Bikin Seblak Rumahan


Wei! Balik lagi nih! Ada yang kangen postingan saya? Hehe. Kali ini, saya mau berbagi resep bikin makanan khas Sunda. Ada yang bisa tebak? Yap, seblak. Akhir-akhir ini, saya memang sedang kangen dengan masa-masa kuliah. Kangen dengan beragam aktifitas kuliah. Terutama makan seblak! Kalau sudah masuk hari Sabtu, dua Minggu sekali biasanya saya dan kawan saya mampir makan seblak. Ada sekitar 5 tempat yang menjual seblak yang pernah saya coba. Tapi ya begitu, rasanya beda-beda.
Setelah setahun lebih saya tidak makan seblak. Akhirnya saya bikin seblak setelah lihat postingan bang Aji Sukma di Twitter. Dikasih tahu juga sama dia, bumbunya secara pas dan detail. Kalau di resep yang dikasih bang Ajisuk, itu pakai cabai yang sudah dikeringkan, karena di tempat sayatidak ada dan emang belum bikin. Akhirnya saya pakai cabai ulek. Tahu kan ngulek cabai seperti apa rasanya? Panaaaaas πŸ˜‚πŸ˜ͺ

Mari kita mulai bahas, apa saja bahan dan bumbu yang harus disediakan untuk resep seblak rumahan?

Bahan-bahan:

-Mie Telor (Jujur, pakai mie telor lebih benar. Kata bang Ajisuk emang pakai mie telor. Karena saya ngeyel, terus malas keluar rumah, pakai mie instan. Hasilnya kurang sedap mienya! Itu waktu awal bikin seblak.) Sesuai selera kamu saja deh πŸ˜‹
-Makaroni kerang (bisa pakai makaroni apa saja. Terserah)
-Telor (Wajib. Yakali mau di-skip yang ada tidak jadi seblak 😭)
-Jamur (Kalau suka)
-Kerupuk kuning kecil-Ceker
(sesuai selera. Sesuai dana. Kalau sekarang, saya belum pakai ceker. Sudah nyari belum dapatπŸ˜‚)
-Bakso (Wajib πŸ˜†)
-Sayuran (bisa disesuaikan selera)

Sebenarnya, untuk isi bisa disesuaikan sama selera dan kesukaan kita. Namanya juga seblak rumahan ya kan? Haha bodoamat dah, pokoknya suka-suka kita. Kecuali kalau ada yang request dan mau bayarin beli bahan-bahannya haha.

Nah, sudah untuk urusan bahan. Sekarang kita ke perbumbuan. Bumbu untuk membuat seblak (pakai cabai ulek):

-Kencur 4 buah
-Miri 1 buah
-Cabai keriting 5 buah
-Cabai Merah 10 buah
-Garam secukupnya
-Bawang Merah 1 siung
-Bawang Putih 1 siung

Mari kita mulai eksekusi bahan dan bumbunya. Langkah pertama saya sie ngulek bumbu yaitu bawang putih, bawang merah, kencur, Miri dan garam. Banyak tidaknya itu disesuaikan sendiri. Kalau aku ini bikin satu porsi doang, tapi porsi yang cukup mengenyangkan. Hehew

Selanjutnya ulek cabai keriting dan merah. Kasih garam dikit, biar nguleknya lancar. Alternatif lain diblender, kalau tidak biasa ngulek. (Ingat ya, ini pakai cabai ulek karena saya tidak punya persediaan cabai bubuk kering. Pokoknya pakai apa yang kita punya. Okay sip!)

Mulai dengan merebus kerupuk kuning kecil, jamur, dan mie telor. Rebusnya masing-masing jangan dicampur ya, kak!
Rebusnya setengah matang boleh, sesuka hati saya sie kalau saya. Hehe. Kalau sudah, tiriskan ya.

Membuat seblak rumahan ala saya, masukan minyak secukupnya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan telor. Orak arik. Tambah cabai yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan air secukupnya. Boleh pakai air kaldu.

Masukan bahan yang sudah direbus. Masukan bahan-bahan lain, seperti bakso, sayuran, ceker. Bahan yang sudah kamu sediakan deh. Lalu tambahkan gula secukupnya. Tunggu sampai matang.


Seblak rumahan ala Hanat siap disajikan dan disantap!