A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara

10 tempat wisata di Jakarta Utara
10 Tempat Wisata di Jakarta Utara

Tempat wisata di Jakarta bukan hanya mall atau tempat-tempat yang ada di dalam gedung-gedung pencakar langit saja. Jakarta juga punya tempat wisata alam. Khususnya di Jakarta Utara. Lokasinya yang berbatasan dengan Laut Jawa membuatnya demikian.


Jika kamu sedang berada di Jakarta Utara, mampirlah ke tempat-tempat wisata. Jangan lupa, sebelum pergi ke Jakarta Utara, pesan hotel di Jakarta Utara terlebih dahulu melalui Traveloka.


Nah, sebelum kamu pergi ke Jakarta Utara, ada apa aja tempat wisata di sekitar Jakarta Utara? Berikut beberapa di antaranya. 

Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Jakarta Utara

  1. Suaka Margasatwa Muara Angke

Tempat yang satu ini namanya Taman Suaka Margasatwa Muara Angke. Sebuah tempat wisata yang berbasis hutan bakau, di mana daerah ini dijadikan sebagai hutan yang dilindungi oleh pemerintah DKI Jakarta. Jembatan kayu di sana yang panjangnya sekitar 843 meter akan membawamu melihat-lihat pemandangan yang menakjubkan selama di sana.

 

Selain berjalan di jembatan panjangnya, kamu juga bisa naik perahu mengelilingi hutan yang asrinya. Pemandangan pepohonan hijaunya akan membuatmu terpukau. Jangan kaget, di sana juga bisa ditemukan aneka fauna. Dari mulai monyet, biawak, hingga burung. Ingin menginap di hutan bakau ini? Bisa, di sana disediakan juga penginapan. Letaknya ada di tengah hutan.

 

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa sangatlah terkenal. Tempat ini memiliki peran sejarah yang sangat penting. Terutama sejarah di kota Jakarta. Sebuah tempat yang menjadi saksi bisu dari terbentuknya Kota Jakarta. Sebuah pelabuhan yang menjadi tempat transaksi berbagai jenis kekayaan alam Indonesia di skala dunia, termasuk rempah-rempah.

 

Di Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa dipenuhi berbagai jenis kapal. Selain memang merupakan tempat diam dan berlabuhnya aneka kapal, pelabuhan ini juga banyak dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata sejarah. Dan buat para fotografer, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat favorit untuk hunting foto.

 

  1. Kampung Marunda

Kampung Marunda adalah sebuah kampung yang suasananya tenang dan damai. Kampung ini merupakan kampung dari para nelayan. Istirahat sejenak di tempat ini sangatlah menyenangkan. Desiran angin pantainya terasa sangat menyejukkan.

 

Di kampung ini ada tambak yang berukuran besar. Ya benar, tempat tersebut adalah lahan pekerjaan yang turun temurun digarap penduduknya. Tapi jangan takut, di sini kamu juga  bisa memancing. Alat pancingnya bisa disewa.

 

  1. Museum Bahari

Tempat yang satu ini merupakan tempat menyimpan aneka koleksi benda bersejarah yang kaitannya erat kaitannya dengan kelautan dan juga perikanan. Museum Bahari. Letaknya ada di depan Pelabuhan Sunda Kelapa. 

 

Dulu, tempat ini dijadikan sebagai gudang rempah-rempah yang kelak  akan dijual ke berbagai negara Eropa yang merupakan milik VOC. Kamu yang penasaran dengan perkembangan kelautan serta perikanan bangsa Indonesia, wajib datang ke sini.

 

  1. Sentra Perikanan Muara Angke

Kamu sangat menyukai hidangan laut? Ayo datang juga ke tempat ini. Tempat ini konon merupakan surganya para pencinta kuliner laut. 

 

Aneka jenis makanan olahan ikan dibuat di sini. Di samping sekalian bisa menyaksikan pemandangan dari kegiatan bongkar muat para nelayan yang baru menepi di dermaga. Mencari dan membeli ikan segar juga bisa kamu lakukan di ini.

 

  1. Kampung Tugu

Main ke tempat ini masuknya ke dalam wisata sejarah. Kenapa demikian, sebab tempat ini memiliki peran yang besar dalam sejarah. Di tempat ini ada gereja tugu, ada lonceng kuno, dan  ada aneka tempat ibadah. Jadi selain masuk wisata sejarah, tempat ini juga masuk ke dalam jenis tujuan wisata rohani.

 

  1. Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang juga punyai nilai sejarah. Kampung ini bahkan sudah ada sejak 1630. Letaknya ada di belakang Museum Bahari. Karena tuanya, banyak masyarakat yang datang ke tempat ini untuk berziarah. 

 

  1. Taman Jogging Kelapa Gading

Ingin main ke tempat yang gratis saat di Jakarta Utara? Mampir saja Taman Jogging Kelapa Gading. Sebuah taman yang menyediakan tempat khusus untuk jogging. Tamannya bersih, tertata rapi, dan juga adem. 

 

  1. Rumah Si Pitung

Sudah tahu cerita Si Pitung? Nah rumahnya kini menjadi salah satu rumah yang difavoritkan banyak orang untuk dikunjungi. Sebuah rumah panggung Betawi, yang konon dibuat di abad ke-20. Di dalamnya terdapat aneka jenis dekorasi bernuansa Betawi. Begitu juga barang-barangnya. Kini, rumah Si Pitung sudah jadi museum dan juga masuk ke dalam jenis cagar budaya. 

 

  1. Museum Rekor Dunia-Indonesia

Di Jakarta banyak museum. Salah satunya adalah yang letaknya di Jakarta Utara ini, Museum Rekor Dunia-Indonesia. Lokasinya ada di Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. 

 

Sebuah museum yang merupakan tempat untuk menyimpan berbagai dokumentasi dari rekor-rekor yang dipecahkan dan dicatat MURI. Nantinya, catatan dan rekor ini dibukukan di Guinness’ Book of World Record. Museum ini berlokasi di Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

 

Itu dia 10 jenis tempat wisata yang ada di Jakarta Utara. Jika kamu ke Jakarta, pastikan mampir ke tempat-tempat tersebut. Dijamin, kamu akan merasakan hal yang lain selain bermain ke mall saat di Jakarta.

 

Supaya lebih afdal, menginap di salah satu hotel di Jakarta Utara juga bisa kamu lakukan. Kamu bisa mencari dan booking langsung di Traveloka. Misalnya saja, seperti 101 Urban Kelapa Gading. Selain bisa mendapatkan hotel yang murah, kamu juga berkesempatan mendapatkan voucher diskon setiap harinya. Ayo langsung ke websitenya atau buka aplikasi Traveloka sekarang juga!

Tidak ada komentar

Posting Komentar