makan lagi. Makanya menjelang tidur saya wajib banget sikat gigi. Saya nggak mau dong, kuman-kuman datang saat saya tidur. Sudah cukup waktu SD saja saya sakit gigi. Sekarang, jangan sampai!

Nah, itu tiga waktu untuk sikat gigi yang saya terapkan selama bulan puasa. Memang dalam praktiknya cukup susah. Tapi kalau sudah dibiasakan ya pasti jadi mudah. 

Ket. Pic from google, edited snapseed.

#BloggerPerempuan
#30HariKebaikanBPN

Tidak ada komentar

Posting Komentar