Struktur Organisasi Mayora: Dari Jabatan dan Tugasnya

Hai, teman-teman. Apa kabar? 

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan beng-beng, astor, energer, permen kiss dan beberapa merek lainnya bukan? Nah beberapa merek produk yang saya sebut itu diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk loh. 

Yaps, PT Mayora Indah Tbk menjadi salah satu perusahaan besar dan terkenal di Indonesia yang bergerak di bidang industri makanan. Pasti kamu juga pernah dengar bahkan sudah tak asing lagi dengan perusahaan yang berbentuk perseroan ini ya?

Sejak berdiri di tahun 1977 sampai sekarang, Mayora Indah sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Produknya pun tidak hanya dikenal dan ada di Indonesia saja, tetapi juga menyebar di lima benua. Keren kan?

Struktur organisasi Mayora Indah
Struktur Organisasi Mayora Indah

Dibalik kesuksesan yang diraihnya, tentunya tidak lepas dari kerja keras dan tanggungjawab banyak pihak di dalamnya yang tersusun dalam struktur organisasi Mayora. Karena tanpa adanya manajemen perusahaan yang jelas, dan terstruktur, tentu saja perusahaan tidak bisa berjalan dengan baik.

Inilah Struktur Organisasi Mayora Indah

Seperti perusahaan pada umumnya, PT Mayora Indah Tbk juga memiliki struktur organisasi yang membantu memudahkan untuk mengetahui apa saja peran dan fungsinya dalam menjalankan dan mengelola perusahaan. Di sini saya akan membahas, 4 jabatan penting dalam struktur organisasi Mayora. Keep scrolling ya!

4 Posisi dalam Struktur Organisasi Mayora


1. Dewan Komisaris

Jabatan pertama dalam perusahaan berbentuk perseroan adalah dewan komisaris. Dewan komisaris memiliki peran sebagai pengawas kebijakan perusahaan dan memberikan nasihat kepada direktur terkait pengelolaan perusahaan.

Di struktur organisasi Mayora Indah, jabatan dewan komisaris dipegang oleh empat orang. Bisa dilihat di bagan struktur organisasi Mayora.

2. Direksi

Dalam perusahaan perseroan, direksi memiliki peran yang penting karena memiliki tugas untuk mengurus perseoran dan mewakili perseroan Baim di dalam dan di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada di dalam anggaran dasar. 

Dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, direksi juga dibantu oleh beberapa beberapa kepala unit organisasi maupun staf ahli direksi.

Direksi dalam struktur organisasi Mayora Indah ini terdiri dari direktur utama, direktur pemasaran, direktur keuangan, direktur supplay chain, serta direktur operasional.

3. Komite Audit

Komite audit ini dibentuk oleh dewan komisaris yang tugasnya adalah membantu melaksanan tugas dan fungsi dewan komisaris seperti terkait dengan tugasnya dalam melakukan pengendalian internal perusahaan.

4. Sekretaris Perusahaan

Sekretaris menjadi salah satu jabatan yang tercantum dalam struktur organisasi Mayora Indah. Salah satu tugas seorang sekretaris dalam sebuah perusahaan adalah menjembatani komunikasi antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal seperti masyarakat, investor dan lain sebagainya.

Dalam perjalanannya, PT Mayora Indah Tbk sudah memiliki dua sekretaris sebelum tahun 1977 loh. Pantas saja ya, perusahaan berkembang pesat karena sedari awal, pembentukan manajemen perusahaannya sudah sangat baik. 

Nah, itulah empat jabatan penting dan tugasnya yang tersusun dalam struktur organisasi PT. Mayora Indah Tbk. Dengan adanya struktur organisasi, sebuah perusahaan lebih mudah menjalankan misi-misinya sehingga visi perusahaan dapat diwujudkan.


Tidak ada komentar

Posting Komentar