A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Tips Memilih Roti Gandum Terbaik untuk Diet

Ada yang suka makan roti gandum? Belum lama ini, saya juga sudah punya niatan untuk memulai hidup sehat dengan mengatur pola makan agar tidak terlalu banyak. Karena saya berpikir, bahwa sehat bisa dimulai dari menjaga pola makan dan pola tidur. Apalagi saya sendiri merasa bahwa saya sudah mulai sedikit menggemuk. Ditambah timbangan sudah mulai condong ke kanan.

Memilih roti gandum untuk diet
Memilih Roti Gandum untuk Diet

Saah satu ikhtiar yang saya lakukan adalah dengan mengonsumsi roti gandum. Untuk yang belum tahu, roti gandum merupakan salah satu jenis roti tawar. Roti gandum terbuat dari gandum utuh sehingga bisa dikatakan roti gandum ini yang lebih sehat dibandingkan dengan jenis roti tawar lainnya. 

Kandungan Roti Gandum

Melihat beberapa kandungan yang tertera di kemasan roti gandum yang pernah saya konsumsi. Roti gandum kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan. Kandungan yang ada di roti gandum antara lain, lemak, protein, kalium, karbohidrat, serat, dan masih banyak lainnya. 

Roti gandum memiliki warna yang lebih gelap dibanding warna roti tawar yang lain. Aromanya juga lebih kuat dandan lapisan luarnya lebih kaya akan serat. Roti gandum ini biasanya memiliki umur simpan lebih pendek dibandingkan dengan  roti tawar yang biasa. 

Manfaat Roti Gandum

Pernah mendengar bahwa roti gandum sangat cocok untuk diet? Ternyata bukan semata hanya omongan saja loh. Roti gandum memang cocok untuk seseorang yang sedang diet. Sebab roti gandum terbuat dari gandum utuh yang proses dicernanya lebih lama dibandingkan dengan roti tawar pada umumnya. Sehingga roti gandum ini lebih mengenyangkan dan sangat direkomendasikan untuk kita yang sedang mengurangi berat badan. 

Roti gandum bermanfaat untuk melancarkan pencernaan loh. Sebab roti gandum kaya akan serat. Serat menjadi nutrisi penting yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan kita.  

Dilansir dari website kesehatan Halodoc, roti gandum juga baik dikonsumsi karena dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menyehatkan jantung. Karena roti gandum terdapat kandungan biji-bijian yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dan gula dalam tubuh. Tapi tentu saja kita tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Karena segala hal yang berlebihan jatuhnya tidak baik. 

Memilih Roti Gandum Terbaik Untuk Diet

Setelah mengetahui bagai mana kandungan yang terdapat dalam roti gandum, dan apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi roti gandum, berikut adalah tips memilih roti gandum terbaik. 

Melansir dari website ceklist.id, memilih roti gandum nggak boleh sembarangan loh apalagi untuk kita yang sedang diet. Pertama, cek kandungan nutrisi dan komposisi yang ada di roti gandum yang akan kita konsumsi. Pilihlah, roti gandum yang rendah kalori tapi memiliki gizi yang cukup sehingga memberikan efek kenyang lebih lama.

Kedua, pastikan roti gandum yang kita konsumsi itu terbuat dari gandum utuh, bukan campuran dengan bahan-bahan lainnya. Karena kadang, ada pihak-pihak produsen roti gandum yang memproduksi roti gandum dicampur dengan bahan lain dengan tujuan agar sesuai dengan keinginan masyarakat. Padahal, roti gandum itu lebih bertekstur kasar dibanding dengan roti tawar jenis putih yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. 

Ketiga, pastikan roti gandum yang kita konsumsi tidak ada tambahan pemanis yang berlebihan. Sebab, jika roti gandum yang kita konsumsi terlalu manis itu berarti tingkat kalorinya semakin meningkat. Karena roti gandum yang baik untuk diet itu cenderung lebih gurih rasanya. 

Untuk sobat blogger yang sedang punya niat untuk mengurangi berat badan, bisa dicoba ya untuk terus melakukan pola hidup sehat dan coba untuk mengonsumsi roti gandum. Untuk tahu tips lainnya, kamu bisa baca artikel yang lain di blog ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. 

Dan buat kamu yang sedang diet, coba share di kolom komentar yuk, cerita perjuangan diet kamu. 



Tidak ada komentar

Posting Komentar