A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

5 Toko Buku Jogja yang Melegenda

Halo, teman-teman. Apa kabar? Apakah kamu seorang mahasiswa baru di kota pelajar Yogyakarta? Nah, buat kamu para mahasiswa Jogja yang sedang mencari buku pelajaran, rasanya kurang afdol jika belum berkeliling ke toko buku Jogja.

Sebagai kota pelajar, tentu saja ada banyak sekali toko buku Jogja yang sangat direkomendasikan buat kamu. Selain lokasinya yang asik, dari segi harga pastinya juga ramah di kantong. Sayangnya, tidak semua mahasiswa perantau tahu di mana saja penjual buku yang menawarkan harga bersahabat dengan mahasiswa. Langsung saja, berikut saya rekomendasikan toko buku Jogja yang cukup populer dan melegenda. Keep scrolling ya!

5 Toko Buku Jogja yang Melegenda
5 Toko Buku Jogja yang Melegenda

Inilah 5 Toko Buku Jogja yang Melegenda

1. Shopping Center 

Rekomendasi pertama toko buku di Jogja adalah shopping center. Lokasinya berada di pusat kota, di taman Budaya Yogyakarta Komp. Taman Pintar, Jl. Sriwedani No 1. Toko buku yang satu ini merupakan toko buku yang melegenda. Dari jaman dulu hingga sekarang, toko buku ini sangat bersahabat banget bagi pelajar dan mahasiswa. 

Selain pilihannya yang lengkap, tentu saja harga jauh lebih miring dibandingkan toko buku. Buat kamu yang pandai tawar menawar, toko buku ini juga tantangan nih buat kamu. Jadi buku-buku yang ada di sana bisa ditawar. Eits, tapi tunggu dulu, tawar sewajarnya saja ya, karena menjalankan usaha bisnis begini cukup sulit. Bagaimanapun juga, mereka mencari nafkah dengan cara baik, jadi mari kita memanusiakan manusia dengan menawar dengan sewajarnya saja. 

Hal yang saya suka dari shopping center, selain menyediakan buku-buku baru. Ternyata di sana juga menyediakan buku bekas, cocok banget buat kamu yang ingin hemat biaya buku kuliah. Tentu saja harga lebih murah. Tidak hanya itu saja, di sana juga ditemukan buku-buku yang sudah tidak diproduksi lagi oleh penerbitnya loh. 

2. Social Agency 

Adapun toko buku jogja yang ada di tengah kota, sehingga mudah diakses oleh semua mahasiswa di Jogja. Yap, betul sekali toko buku social agency. Toko buku ini tidak selengkap shopping center, yang memiliki banyak stand penjual buku. Nah, social agency ini hanya satu toko saja. 

Meskipun demikian, koleksi yang ditawarkan tidak kalah lengkap loh. Dijamin lengkap deh, mulai dari buku ajar, buku pendidikan, buku fiksi, buku motivasi sampai buku komik ada di sana. Menariknya lagi, social agency di Yogyakarta ini terdapat beberapa cabang. Ada yang berada di dekat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, ada pula yang terletak di jalan Kaliurang, dan ada juga yang di Jl. Prof Herman Yohanes, serta masih banyak tempat lain. 

3. Terban

Rekomendasi toko buku Jogja yang ketiga adalah Terban. Yaps, Terban menjadi toko buku Jogja yang paling banyak dikunjungi oleh mahasiswa. Sebenarnya mirip seperti shopping center, di sana terdapat beberapa penjual buku berbeda-beda. Koleksinya sama lengkap dan dari segi harga juga lebih dibandingkan toko buku normalnya. Tidak heran jika terban juga salah satu alternatif tujuan yang bisa kamu kunjungi. 

Lokasinya juga berada di tengah kota, tidak jauh dari toko buku Gramedia Jalan Sudirman. Toko buku Terban berada di Jl. Kahar Muzakir, Terban, Gondokusuman. Cukup dekat dengan kampus UGM. Bisa dibilang, Terban salah satu tempat yang melegenda. Karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Di tempat ini juga ada banyak buku-buku yang sudah tidak kita temukan di penerbitnya juga loh. 

4. Toko Buku Jogja Di Area Perempatan Gondomanan 

Jika kamu merupakan mahasiswa lawasan di Jogja, pasti tahu area penjaja buku di perempatan Gondomanan. Dulu banyak sekali penjual buku di sana dengan harga yang ramah dan bersahabat dengan dompet mahasiswa. Tapi sekarang jumlahnya tidak seberapa. Meski demikian, tempat ini tetap masih direkomendasikan karena harganya yang merakyat. 

Sebenarnya di toko buku jogja di area Gondomanan tidak sekedar menjual buku-buku saja loh. Tetapi juga menjual koleksi seperti majalah, Koran dan tabloid. Hal yang menyenangkan dari penjaja buku di Jogja adalah suasananya yang hangat. Khas dengan jual beli barang dengan tawar menawar. 

5. Toko Buku Deepublish

Toko buku yang satu ini berfokus pada buku-buku pendidikan khususnya untuk perguruan tinggi. Jadi apabila kamu sedang atau ingin mencari buku kuliah maka di sinilah tempatnya. Terdapat lebih dari 4000 judul buku tersedia di Deepublish. Buku-buku yang dijual ditulis langsung oleh para dosen-dosen dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Kamu bisa langsung lihat katalog di websitenya langsung di : Deepublish: Toko Buku Online. 

Toko Buku Online Jogja
Toko Buku Online Jogja


Pasti deh ketemu dengan buku yang sesuai dengan jurusan atau program studi kamu. Ketika kamu sudah pesan di website, buku kamu akan langsung dikirim ke rumahmu. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah, apalagi sekarang sedang musim hujan kan? Daripada basah-basahan, lebih baik pesan pakai online dan tunggu bukunya datang. 


Itulah lima toko buku Jogja yang bisa jadi pilihan kamu saat mencari koleksi buku kuliah. Buat kamu yang belum pernah tahu lokasinya di mana, bisa loh sesekali berkeliling dan mengunjungi toko buku melegenda di Jogja. Dan coba deh untuk beli buku di sana, rasakan sensasi membeli buku yang memasyarakat ini. Dijamin pasti seru.

Membeli secara online sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi jika membeli secara langsung ke toko buku yang khas Jogja, tidak bisa kamu peroleh dengan cara online. Jadi, untuk tahu bagaimana keseruan beli buku di Jogja, kamu bisa datang langsung ke toko buku yang sudah saya rekomendasikan di atas. Selamat berbelanja buku. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat ya.

Baca juga: Cara Mereview Buku

16 komentar

  1. Oiyah pernah denger yang toko buku gondomanan, tapi sayangnya gak pernah mampir. Karena ke jogjanya terbatae semoga next bisa mampir biar bisa ngrasain beli buku dengan nawar. Kalo di GM gak Ada nawar 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Taaa. Wajib banget mampir ke Gondomanan sih. Kapan ke Jogja lagi nih?

      Hapus
  2. Pengen banget tinggal di Jogja di mana toko buku tersebar di banyak tempat. Thanks rekomendasinya Mbak, sangat membantu saat ke Jogja nanti tinggal menuju ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo sini pindah ke Jogja mbak Rindang. Kabar kabar kalo ke Jogja ya mbak biar bisa mitap 😁

      Hapus
  3. Aduh kk, kemarin pas Januari sempet ke Jogja tapi nggak mampir ke toko buku-toko buku ini. Jadi nyesel. Tertarik nih di kawasan Gondomanan, semoga dapat kesempatan ke Jogja lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, kak Arai sayang banget nih nggak mampir. Next ya jangan lupa mampir 😁

      Hapus
  4. Jogja emang surga buku yak. Pengen banget tinggal di sana biar mudah berburu buku di tokbuk2 legend di atas.

    BalasHapus
  5. Nyaman ya di Yogya masih banyak toko buku yang bisa disambangi. Kalau saya lebih suka datang langsung ke toko buku tembang beli online hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Bayu, Jogja itu banyak banget toko bukunya. Nggak bakalan bingung deh kalo nyari buku. Iya aku juga suka beli di toko buku, tapi kalo diskon gedenya via online ya aku beli online hihi

      Hapus
  6. Wahh aku ke Jogja ngapain aja yaa kok ngga mampir ke toko buku kece kayak inii.
    Legend padahal, pasti instagramable jg yaa 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woiyah jelas mbak Jihaaan. Next kalo ke Jogja mampir yaa biar bisa ngrasain asiknya beli buku di toko buku legendnya Jogja 😁

      Hapus
  7. Ah aku kangen ke yogyaaa... emang di yogya kalau kalau cari buku bisa variatif ya mbak tempatnya. Next time aku bakal ke salah satu toko buku yg mbak hanat tulis nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Maria. Aku pun kalo ke Jogja betah banget keliling toko buku. Even nggak beli cuma keliling ajah tapi seru! Yuk next ke Jogja lagi mitaaap

      Hapus
  8. Aku yg belum pernh brtibke dee publish sama yg di Gondomanan nih. Eh ada lagi Mba selain kelima toko itu, roko buku togamas. Aku lebih sring kesitu karena ada gemericik suara airnya di tengah2 toko gt, gatau jd lebih nyaman aja stay sambil baca buku, hihi

    BalasHapus
  9. Shopping center udah beberapa kali ke sana. Yang lain mau coba datengin aahh. Deepublish ini membantu banget ya mbak bagi para mahasiswa yang lagi nyari buku pendidikan. ^^

    BalasHapus
  10. sebagai orang yg cukup suka membaca toko bukua dalah tempat yg kadang bikin kepo

    BalasHapus