Resep Sambal Ayam Suwir Pedas

Sambal Ayam Suwir Pedas
Halo teman-teman.

Apa kabar?

Semoga kamu dalam keadaan sehat ya. Puasa Ramadan tahun ini memang sangat berbeda dibandingkan dengan puasa Ramadan tahun sebelum-sebelumnya. Tahun ini, puasa kita harus menghadapi pandemi covid 19. Sedih banget. Beberapa aktifitas harus dijalankan di rumah. Seperti salat jamaah dan tarawih. Tidak ada buka bersama di luar. Pokoknya aktifitas di luar itu terbatas sekali. Tapi itu harus dilaksanakan sebagai cara kita membantu pemerintah untuk menghentikan penyebaran mata rantai covid 19.

Sebetulnya, saya juga mulai merasa bosan. Saya kangen dengan keempat keponakan saya yang sekarang sudah tinggal di rumah masing-masing. Jaraknya juga lumayan jauh dari tempat saya. Kadang saya pingin sekali mengunjungi barang sebentar, tapi saya ingat mereka ini masih kecil. Sedang untuk sampai ke rumah mereka, saya harus melewati jalan nasional yang ramai dengan pengendara dari berbagai kota. Maka saya urungkan niat saya ke rumah mereka. Biarlah saya menabung rindu, semoga pandemi segera berlalu.

Nah, makin lama di rumah, saya malah makin banyak kegiatan di dapur nih. Saya biasanya di dapur cuma masak untuk orang rumah sesuai permintaan mereka. Tapi kali ini saya mah mau masak sesuatu yang tidak mereka minta, tapi saya yang berinisiatif kasih menu baru buat orang rumah.

Nah, saya kemarin masak sayur Labu Siam, cambah. Terus goreng tahu. Dan paling spesial adalah Sambal Ayam Suwir Pedas. Sampai hari ini tangan saya masih cabean panas nih. Tapi tidak apa-apa, karena hasilnya melebihi ekspektasi. Orang rumah suka semua! Sampai ludes.

Kali ini, karena banyak yang minta resep ayam suwir pedas buatan saya. Saya mau share nih spesial buat kamu yang sedang baca ini yaa. By the way, saya bikinnya semangkuk yang agak kecil tapi kalo dimasukin ke botol kaca itu seukuran botol selai Morissa yang sedang.

Resep Sambal Ayam Suwir Pedas

Bahan:
Ayam Suwir
Cabe Merah Keriting 15
Cabe Rawit Merah 40
Bawang 8 siung
Garam secukupnya
Gula Aren secukupnya
Daun jeruk
Minyak goreng

Cara Memasak:
  1. Cuci bersih Cabe Merah Keriting, Cabe Rawit, Bawang dan Daun Jeruk
  2. Potong kecil-kecil bahan yang sudah dicuci
  3. Panaskan minyak secukupnya, goreng bahan yang sudah dipotong. Goreng dengan setengah matang.
  4. Angkat dan tiriskan
  5. Ulek semua bahan yang sudah digoreng. Tambahkan garam dan daun jeruk. Ulek sampai teksturnya halus-kasar gitu. Seperti di foto ya.
  6. Panaskan minyak secukupnya.
  7. Masukkan sambal yang sudah diulek. Lalu tambahkan gula aren secukupnya.
  8. Tambahkan gula aren (gula merah) secukupnya.
  9. Tambahkan sedikit air.
  10. Masak sampai matang, dan airnya surut. Sehingga yang terlihat hanya sambal yang sedikit ada minyaknya. Masukan Suwiran ayam. Aduk sampai merata. 
  11. Angkat dan sajikan di mangkuk atau wadah lain.
Kemarin sebenarnya saya mau taruh sambalnya ke botol kaca, untuk melihat seberapa awet umur sambal tersebut tanpa pengawet. Eh saya kirim juga ke kakak saya karena pengen tahu, gimana responnya. Malah ketagihan. Jadi senang saya, berhasil berarti bikin sambal ini.

Selamat mencoba di rumah.

8 comments

  1. The spicy taste of this meat dish will not leave you indifferent. Adding a small amount of vegetables to the chicken can significantly improve the result

    ReplyDelete
  2. Resep ini simpel ya, jadi pengen nyoba nih buat menu buka puasa nanti.. Saya kalo masak sambal suka dikasih gula aren juga krn citarasanya jadi sedap di lidah..

    ReplyDelete
  3. Resepnya mau aku kasi ke mbak dirumah nih kak. Biar langsung dibuatkan untuk buka puasa besok, hehe

    ReplyDelete
  4. berasa banget pasti pedasnya secara cabe merah keriting nya 15...aku sekeluarga penyuka pedas mbak.

    ReplyDelete
  5. Wow, resepnya recomended banget bagi saya penyuka pedas nih Mbak. Insya Allah mau re-cook nih. Thanks yaa.

    ReplyDelete
  6. Kakak saya pernah masak ini mba, bedanya dia bisa tolerir pedasnya yg aku ga kuat. Jadi pingin buat sendiri hehe

    ReplyDelete
  7. Adding some lime gives a certain specialty to the dish. Chicken meat as a basis contributes to an amazing consistency and taste. The dish will surprise anyone

    ReplyDelete
  8. Saya jadi kepengen recook resep ayam swir ini mba. Salam kenal ya. Nemu di gugel tadi

    ReplyDelete