A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Mengenal PAFI Lebih Dekat

Halo, pembaca blog Ruang Hanat.

Apakah di antara kamu ada yang tergabung dalam  https://pafi.id? Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau yang sering disingkat dengan PAFI adalah salah satu organisasi ahli kefarmasian di Indonesia. Di tulisan ini, saya akan mengajak kamu untuk mengetahui lebih dalam apa itu PAFI.

Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Jika melansir pada website PAFI, bahwa ahli farmasi Indonesia sudah ada sejak digaungkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia, pada 78 tahun yang lalu. Ahli farmasi Indonesia bersama seluruh golongan rakyat Indonesia berjuang untuk bersama-sama untuk memerdekakan Indonesia dari para penjajah yang ingin menguasai tanah Indonesia.

Ahli Farmasi Indonesia juga aktif dan turut ikut serta dalam pembangunan negara, khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Sejak saat itu, akhirnya pada tanggal 13 Februari tahun 1946, bertempat di Yogyakarta, dibentuklah organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Organisasi tersebut merupakan wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi.

Pada pembentukannya untuk pertama kali, ketua pertama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yakni Zainal Abidin. Lahirnya PAFI pada 13 Februari 1946, juga kemudian diperingati sebagai Hari Persatuan Farmasi Indonesia setiap tahunnya.

Dan PAFI menjadi organisasi profesi tempat berhimpun para tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia yang sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Tujuan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)

Setiap organisasi yang dibentuk pasti memiliki tujuan yang akan dicapai dan diwujudkan. PAFI sendiri berazaskan pada Pancasila, dan berikut adalah tujuan yang dimiliki oleh PAFI, sebagai berikut:

Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia

Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Struktur Organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pusat

Setiap organisasi pasti memiliki struktur organisasi. Berikut adalah struktur organisasi PAFI pusat untuk masa bakti 2022 sampai dengan 2027.


Kepengurusan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) pusat saat ini diketuai oleh Budi Djanu Purwanto. Dan untuk selengkapnya, kamu dapat membaca gambar di atas untuk tahu struktur organisasi PAFI pusat.

Jika pembaca blog Ruang Hanat ada yang berlatar belakang sebagai apoteker atau ahli di bidang farmasi, dan ingin bergabung bersama menjadi anggota PAFI, juga diperkenankan. Karena PAFI sendiri merupakan organisasi profesi yang bersifat Kekaryaan dan Pengabdian.

Tentang Website Pafi.id

Apabila teman-teman pembaca ingin bergabung menjadi anggota Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI, kamu cukup membuka website pafi.id. Segala informasi tentang PAFI pusat ada di sana.

Seperti saat ini, jika kamu ingin tergabung menjadi anggota, kamu cukup registrasi di sana. Apabila ada kendala, jangan lupa untuk menghubungi layanan admin PAFI.

Selain itu, buat kamu yang sedang mencari lowongan kerja, PAFI juga menyediakan informasi seputar lowongan kerja yang relevan di bidang kefarmasian. Kamu tinggal klik menu informasi di kanan atas.

Selain itu, banyak informasi yang ada di website tersebut seperti seminar-seminar kefarmasian, rekap keanggotaan nasional, regulasi, berita, dan lain sebagainya.

Apabila teman pembaca ingin berkunjung ke sekretariat PAFI pusat, kamu tinggal datang saja ke alamat yang berada di Johar Baru, kecamatan Johar Baru, Kolaka Utara, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman khususnya yang berkaitan dengan ahli farmasi. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.
Ibukota Jakarta

Tidak ada komentar

Posting Komentar