Yuk Ketahui Ciri Penjual Online Berkedok Penipuan


Halo, teman-teman.
Apa kabar nih?

Nggak terasa ya, puasanya udah di hari ke 17. Semoga lancar sampai lebaran tiba ya meskipun tahun ini berbeda semoga tidak mengurangi semangat kita dalam meraih kemenangan.

Kemarin, saya membaca sebuah Instagram story akun resmi penerbit Gagasmedia. Kurang lebih isinya tentang informasi penipuan penjualan buku online. Bahwa ada seseorang yang telah tertipu setelah membeli buku di akun yang mengatasnamakan penerbit Gagasmedia. What?! Aku sampai ngelus dada, karena masih ada yang kurang teliti dan jeli sampai bisa kena tipu. Okelah, mungkin karena tidak tahu dan kurang informasi.

Di sinilah, membaca menjadi penting sekali. Mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Sehingga kita bisa meminimalisir sesuatu yang buruk agar tidak terjadi.

Sayangnya, tidak semua orang mau melakukannya. Bahkan selain itu, kebanyakan yang tertipu sering kali tergiur dengan harga buku yang sangat murah. Kenapa saya bisa bilang begitu, karena ada beberapa orang yang kena tipu cerita ke saya. Sedih si. Tapi ya itu sudah terjadi. Langkah terbaik selanjutnya adalah jangan jatuh ke lubang yang sama.

Oiyah, nggak hanya beli buku online saja nih yang bisa kena tipu, tapi beli barang apapun juga berpotensi. Pernah banget, saya difollow sama sebuah akun penjual mukena di Instagram. Mengatasnamakan reseller gitu. Padahal saya ini berteman baik sama penjual mukena online resminya. Akhirnya saya kerjain itu yang mengatasnamakan resellernya. Eh saya diblokir dong. Lucu sekali, lalu saya pakai akun kakak saya untuk memberi nasihat, ya masa bulan puasa waktu itu dia melakukan kecurangan. Kenapa saya tahu karena di akun penjual mukena yang resmi itu ada daftar nama-nama akun penipu yang mengatasnamakan penjual mukena resmi. Jadilah saya ceramahin 🤪. Lucu deh. 

Jadi sangat mudah banget untuk tahu, apakah penjual online yang kita akan beli barangnya penipu atau bukan. 

Lihat informasi akunnya. 
Sebelum membeli barang online khususnya di Instagram, pastikan dulu kamu sudah mengecek akunnya ya. Jangan sampai kamu hanya melihat jumlah followersnya saja.
 


Apakah akun itu sering berganti nama atau nggak. Kalau sering sudah dipastikan itu akun penipu. Gimana cara mengetahuinya. Caranya mudah banget. Kamu cukup klik titik tiga di atas nanti akan muncul informasi seperti di bawah ini. Ini hanya satu contoh saja yang baru baru ini kejadian, padahal saat tahun kemarin ada yang followers udah ribuan dan mengatakan sebuah toko buku di Jakarta Selatan. Andai saya laporin itu pasti kena banget. Tapi saya diblokir jadi nggak bisa tahu lagi deh.

 

Kolom komentar dimatikan atau dibatasi
Untuk mengetahui apa ciri-ciri akun penjual online yang tipu-tipu adalah mengecek kolom komentar. Biasanya dan seringnya kolom komentar itu dimatikan atau dibatasi. Kenapa dimatikan atau dibatasi, supaya orang orang yang pernah tertipu itu tidak bisa berkomentar. Ini saya ambil dari dua akun yang jualan berkedok menipu ya. Satu penjual buku, satu penjual mukena. Coba cek deh. 

 

Menawarkan Harga Yang Mursidah
Beberapa teman saya yang ketipu dan hampir kena tipu oleh akun jualan online karena tergiur dengan harganya yang mursidah alias murah. Saya pernah mendapati sebuah akun jual buku online menawarkan paket buku Tereliye dengan harga 200 ribu rupiah dapat banyak ada sekitar tujuh buku. Padahal harga satu bukunya Tereliye bisa sampai lebih dari 50 ribu rupiah. Apalagi yang dijual adalah buku yang masih masuk dalam label belum lama terbit. Wagelaseh. Ngarang banget kan. Sebagian besar yang sudah sering tahu harga buku pastinya nggak bakalan percaya dan tergiur, tapi yang tidak akrab dengan harga buku ya bisa tergiur kan? Huhu. 

Nah, ketiga hal tersebut adalah dua cara paling mudah untuk mengetahui penjual online berkedok penipuan di instagram. Mungkin kamu ingin menambahkan ciri lainnya, bisa banget loh berkomentar di bawah ini. Jangan sampai ya kita kena tipu. 


Agar terhindar dari penjual online yang berkedok penipuan, baiknya kita memang harus mencari tahu informasi sebelum memutuskan untuk beli. Misalnya saat saya harus membeli buku secara online, tentu saja saya akan membeli di penerbitnya langsung. Di akun Instagram resminya. Biasanya juga melalui website.

Beberapa akun penjual buku online resmi di Instagram dan website, beberapa kali saya pernah belanja di sini nih. 
1. Gramedia.com 
2. Grobmart
3. Rindubuku
4. Republikfiksi


Nah untuk perlengkapan pakaian muslimah nih, saya ada rekomendasi nih. Saya juga sering beli di sini, silakan klik ya karena langsung mengarah ke akun Instagram masing masing. 
1. Hijup
2. Sideline
3. Scarvina
4. Dewihijab
5. Radwah
6. Mukena_Tazbiya
7. Geulis
8. Mayoutfit

Semoga informasi ini bermanfaat ya! Share yuk pengalaman dan tips belanja online ala kamu di kolom komentar bawah ya.

3 comments

  1. Nah butuh ketelitin nih sebelum membeli dan jangan kalap dengan harga murah ya ��

    ReplyDelete
  2. Any online purchase is a big risk. Finding a reliable seller is not always successful. We should accept the recommendations of those who made such purchases

    ReplyDelete
  3. Kalo aku udah nggak percaya sama olshop yang jualan di sosmed. Mending lewat e-commerse aja. Biar aman, sebelum beli barang cek ulasan pembeli dulu. Apakah banyak yang puas atau enggak. Baru memutuskan beli.

    ReplyDelete