Pie Susu Pakai Teflon Untuk Pemula


Halo, teman-teman.
Apa kabar?

Semoga kamu selalu sehat ya. Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa juga semoga lancar sampai akhir.

Teman-teman, masih ingatkan dengan kreasi minuman yang belum lama ini viral di dunia persosmedan? Yups, dalgona coffee. Sejak pemerintah mulai mengimbau untuk working from home atau learning from home nih, banyak kreatifitas muncul, ya nggak sih? Iyakan?

Setelah dalgona coffee, munculnya pie susu pakai teflon. Nah, karena aku susah banget buat dapetin kopi merek nescaffe akhirnya aku memutuskan untuk melupakan hasrat bikin dalgona coffenya nih. Aku lebih tertarik bikin pie susu. Apalagi bahannya mudah didapatkan dan mudah juga bikinnya.

Jadilah kemarin aku bikin pie susu untuk pertama kalinya. Jujur ya, aku jarang bikin kue-kue, paling banter bikin donat dan bolu. Aku itu lebih pesyen bikin cemilan macam cireng, cilok, dan masak makanan yang berat gitu macam bikin soto kuning, kepiting saus Padang dan lain sebagainya.

Nah, karena ini aku pemula dalam bikin pie susu, jadi maklumi ya kalo hasilnya agak berantakan. Tapi pas aku cicipin enak banget dong, beneran. Cuma agak tipis kulitnya karena adonannya ini nggak banyak tapi teflonnya terlalu lebar.

Bahan kulit:
150 tepung terigu
1 butir telur (kuningnya ajah)
5 sdm margarin
5 sdm susu bubuk full cream

Bahan Fla
2 sdm tepung Maizena
1 butir telur
100 ml Air
12 sdm susu kental manis
Vanili
Garam sedikit

Cara membuat Pie:
Campurkan semua bahan ke dalam wadah. Uleni sampai kalis ya. Kalau sudah taruh adonan ke teflon, bentuk sesuai teflon ya. Aku pakai teflon bentuk lingkaran dan yang biasa buat bikin pizza nih. Ratakan ya sampe pas ukuran tebal atau tipisnya. Kalau sudah jangan lupa ditusuk tusuk pake garpu. Selanjutnya panggang dengan api sedang ya.



Nah panggang selama dua menit, setelah itu tambahkan flanya ya. Oiyah disaring dulu flanya sebelum ditambahkan ke atas pie yang sedang dipanggang. Kecilin apinya. Kalau ada bagian dari Fla maupun kulit pie yang mau melembung langsung tusuk pake garpu.


Seperti gambar di atas ya, aku suka masukkan flanya di atas kulit pie yang lagi dipanggang. Awalnya pas abis dimasukin fla, kulitnya ini agak melembung gitu kupikir gagal, akhirnya ditusuk-tusuk kalau ada bagian yang melembung. Alhamdulillah setelah kurang lebih dua puluh menitan kayaknya deh, pie susunya matang nih teman-teman. Bawahnya pun nggak gosong. Yay!


Nah itu penampakan pie susu yang sudah matang. Aku tambahin potongan apel entah fungsinya wqwq. Tapi ternyata apelnya agak asem jadi pas di-mix makannya sama pie susu jadi enak gitu teman-teman. Andai buah di kulkas banyak aku tambahin deh, sayangnya aku lupa nggak stok buah pas bikin pie susu ini. Sisa apel doang.

Nah, buat kamu yang belum pernah bikin pie susu, yuk cobain, kalau mau ikutin resep aku jangan lupa pas udah jadi mensyen aku ya di IG atau Twitter. Kalau kamu punya ide buat aku untuk masak apa di #DapurHanat episode selanjutnya, share ide kamu di kolom komentar yaa! Terima kasih sudah baca.




1 comment

  1. Teflon is optimal for making a delicious milk cake. The compliance with the appropriate proportions will help to get delicious pastries

    ReplyDelete