Menilik Jajanan Tradisional di Tahun 2020

Assalamualaikum, teman-teman.
Jajanan tradisional apa yang masih kamu ingat? Atau jajanan tradisional apa yang jadi favorit kamu? Nah kali ini saya mau ajak kamu bernostalgia dengan jajanan tradisional. Seperti yang kita lihat, bahwa zaman sekarang sudah mulai banyak menjamur jajanan modern, tapi bukan berarti jajanan tradisional itu terlupakan ya. Berikut adalah jajanan tradisional yang masih bisa kita jumpai di tahun 2020 loh.

Inilah jajan tradisional yang masih ada di pasaran

1. Cenil

Cenil atau cetil ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang memiliki tekstur kenyal. Warnanya merah muda dan putih tercampur merah muda. Lalu ditaburi dengan kelapa parut dan gula pasir. Saat saya masih kecil, cenil dibungkus hanya dengan daun saja. Saat ini, beberapa penjual ada yang masih menggunakan daun, dan ada juga yang menggunakan pembukus berbahan plastik.
Cenil jajanan tradisional
Cenil

2. Klepon

Masih ingat dengan klepon yang sempat viral ini? Yaps, klepon menjadi salah satu jajanan tradisional favorit yang masih bisa kita temui. Jajanan tradisional yang satu ini berbahan dasar tepung ketan dan tepung beras. Ada yang warna hijau dan merah muda. Dengan isian gula merah tentunya. Saat sudah jadi, klepon ditaburi dengan parutan kelapa.
Jajanan tradisional klepon
Klepon

3. Getuk Mawur

Getuk Mawur merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari singkong dan gula merah. Getuk mawur ini masih ada, tapi tidak begitu banyak menjualnya. Masih sama dengan klepon, getuk mawur ini dimakan bersama parutan kelapa. Kamu pernah mencobanya?
Jajanan tradisional getuk mawur

4. Lopis atau lupis

Dulu saya mengira lopis atau lupis itu adalah lontong. Iya lontong yang enak dimakan dengan mendoan. Ternyata lupis ini merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar beras ketan. Cara makan lupis ini dengan dicampur gula merah yang sudah kental dan parutan kelapa. Untuk mengetahui resep membuat lopis kamu bisa melihat di sini ya. 

5. Martabak

Martabak bukan sembarang martabak. Martabak yang satu ini adalah jajan tradisional yang bikin kangen. Jajanan tradisional yang satu ini masih bisa kita jumpai, tapi sudah tidak banyak. Martabak yang pembungkusnya dengan kertas ini enak banget apalagi ditambah toping susu cokelat dan taburan meses ceres. Hm, saya jadi kangen dengan martabak yang satu ini.
Jajanan tradisional martabak

6. Grontol

Kamu pernah makan grontol? Ituloh jajanan tradisional yang berbahan dasar jagung. Cara membuat grontol ini dengan cara direbus dengan kapur sirih atau njet. Nah grontol ini dimakan bersama parutan kelapa dan dicampur dengan sedikit garam supaya rasanya makin enak.
Grontol jajanan tradisional

Nah itu adalah beberapa jajanan tradisional yang masih bisa kita temui di pasaran. Meski zaman sudah modern, jajanan tradisional harus kita lestarikan supaya semakin banyak yang mengenalnya.

Sekian artikel saya tentang menilik jajanan tradisional di tahun 2020. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus menebarkan semangat dan komentar yang positif. Sampai jumpa.

Wassalamu'alaikum.. teman-teman.

5 komentar

  1. Waaah ini favoritku semuaaa... Kebetulan aku tinggal di desa, di kota kecil. Jadi masih juga sering menjumpai makanan-makanan ini. Rasanya legend dan enggak ada bosennya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Yosa. Wah favorit semua yaa. Beruntung masih bisa menjumpai jajanan-jajanan tradisional ini dengan mudah ya mba. 😬

      Hapus
  2. hampir semua jajanan tradisonal aku suka

    BalasHapus
  3. Uwaaaah mbaaaa, hampir semuanya ini kesukaanku, kecuali 1, lopis. Hahahaha. Ga pernah doyan kalo itu, ga ngerti deh Napa. Mungkin Krn kuah gulanya itu :p. Ga masuk seleraku.

    Tp yg paling aku suka itu klepon pastinyaaaa :D. Bisa abis banyak mah kalo itu :D

    BalasHapus
  4. Grontoolll, eh skrg d tmptku ada lg tuh mb yg jualan jajanan gini. Ada tiwul dkk pulak :)

    BalasHapus