Seorang Blogger asal Banyumas. Suka baca buku dan jalan-jalan-jalan sambil kulineran.

Libur Akhir Pekan? Yuk Wisata Sejarah ke Museum Soesilo Soedarman


Tampak Depan Museum Soesilo Soedarman (dok. pribadi)

Halo, sobat blogger. Selamat menuju weekend ya!
Kalau ngomongin weekend nih, pasti identik sama liburan. Liburan kali ini enaknya kemana ya? Udah ada rencana belum nih? Kalau belum, saya mau kasih rekomendasi tempat buat isi weekend kamu nih.

Buat kamu yang tinggal di wilayah kabupaten Banyumas dan Cilacap pasti nggak asing lagi dong sama museum yang satu ini. Yups, museum Soesilo Soedarman.
Salah satu wisata sejarah yang ada di kabupaten Cilacap. Tepatnya di desa Gentasari, kecamatan Kroya, Cilacap Jawa Tengah. Pokoknya kalau kamu udah ada di kroya terus mau ke museum Soesilo Soedarman, nanya ajah ke warga. Pasti nanti bakalan dikasih tau, karena warganya ramah-ramah kok atau kamu bisa cari di google map. 



Profil Soesilo Soedarman

Patung Jenderal TNI H. Soesilo Soedarman (dok.pribadi)

Sebenarnya, siapa sosok bapak Soesilo Soedarman? Barangkali sobat blogger yang sedang membaca ini belum mengenalnya, karena belum pernah datang mengunjungi museum ini ya. Bapak Soesilo Soedarman ini merupakan jenderal TNI (HOR) Purn yang lahir di Cilacap, 10 November 1928 dan meninggal pada 18 Desember 1997 di Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998) dan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993). Soesilo Soedarman juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington DC dari 18 Februari 1986 hingga 11 April 1988. Perjalanan kehidupan Jenderal Soesilo Soedirman ini begitu panjang. Jadi buat kamu yang mau baca bisa klik ini ya: Tentang Soesilo Soedarman.(Sumber Wikipedia)


Koleksi Museum Soesilo Soedarman
  
Untuk masuk ke dalam museum, pertama kali adalah membayar tiket masuk. Tiket masuknya menurut saya cukup murah. Hanya dengan tiga ribu rupiah kita bisa sepuasnya melihat apa saja yang ada di museum tersebut. Untuk urusan parkir memang belum begitu diperhatikan, itu menurut saya ya karena meskipun parkirnya sudah di dalam museum tapi belum ada petugas yang membantu mengatur parkirnya. Jadi kebanyakan kendaraan yang terparkiran itu berantakan. Ditambah dengan lahan parkirnya memang terbatas dan terdiri dari batu-batu krikil tapi ya ukurannya sedang dan ada yang besar juga. Di area depan museum, terdapat beberapa jenis pesawat dan mobil yang pernah digunakan jenderal Soesilo Soedarman.  

Salah dua Transportasi yang ada di halaman depan museum Soesilo Soedarman (dok.pribadi)

Museum ini luas. Dulu, waktu saya masih SD sampai SMP, masih cukup asri. Tapi sekarang sudah berkurang si. Tapi masih cukup asri di beberapa bagian dari museum ini. Di dalam museum terdapat banyak sekali koleksi milik jenderal Soesilo Soedarman. Hampir di setiap sudut ruangan pasti banyak sekali pigura yang berisi tentang foto-foto, bukti-bukti prestasi, dan banyak hal lain. Menurut saya, setiap sudut dan dindingnya sangat artistik dan instagramable banget deh. Di dalam museum juga terdapat koleksi miniatur kapal-kapal, senjata laras panjang. Bahkan tempat tidur yang digunakan untuk istirahat jenderal pun masih ada dan masih kokoh loh, ada juga koleksi pakaian atau lebih tepatnya baju dan seragam yang pernah dipakai jenderal.   

Salah satu sudut Museum Soesilo Soedarman (dok. pribadi)


Hampir setiap sudut di dalam museum dihiasi pigura tentang Jenderal Soesilo Soedarman (dok.pribadi)


Salah Satu Sudut Favorit Saya di Museum Soesilo Soedarman (dok.pribadi)


Saya dan miniatur pesawat di Museum Soesilo Soedarman (dok.pribadi)





Museum Soesilo Soedarman juga diperuntukkan untuk semua usia. Jadi mau orang dewasa atau anak-anak balita pun bisa untuk masuk ke dalam museum. Museum ini menurutku ramah anak. Di belakang gedung museum juga terdapat area bermain anak. Ada ayunan, perosotan, kereta anak dan kolam renang. Fasilitas lain yaitu terdapat musola untuk pengunjung yang ingin menunaikan salat.


Ini Ponakan Saya, Vyrra. Sejak usia 2 tahun saya sering membawanya ke Museum (dok.pribadi)




Tampak Arena Bermain Anak (dok.pribadi)

 Sekian dulu ya, jalan-jalan ke Museum Soesilo Soedarman. Nah buat kamu yang bingung hari minggu mau ke mana, kamu bisa loh berkunjung ke museum. Selain dapat foto keren nan instagramable juga sekalian mengingat sejarah, mengingat tentang perjuangan dan kisah jenderal Soesilo Soedarman. 


Selamat berakhir pekan, sobat! 😃





43 komentar

  1. Seru nih, aku suka banget wisata di museum. Nambah ilmu dan ajak anak-anak makin asik walau sedikit ribet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalau bukan kita yang mengenalkan sejak dini, siapa lagi ya mba?

      Hapus
  2. Anak mba yang toodler sudah mengertikah dijelaskan oleh guide nya? Saya juga punya toodler usia 5thn...but he dont understand yet about museum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini malah aku yang jelasin mba, soalnya emang minim guide waktu aku ke sana.. jadi sebisa mungkin aku jelasin tapi ya pahamnya dikit dikit

      Hapus
  3. Wah bener beb aku sependapat, dindingnya artistik dan instagramable

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyakan? Udah cocok menghiasi feed IG ya mba

      Hapus
  4. Bangsa yang besar, adalah bangsa yang bisa menghargai dan tidak melupakan para pahlawan, termasuk dengan berkunjung ke Museum Soesilo Sudarman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jas merah ya om, jangan lupa sama sejarah

      Hapus
  5. Aku belum kesini, tapi pernah ke benteng pendem, jauh ga yah dari situ? Kapan-kapan mau deh kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan jauh mba, kalau benteng Pendem kan Cilacap bagian barat, kalau ini bagian tengah mba. Ayo kapan kapan k sini

      Hapus
  6. Wah seru banget...
    tempatnya kayanya bagus...jadi pengen kesana juga

    BalasHapus
  7. Baru tau aku ada tokoh tersebut dan museum tersebut (parah bgt ya wk) infonya membantu banget mba, untuk destinasi wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, soalnya tokoh pahlawan nggak sedikit ya mba, yang sering masuk di pelajaran ajah yang kita kenal.. tapi ternyata banyak yang belum dikenal ya mba

      Hapus
  8. Belom pernah ke Cilacap jd belom kenal juga dg sang Jenderal. Kalo dari foto dokumentasi, disana hanya ada bingkai kliping dan barang2 yg dipake Jenderal yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga si mba, ada banyak jenis pesawat, kapal, dalam bentuk miniatur. Ada perpustakaan juga tapi belum sempat karena ada di lantai dua hehe

      Hapus
  9. Aihhh aku sebagai anak sejarah masa baru tau museum ini sih :((( Kesana ah abis lahiran hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo mba Nuna wisata sejarah ke Cilacap.. wah semoga lahirannya lancar ya mbaa. Ibu sama debaynya sehat 🤩

      Hapus
  10. Kenapa ya tiket masuk museum murah banget kak? Udah murah aja jarang banget yang main ke museum, padahal seru juga baca sejarah gitu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku juga mikir kaya gitu. Murah dan itu masih belum bisa menarik hati masyarakat. kadang aku penasaran mba kok bisa gitu yaa ?

      Hapus
  11. buat yg di jawa tengah bisa main main kesini nih , lumayan ngisi waktu weekend daripada diem aja dirumah kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba setuju, apalagi bisa lah buat ngisi feed IG 🙈

      Hapus
  12. Pas banget nih besok long weekend barangkali ada yang ke jawa tengah bisa kesini nih

    BalasHapus
  13. Udah lama nih saya gak jalan-jalan ke museum. Padahal kalau belajar sejarah juga asik datang langsung ke museum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kalau belajar sejarah langsung di tempatnya lebih terasa mba hihi

      Hapus
  14. Alu paling jarang jalan jalan ke museum kaya bgini haha.. tapi kaya nya kali kali perlu banget yaaah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu mba, biar kita bisa terus mengingat jasa pahlawan kita yang sudah gugur sambil berdoa mba Lidyaaa ayo ke sini

      Hapus
  15. Waah jadi pengen ke museum bisa dapet ilmu biar tau sejarahnya dan makin pinter, bisa photo-photo cantik pula. Nice sharing say

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for visiting and reading mbaa Val 😬

      Hapus
  16. Museumnya recommended nih mba buat dikunjungi kalau ke cilacap. Btw, asik banget ada Playgroundnya juga buat anak-anak. Pas banget nih buat liburan keluarga nantinya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi kalau anak mulai rewel bisa buat hiburan itu playgroundnya

      Hapus
  17. Wisata museum emang pilihan edukatif buat mengajak anak-anak ya mba. Aku belum pernah nih buat k Kroya nya sendiri, karena seringnya cuma lewat doang kalo naik kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deket dari Kroya mba, karena museum ini masih kecamatan Kroya loh. Bisa nanti berkabar kalau ke sini 😬

      Hapus
  18. Seru ya kalo ke museum. Anak2ku semua blm pernah nih ke museum. Sekalian wisata edukasi jg yaa.. coba museum soesilo nya di jkt. Lgsg cuzz nih.. hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah mba nggak bisa dibopong museumnya 🙈

      Hapus
  19. Seru ya kalo ke museum. Anak2ku semua blm pernah nih ke museum. Sekalian wisata edukasi jg yaa.. coba museum soesilo nya di jkt. Lgsg cuzz nih.. hehehee...

    BalasHapus
  20. aku belom pernah ke daerah sanaa. masih sepi ga mba museum disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ramai sie mba, banyak pengunjung dari luar Cilacap, paling Deket dari Banyumas, tapi kalau liburan atau libur lebaran ramai banget

      Hapus
  21. Ada fasilitas tempat bermain anaknya juga ya mba, menarik banget ini buat jalan - jalan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Lily, ramah anak banget pokoknya

      Hapus
  22. Wah boleh banget nih buat refrensi klo pas main ke cilacap.. liburan sambil belajar yaa kalau kayak gitu

    BalasHapus
  23. Ditunggu kedatangannya ya mba Restyyy 😬

    BalasHapus