Naikin Followers dengan Giveaway

Hai, teman-teman. Siapa di sini yang suka ikutan giveaway? Ayo angkat tangan. Tos virtual dulu ya. Saya juga sering ikutan giveaway, terhitung sejak enam tahun yang lalu sampai sekarang saya masih aktif jadi giveaway hunter. Beragam hadiah pun sudah pernah saya dapatkan. Dari mulai smartphone, uang tunai, buku total ratusan ribu rupiah, action camera dan lain sebagainya. Nggak bakalan cukup nih kalau saya tulisin semua hadiahnya di sini.

Tapi, dua tahun belakangan, ketika saya mulai aktif membranding diri saya sebagai seorang bookstagram sekaligus bookblogger, saya jadi sering mengadakan giveaway. Baik yang hadiahnya berasal dari dana pribadi saya maupun hasil kerjasama dengan pihak-pihak lain seperti penerbit, penulis maupun yang lain.

Sebelum saya ngomongin lebih lanjut soal giveaway nih. Saya mau berterima kasih dengan Coach Ilham Sadli, berkat materi Manajemen Sosmed 10k Followers kemarin, saya jadi makin semangat untuk terus konsisten membuat konten yang sesuai dengan branding yang saya pilih di media sosial.

Cara cepat naikin followers dengan giveaway


Giveaway dan Tujuannya

Sekitar enam tahun lalu, yang saya pikirkan tentang giveaway, merupakan aktifitas bagi-bagi hadiah di media sosial dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hadiahnya pun beragam, dari yang mewah sampai yang recehan.

Seperti yang saya katakan di awal, dua tahunan ini saya juga mulai membuat giveaway. Saya jadi tahu, kalau giveaway ini salah satu teknik marketing yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan banyak keuntungan untuk akun media sosial kita loh. Jadi setiap orang atau brand yang mengadakan giveaway pasti memiliki tujuan. Bukan sekadar ngadain giveaway cuma-cuma. Tujuan membuat giveaway antara lain;
1. Meningkatkan Followers atau subscriber
2. Mendapatkan keuntungan seperti awarness, promosi akun
3. Mendapatkan engagement yang tinggi

Hal-hal yang perlu diperhatikan saya membuat giveaway:

Setelah kita tahu apa itu giveaway dan apa saja tujuannya. Saya juga ingin share nih hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat akan membuat giveaway berdasarkan pengalaman saya dalam membuat giveaway di akun media sosial saya ya!

1. Tentukan terlebih dahulu tujuannya
Sebelum kita membuat giveaway adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Apakah tujuan kita untuk mendapatkan followers atau subscriber saja atau malah keduanya? Apakah kita ingin mendapatkan jam tayang juga? Tentukan di awal. Seperti misalnya saya saat bulan puasa kemarin membuat giveaway untuk mendapatkan followers dan subscribe sekaligus jam tayang.

2. Tentukan di mana kita ingin bikin giveaway
Setelah tahu tujuannya kita ternyata ingin mendapatkan keuntungan berupa naiknya followers Twitter sekaligus naiknya subscriber YouTube dan jam tayang, berarti kita harus membuatnya di Twitter.

3. Menentukan syarat untuk Giveaway
Ketiga, adalah menentukan syarat untuk ikutan giveaway. Kamu bisa menentukannya mau mudah atau susah. Tapi menurut saya, lebih baik yang mudah karena pasti banyak yang ikutan. Syaa sudah buktikan. Tapi kalau saya jadi giveaway hunter, saya lebih suka syarat yang mudah tapi unik pokoknya perjuangan banget buat dapatin hadiah giveaway deh.

4. Menentukan Hadiah
Yap, hadiah bagian terpenting juga dalam membuat giveaway. Hadiah yang menarik tentu akan menarik perhatian pengguna internet. 

5. Menentukan Periode Giveaway
Please kalau bikin giveaway jangan lama-lama ya. Paling nggak seminggu deh.

Pengalaman Membuat Giveaway di akun Twitter @hanatfutuh

Kemarin, di kelas Growth Blogger sebagai syarat untuk lanjut ke materi berikutnya, salah satu hal yang harus saya penuhi adalah membuat giveaway di Twitter dengan hadiah semampu dan seikhlas kita.

Kebetulan, itu bukan hal baru bagi saya. Karena sebelum-sebelumnya saya memang sudah aktif membuat giveaway di Twitter. Tapi, membuat giveaway kemarin menjadi tangangan tersediri karena disyaratkan harus mendapatkan 50 retweet.

Sebelumnya saya mau cerita, akun twitter @hanatfutuh ini saya buat sekitar tahun 2011. Dulu, saya menggunakan Twitter hanya untuk ikutan giveaway. Dan sampai di tahun 2018 saya tidak menyadari bahwa akun twitter saya sudah mencapai angka seribu followers. Mulai tahun 2018 saya mulai membangun branding saya di twitter sebagai seorang pembaca buku. Meski kadang nggak konsisten. Tapi alhamdulillah, berkat materi tentang optimasi media sosial untuk personal branding dari mas Ilham Sadli, membuat saya bertekad untuk terus konsisten dengan branding yang sudah saya pilih di media sosial.

Profil Twitter @hanatfutuh setelah giveaway


Saya merasakan sekali manfaat dari giveaway yang saya buat untuk perkembangan akun media sosial saya, terutama Twitter dan Instagram. Beberapa hal yang saya dapatkan setelah saya membuat giveaway antara lain, jumlah followers meningkat yang membuat saya mendapatkan job-job maupun peluang kerjasama yang lain seperti mereview buku dan lain sebagainya. Sebelum giveaway kemarin followers saya baru 1550 sekian dan setelah giveaway bertambah menjadi 1704

Selain itu, saya mendapatkan engagement yang bagus setelah saya membuat giveaway. Seperti giveaway kemarin di akun Twitter saya. Total retweet yang harus saya dapatkah adalah 50 retweet sebagai syarat bisa lanjut ke materi berikutnya. Tapi justru yang saya dapatkan lebih dari itu. Yaps, saat ini cuitan giveaway saya mendapatkan 160 retweet dengan reply berjumlah 156 dan like 70. Tentu jumlah ini saya harap akan terus bertambah sampai akhir periode yang telah saya tentukan.
Saya merasakan akun Twitter saya mulai kembali berkembang ke arah yang lebih bagus. Karena nggak hanya cuitan tentang giveaway saja, tapi cuitan lain saya juga mendapatkan interaksi yang bagus.

Materi dari Coach Ilham Sadli

Masih semangat ya baca tulisan saya ini. Nah, saya mau bocorin sedikit nih materi yang sudah saya dapatkan dari Coach Ilham tentang mengoptimalkan branding di sosial media. Saya sudah bertekad sekali untuk mempraktekkan ilmu yang sudah saya dapatkan di kelas kemarin. Keep scrollling ya!
Cuitan setelah giveaway


Personal Branding 

Banyak yang tidak menyadari bahwa memiliki branding di media sosial adalah hal yang penting termasuk saya. Teman-teman sudah tahu kan personal branding itu apa? Di materi kemarin, Coach Ilham menjelaskan bahwa personal branding merupakan cara memasarkan diri kita kepada orang lain atau komunitas yang menjadi target kita. Seperti saya misalnya, saya membranding diri saya sebagai bookreader di twitter. Saya kerap membagikan tentang quotes dari buku yang telah saya baca.

Manfaat Branding Media Sosial;

Branding media sosial juga ada manfaatnya loh teman-teman. Beberapa manfaat Branding media sosial yang disampaikan oleh Coach Ilham antara lain:
1. Mudah diingat
2. Pasar yang tepat
3. Lebih dipercaya

Untuk membangun personal branding media sosial, kita juga harus tahu nih prinsip brandingnya. Sehingga kita bisa bisa mengoptimalkan branding kita.

5 Prinsip Branding:

1. Tentukan Audience
2. Tentukan Ingin seperti apa akun kita dikenal
3. Tentukan perbedaan akun kita dengan akun lainnya
4. Temukan suara akun kita
5. Konsisten

Strategi yang bagus untuk branding.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Coach Ilham juga memberikan tahu tentang strategi yang bagus untuk branding. Simak ya.
1. Tentukan tujuannya
2. Tentukan karakter yang akan dibangun
3. Tentukan bahasa yang akan digunakan
4. Tentukan gaya bicara yang akan digunakan

Kalau dalam hal ini, akun Twitter saya ini memiliki tujuan untuk hiburan dan membagikan keseruan saya tentang buku yang sudah saya baca serta interaksi seperti biasa. Karakter yang saya bangun di akun Twitter saya adalah supel, ramah dan menyenangkan. Untuk bahasa dan gaya bicara saya seperti di kenyataan si, santai dan sopan.

Nah itu dia sedikit bocoran materi yang kemarin saya dapatkan di kelas Growth Blogger. Semoga tulisan ini membawa saya ke posisi aman sehingga bisa lanjut ke materi berikutnya. Doain ya teman-teman!



2 komentar

  1. waaah makasih tipsnya, mbak. sayang sekali kemarin saya nggak bisa sampe kelas branding ini. kelihatannya berbobot sekali materinya :(

    BalasHapus
  2. dulu saya pernah dapat julukan ratu kuis, karena di mana ada kuis, di situ ada saya. baik ikut kuis ataupun menyelenggarakan kuis. sekarang lebih disebut giveaway kali ya, hihi

    BalasHapus