A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Bikin Pie Susu Teflon

Halo, Fellas. Apa kabar? Semoga kamu selalu sehat ya. Buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa juga semoga lancar sampai akhir. Fellas, masih ingatkan dengan kreasi minuman yang belum lama ini viral di dunia persosmedan? Yups, dalgona coffee. Sejak pemerintah mulai mengimbau untuk working from home atau learning from home nih, banyak kreatifitas muncul, ya nggak sih? Iyakan? Setelah dalgona coffee, munculnya pie susu pakai teflon. Nah, karena saya susah banget buat dapetin kopi merek nescaffe akhirnya saya memutuskan untuk melupakan hasrat bikin dalgona coffenya nih. Saya lebih tertarik bikin pie susu. Apalagi bahannya mudah didapatkan dan mudah juga bikinnya.

Pie Susu Pakai Teflon


Jadilah kemarin saya bikin pie susu untuk pertama kalinya. Jujur ya, saya jarang banger bikin kue-kue, paling banter bikin donat dan bolu. saya itu lebih pesyen bikin cemilan macam cireng, cilok, dan masak makanan yang berat gitu macam bikin soto kuning, kepiting saus Padang dan lain sebagainya. Untuk kue-kuean terkadang gagal bentuknya, atau giliran bentuknya apik, rasanya nggak enak. haha.

Nah, karena saya baru pertama kali membuat pie susu, jadi maklumi saja ya kalo hasilnya agak berantakan. Namanya juga belajar ya? eh namanya juga pemula yang terpenting selalu semangat untuk terus mencoba. Karena kalau nggak pernah nyoba, nggak akan tahu hasilnya seperti apa. Gitu ya?

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan kulit:

150 tepung terigu
1 butir telur (kuningnya ajah)
5 sdm margarin
5 sdm susu bubuk full cream

Bahan Fla:

2 sdm tepung Maizena
1 butir telur
100 ml Air
12 sdm susu kental manis
Vanili
Garam sedikit

Langkah Membuat Pie Susu:

Campurkan semua bahan ke dalam wadah. Uleni sampai kalis ya. Kalau sudah taruh adonan ke teflon, bentuk sesuai teflon ya. Aku pakai teflon bentuk lingkaran dan yang biasa buat bikin pizza nih. Ratakan ya sampe pas ukuran tebal atau tipisnya. Kalau sudah jangan lupa ditusuk tusuk pake garpu. Selanjutnya panggang dengan api sedang ya.

Proses memasak Pie Susu Pakai Teflon




Nah panggang selama dua menit, setelah itu tambahkan flanya ya. Oiyah disaring dulu flanya sebelum ditambahkan ke atas pie yang sedang dipanggang. Kecilin apinya. Kalau ada bagian dari Fla maupun kulit pie yang mau melembung langsung tusuk pake garpu.

Penambahan Fla pada Pie Susu Pakai Teflon

Seperti gambar di atas ya, aku suka masukkan flanya di atas kulit pie yang lagi dipanggang. Awalnya pas abis dimasukin fla, kulitnya ini agak melembung gitu kupikir gagal, akhirnya ditusuk-tusuk kalau ada bagian yang melembung. Alhamdulillah setelah kurang lebih dua puluh menitan kayaknya deh, pie susunya matang nih teman-teman. Bawahnya pun nggak gosong. Yay!


Penyajian

Untuk penyajiannya saya tambahin potongan apel entah fungsinya apa, yang jelas biar apel yang udah dikupas kemakan nggak sia-siia terbuang. Tapi ternyata apelnya agak asem jadi pas di-mix makannya sama pie susu jadi enak gitu, Fellas. Andai buah di kulkas banyak saya tambahin deh, sayangnya saya lupa nggak stok buah pas bikin pie susu ini.

Nah, buat Fellas, yang belum pernah bikin pie susu, yuk cobain, kalau mau ikutin resep saya saja, jangan lupa pas udah jadi mensyen saya ya di IG atau Twitter. Kalau kamu punya ide buat saya untuk masak apa di #DapurHanat episode selanjutnya, share ide kamu di kolom komentar yaa! Terima kasih sudah baca.

1 komentar

  1. Teflon is optimal for making a delicious milk cake. The compliance with the appropriate proportions will help to get delicious pastries

    BalasHapus