Pengalaman Jadi Quiz Hunter

Saya mulai debut karir menjadi quiz hunter sekitar  pertengahan tahun 2014. Waktu itu, saya dikasih tahu kakakku, kalau Smartfren sedang mengadakan Quiz Ramadhan yang disiarkan di stasiun televisi MNCTV. 


Setelah itu, saya ikutan. Bermodalkan hape bermerek namaku sendiri *HanaT* saya ikutan. Sedih sie, keypad HP saya pada  copot. Entah pada jatuh di mana. 

Meski dengan kondisi seperti itu. Saya semangat sekali ikutan Quiz. Beberapa kali daftar di Twitter, saya belum mendapatkan DM. Hingga suatu hari, tepatnya tanggal 18 Juli 2014, sebuah DM mendarat dari penyelenggara quiz. Girang dong ya, senang bukan kepalang 😛

Malamnya, saya ditelepon untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembawa acara quiz secara live di TV. *Asyique masuk tipi tapi cuma suara doang 😂

DM tahun 2014 dan 2015

Alhamdulillah dapat HP andromax G dan uang tunai yang tidak sedikit karena saya bisa bayar kos, traktir orang rumah dan membeli printer. Tentu saja saya berterima kasih kepada Smartfren dan MNCTV sudah memberikan kesempatan untuk dapat hadiah.

Di tahun 2014, saya beberapa kali menang Quiz, memang tidak terlalu banyak karena ini permulaan. Tapi ini merupakan permulaan keisengan yang baik. Jujur ya, kalau kita mengharapkan lebih, kadang hasilnya tidak sesuai 😭 semacam terkena PHP gebetan.

   


Setelah tahun dua ribu empat belas berlalu.  Tahun selanjutnya adalah tahun terasik. Quiz demi quiz saya ikuti. Pengumuman demi pengumuman mulai mengejutkan.

Adakah nama saya? Hem, ya ada. Tapi tidak semua quiz yang saya ikuti berhasil keluar jadi pemenang. 

FYI, ikutan quiz juga tidak cuma asal jawab. Ada banyak quiz yang nyuruh kita kasih jawaban yang menarik. Jadi pas mau jawab harus dipikirkan secara matang. Dari HP android itu, saya mulai lagi pencarian jati diri quiz. Adanya android itu memudahkan saya berselancar di dunia maya.

Lalu, di tahun 2015, debut saya sebagai quiz hunter semakin terus menjadi. Saya ikut quiz apa saja asal syaratnya tidak spam tweets. Saya kapok. Kenapa? Saya kehilangan banyak followers dan kerap dimarahin teman gara-gara spam di beranda 😓

Sebenarnya saya menang apa saja sie di tahun 2015 sampai sekarang?
Eum, benarnya nih, saya langsung kasih saja ya gambar-gambar screenshot-an hasil menang quiz di Twitter yhaaaaaa. Biar lebih jelas. Dan saya kasih tips nih, biar menangin hati gebetan hadiah.

Dapat HP lagi. Lagi-lagi dapat dari Smartfren yaiu HP andromax 4G LTE seri Q. Hoya! Hoya! Saya senang banget. Maka dari itu, sebagi wujud syukur, saya kasih HP android pertama untuk sang Mama. Ya, bagaimana pun, itu HP masih baru (baru satu tahun dipakai dan masih mulus) 😛 Sebenarnya ini adegan yang tidak boleh ditiru ya. 😂


Selain saya mahasiswa, waktu itu saya juga seorang aktivis kampus yang suka baca buku. Tapi bukunya semacam novel, kumpulan cerpen dan sebagainya kalau baca buku selain itu bawaannya seriusan ngantuk. Hihi. Kecuali ya kalau emang itu tugas kuliah, bakalan rajin. *skip* 

Kesukaan baca itu membawa saya memenangkan banyak quiz dengan hadiah buku-buku keren. Lebih kerennya lagi, hampir semua buku yang saya dapat dari quiz selalu bertanda tangan penulisnya bahkan dibubuhkan kata-kata agar saya termotivasi untuk menulis bahkan untuk melanjutkan hidup. 

Saya pernah punya pengalaman, ikutan quiz yang aturannya adalah memberikan ide yang kreatif tentang sebuah profesi yang menarik untuk dituliskan menjadi sebuah novel. Hem, waktu itu saya sungguh mikir keras. Apa ya?

 Dari jawaban itu, alhamdulillah saya masuk menjadi pemenangnya dan berhasil dapat buku dari penulisnya langsung. Hihiw


Tidak hanya quiz dengan jawaban menarik. Saya juga ikutan quiz swafoto. Swafoto dengan tayangan televisi, swafoto dengan produk minuman, kecantikan, swafoto di tempat wisata dan swafoto dengan berbagai hal. Contohnya, quiz selfie dengan sinetron yang ada di RCTI. Sinetron remaja yang diangkat dari novelnya penulis terkenal, Asma Nadia. Saya pun dapat DM dari RCTI dan bonusnya saya difollow sama RCTI. Senang lah. Soalnya jaman segitu followers masih dikit. 

 

Ikutan quiz pesona lebaran dari Visit Jawa Tengah. Untungnya, saya suka jalan-jalan means explore tempat wisata di Jawa Tengah. Dari tempat yang dekat sampai yang sedikit jauh. Kok sedikit? Iya karena kalau kelebihan tidak baik haha. *Skip*

Saya dua kali, menang Quiz pesona lebaran Jawa Tengah. Pertama tahun 2016. Dapat seperangkat kaos Visit Jawa Tengah, topi Jateng Gayeng dan seperangkat peta Jawa Tengah beserta kalender budaya. 2017 juga sama. Ada sekitar 15 kaos, 1 jaket, 2 kerudung, dan merchandise berupa produk makanan dan minuman.  

  

Pernah sedih banget. Iya sedih ya. Dapat voucher belanja, eh tempat belanja tidak tersedia di daerah tempat tinggalku. Padahal vouchernya lumayan banyak. Terus ada lagi pernah dapat tiket gala premier film Chrisye, ada lagi dapat tiket nonton yang harus diambil ke Jakarta. Saya kasih tiket nonton buat teman saya biar bermanfaat 😁 

Jadi Quiz hunter menyangkan deh. Tapi tunggu dulu, disamping menyenangkan, ada sedihnya. Sedihnya banyak juga. Sedih ternyata tidak banyak orang tahu, kalau saya juga sering tidak menang. Kebanyakan teman-teman hanya tahu, saya sering menang, hoki, dan lain sebagainya. Saya aminkan saja. Padahal tidak sedikit saya juga kalah. 

Pertanyaannya: kok saya selalu update hadiah kemenangan sie?

Ya, iyalah ngapain mengunggah info kekalahan saya? Apa untungnya? Saya saja tidak untung apalagi untuk kamu? *Plak

Berikut saya upload sebagian hadiah quiz yang masih saya ingat, secara sudah sekian tahun, dan saya juga tidak mengingatnya secara utuh. 




Kalau Vegeta, saya bagi-bagi sama orang rumah. Secara dapat hampersnya banyak banget. Vegeta the best deh. Kasih hadiah tidak cuma buat saya. Tapi buat sekeluarga. 



Saya juga aktif ikutan quiz di radio. Ini salah satunya. Waktu itu saya juga pernah dapat uang 250ribu di radio Yogyakarta. Saya pernah dapat merchandise dari Pro2 Yogyakarta. O iya, dapat Jersey di radio Yasika Purwokerto.


Nah, ini penampakan buku dari BIP Gramedia, didapat tahun 2017. Sebelahnya quiz komentar terbaik dari KBR Pagi. Bisa kamu cek di IGnya kalau mau ikutan.  Di bawahnya pas itu menang voucher 200ribu, akhirnya setelah dapat tawaran dari adminnya, voucher diganti jadi uang tunai dikirim melalui rekening. Senang banget ya kan. Voucher tidak bisa dipakai di tempatku. Hihi

 Kalau kamu ikutan quiz berupa survei, jangan anggap enteng. Jawab sebaik mungkin. Jangan asal-asalan. Kebanyakan kalau survei terkadang menyepelekan. Padahal quiz semacam ini membutuhkan jawaban yang tidak asal asalan. Believe me! Or not.
Sehingga setelah saya dinobatkan menjadi salah satu pemenang. Maka saya senang sekali. 

Di atas merupakan jawaban quiz tentang bagaimana kita memaknai hari Kartini kemarin. Serius itu keluar dari hati saya loh 😁


Kecintaan saya pada dunia jurnalistik, juga menjadi salah satu kunci saya memenangkan quiz Kami Mudik dari Media Indonesia yang diselenggarakan di Twitter. Selain itu keberuntungan, ada faktor keuletan. Saya tuh rajin banget nongkrong di pinggir jalan. Kasih kabar tentang lalulintas mudik 2017. Serius ini quiz menyenangkan banget karena bisa ketemu banyak orang yang mudik, suasananya jalanan yang ramai. Tapi kalau lagi sepi, asli sepi banget. Kaya hati saya.



Tahun 2018 juga membahagiakan. Awal januari, saya memiliki keinginan untuk membeli domain. Tentunya saya harus nabung dulu kan. Secara keperluan saya tidak cuma beli domain 🤣 eh ternyata akhir Maret ada quiz domain dari Jagoan Hosting.

Tuhan kasih jalan lewat quiz tersebut. Akhirnya saya menang dapat domain gratis satu tahun. Sebenarnya nie masih banyak banget hadiah quiz yang belum sempat saya upload. 

Saya mau kasih tips, kalau mau ikutan quiz pertama berdoa, serahkan dan berharap sama Tuhan. Cari ide/jawaban kreatif kalau quiznya memang mengharuskan kita untuk memberikan jawaban yang kece! Selanjutnya, misal kita tidak menang-menang padahal tiap hari kita ikutan quiz, tjurhat saja tsay sama adminnya. Siapa tahu, adminnya merasa kasihan, lalu mempertimbangkan kita untuk menang. Ngehe! Pokoknya selebihnya, doa!