Seorang Blogger asal Banyumas. Suka baca buku dan jalan-jalan-jalan sambil kulineran.

Cara Atasi Reading Slump

Sebenarnya saya sudah cukup lama pingin banget sharing tentang cara atasi reading slump. Sejak beberapa bulan yang lalu, saya mulai menandai bahwa saya mulai bosan sekali dengan aktifitas membaca buku karena kesibukan dan banyak hal lain. Padahal beberapa ada buku kiriman yang memang harus saya ulas di instagram maupun blog. Beruntung sekali saya, karena di awal saya jujur dengan si pengirim kalau saya merasa ada di fase reading slump. Mungkin di antara kamu yang sedang membaca ini juga sedang ada di fase reading slump. 

Apa itu Reading Slump?

Kamu pernah nggak ngrasain mood baca buku? Atau bosan baca buku? Nah, itu adalah tanda-tanda kalau kita lagi terkena reading slump. Pokoknya rasanya itu males banget untuk baca buku. Apalagi kalau buku yang lagi dibaca ini kurang sesuai sama yang kita suka. Kadang baca novel yang bagus dan biasanya kita suka ajah jadi rasanya nggak suka. Nah, itu namanya reading slump. Kondisi yang di mana kita nggak mau, nggak mood untuk baca buku. Kadang saya suka ngerasa ih kok saya bisa jadi kaya gini siy? Kenapa saya jadi malas baca buku? Bahkan saya sempat hampir dua bulanan nggak baca buku. 

Reading Slum

Sebab-sebab Reading Slump

Saya jadi penasaran, sebab-sebab mengapa seseorang termasuk saya bisa terkena reading slump. Padahal saya sudah menyatakan sebagai pembaca buku yang setia tiada duanya. Hihi. Tapi tetap saja kondisi reading slump tidak bisa saya hindari. Sebab-sebab reading slump yang saya rasakan belakangan ini, atau yang kamu rasakan juga, bisa jadi karena beberapa hal. Antara lain:

Sedang banyak pikiran

yang sering saya rasakan kalau lagi banyak pikiran itu emang jadi nggak fokus baca buku. Tapi memang ya, namanya juga hidup. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi juga pasti ada ajah yang dipikirin. Mulai hal yang sepele sampai yang berat.

Chat di Whatsapp lagi seru

Nggak bisa dipungkiri, membaca chat-chat di WA sering lebih seru. Apalagi sekarang ini, saya lagi ikutan kelas blog yang tiap hari harus senam jantung dan bersiap untuk materi dan tugas yang lain. Belum lagi grup-grup yang lain, yang tiap hari selalu ramai dan ada ajah bahasan yang seru. 

Buku yang dibaca kurang asik

Saya pernah merasa buku yang dibaca kurang asik, atau bukan gue banget. Jadi baru baca dapat dua halaman udah merasa bosan. Pingin buru-buru udahan. Pokoknya nggak mood buat lanjutin baca deh. 

Sebab itulah aktifitas membaca buku menjadi membosankan. Tapi saya tidak mau berlarut-larut terkena reading slump. Jadi saya harus banget mengatasi reading slump secepat mungkin, karena khawatir dampaknya akan menjadikan saya jadi pribadi yang nggak suka baca buku.

Yuk intip cara mengatasi reading slump..

Jalan-jalan ke toko buku

Bagi saya, salah satu cara mengatasi reading slump adalah dengan jalan-jalan ke toko buku. Saya happy banget kalau sudah main ke toko buku. Lihat tumpukan buku yang ada di setiap sudut toko. Melihat orang-orang yang sedang memilih buku untuk dibeli. Atmosfer buat baca buku lagi nyata adanya. Bikin reading slump jadi terlupakan. Apalagi melihat tumpukan buku yang jadi incaran sejak lama.

Bongkar dan tata ulang buku di rak

Ini bisa jadi salah satu cara untuk menghentikan reading slump nih nih teman-teman. Coba deh bongkar isi rak bukumu. Lihat ada berapa jumlah buku-buku yang belum kamu baca. Lihat lagi susunannya sudah rapi, sesuai sama yang kamu inginkan? Tata ulang bagian mana yang ingin kamu ubah supaya kamu bisa happy melihat rak bukumu!

Ubah suasana membacamu supaya tidak bosan

Okey, ini juga yang sering saya lakukan. Saya biasa membaca sambil rebahan di kasur. Tapi karena untuk mengindari rasa bosan, saya kerap membaca di taman, atau di tempat-tempat yang emang jadi bikin saya tambah semangat baca deh.

Membaca ulang novel yang paling kamu suka

Saya selalu melakukan ini. Membaca ulang novel yang saya suka. Meski sudah pernah dibaca, rasanya tetap seperti saat pertama kali membaca buku tersebut. Jadi bisa mengembalikan mood baca deh. Cobain yak!

Baca juga: Review novel Fuja Sagita

Jauh-jauh dari Handphone kalau sedang baca buku

Supaya tidak terserang reading slump kembali, baiknya yang kita lakukan saat sedang membaca buku adalah jauh-jauh dari handphone. Kalau saya biasanya langsung mengubah handphone ke mode diam. Supaya bisa fokus menikmati buku yang sedang saya baca. Seringnya godaan terberat saat baca buku adalah main handphone apalagi kalau doi udah telepon telepon atau chat.

Cobain aktifitas lain yang masih berhubungan dengan buku

Aktifitas seputar perbukuan tidak hanya membaca saja loh. Kita bisa juga mensiasati reading slump dengan aktifitas lain seperti blog walking di blognya bookblogger, book journaling dan lain sebagainya. Kalau kamu butuh referensi seputar book journaling bisa mampir ke akun instagramnya Miss Fiore atau kak Wardah. Keren-keren banget.

Punya prinsip membaca itu kebutuhan

Saya pernah ditanya seperti ini, memang kamu tidak bosan membaca buku? Iya, jenuh dan bosan pasti. Tapi, mulai saat ini, saya akan menganggap membaca buku adalah bagian dari kebutuhan yang harus saya penuhi. Membaca bukan lagi tentang dipaksa, terpaksa. Tapi membaca adalah sebuah kebutuhan. 

Nah, itu dia cara mengatasi bilamana kita terserang reading slump. Kalau kamu pernah mengalaminya, yuk share di kolom komentar bagaimana cara kamu atasi reading slump ya. Let's disscuss!




1 komentar

  1. Hi mba Hanat,

    Saya pernah mengalami reading slump dan pastinya sering hehehe setiap tahun akan selalu ada momen saya malas baca 😂 kalau sudah begitu, saya lebih memilih istirahat total mungkin saya hanya butuh selingan hobi lain sampai keinginan membaca kembali datang 😁

    Well, saya rasa hal itu normal karena kita nggak akan bisa selalu fun dalam menjalankan hobi kita. Akan ada waktu dimana kita bosan dan ingin cari kegiatan baru lainnya. Namun semoga hanya sementara 😍

    BalasHapus