A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Resep Sambal Ayam Suwir Pedas

Hai, Fellas. Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Seperti yang sudah saya janjikan nih, saya akan membagikan resep sambal ayam suwir pedas bikinan saya. Sebenarnya, pertama kali bikin sambal ayam suwir ini saya ngasal banget, karena saya hanya memanfaatkan sisa ayam goreng yang nggak dimakan sama orang rumah. Padahal saya gorengnya udah enak banget itu ayam. Tapi orang rumah seperti sudah bosan kayaknya sama ayam.

Akhirnya saya putar otak. Gimana caranya agar ayam-ayam goreng ini selamat dan bisa dimakan lagi. Saya suka sedih kalau lihat makanan terbuang sia-sia. Padahal di luaran sana masih banyak saudara kita yang susah untuk dapat makan atau harus berjuang keras demi bisa makan.

Resep Sambal Ayam Suwir Pedas



Nah, sebelum bikin sambal ayam Suwir, saya sudah masak sayur Labu Siam, dan sayur cambah. Terus goreng tahu. Baru deh saya bikin sambal ayam suwir pedas. Dan sampai hari ini tangan saya masih lomboken, panas nih. Tapi tidak apa-apa, karena hasilnya melebihi ekspektasi. Orang rumah suka semua! Sampai ludes. Kali ini, karena banyak yang minta resep ayam suwir pedas buatan saya. Saya mau share nih spesial buat kamu yang sedang baca ini yaa. By the way, saya bikinnya semangkuk yang agak kecil tapi kalo dimasukin ke botol kaca itu seukuran botol selai Morissa yang sedang. Duh saya sebut merek, padahal nggak diendors. Haha.

Bahan yang dibutuhkan:

Ayam Suwir
Cabe Merah Keriting 15
Cabe Rawit Merah 40
Bawang 8 siung
Garam secukupnya
Gula Aren secukupnya
Daun jeruk
Minyak goreng

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih Cabe Merah Keriting, Cabe Rawit, Bawang dan Daun Jeruk
  2. Potong kecil-kecil bahan yang sudah dicuci
  3. Panaskan minyak secukupnya, goreng bahan yang sudah dipotong. Goreng dengan setengah matang.
  4. Angkat dan tiriskan
  5. Ulek semua bahan yang sudah digoreng. Tambahkan garam dan daun jeruk. Ulek sampai teksturnya halus-kasar gitu. Seperti di foto ya.
  6. Panaskan minyak secukupnya.
  7. Masukkan sambal yang sudah diulek. Lalu tambahkan gula aren secukupnya.
  8. Tambahkan gula aren (gula merah) secukupnya.
  9. Tambahkan sedikit air.
  10. Masak sampai matang, dan airnya surut. Sehingga yang terlihat hanya sambal yang sedikit ada minyaknya. Masukan Suwiran ayam. Aduk sampai merata. 
  11. Angkat dan sajikan di mangkuk atau wadah lain.

Penyajian

Nah, kalau sudah jadi sambal ayam suwir pedasnya, Fellas bisa nih mengemasnya di botol kaca yang sudah disterilkan terlebih dahulu. Biar seperti sambal kemasan yang lagi hits saat ini. Sebenarnya juga saya sempat masukin ke botol kaca, tapi karena sambalnya keburu dibagi-bagikan jadi saya nggak sempat fotoin satu-satu deh. 

Dan sambal ayam suwir ini menjadi sambal favorit saya sejak kemarin. Enak banget ditambah makannya pakai nasi hangat. Ditambahkan sayur dan lauk lainnya juga cocok. Atau hanya nasi hangat, sambal ayam suwir pedas dan lalapan dirasa juga sudah sangat cukup. Duh, saya jadi pingin jadikan sambal ini sebagai ide usaha deh. Kalau saya jualan ada yang mau pesan nggak ya? hehe.


Nah itu Fellas, resep membuat sambal ayam suwir pedas yang hasilnya bakalan bikin nagih. Saya saja sampai bikin video mukbang sambal ini di channel youtube saya. Terima kasih sudah membaca yaa. 

7 komentar

  1. The spicy taste of this meat dish will not leave you indifferent. Adding a small amount of vegetables to the chicken can significantly improve the result

    BalasHapus
  2. Resep ini simpel ya, jadi pengen nyoba nih buat menu buka puasa nanti.. Saya kalo masak sambal suka dikasih gula aren juga krn citarasanya jadi sedap di lidah..

    BalasHapus
  3. Resepnya mau aku kasi ke mbak dirumah nih kak. Biar langsung dibuatkan untuk buka puasa besok, hehe

    BalasHapus
  4. berasa banget pasti pedasnya secara cabe merah keriting nya 15...aku sekeluarga penyuka pedas mbak.

    BalasHapus
  5. Wow, resepnya recomended banget bagi saya penyuka pedas nih Mbak. Insya Allah mau re-cook nih. Thanks yaa.

    BalasHapus
  6. Kakak saya pernah masak ini mba, bedanya dia bisa tolerir pedasnya yg aku ga kuat. Jadi pingin buat sendiri hehe

    BalasHapus
  7. Saya jadi kepengen recook resep ayam swir ini mba. Salam kenal ya. Nemu di gugel tadi

    BalasHapus